Ingin Warnai Rambut? Hati-hati, Kenali Dulu Gejala Alergi Cat Rambut

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 13/05/2020
Bagikan sekarang

Sebelum menggunakan pewarna rambut, Anda dianjurkan melakukan tes alergi kulit dengan mengoleskan produk pada kulit belakang leher. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melihat perubahan pada kulit yang menandakan gejala alergi cat rambut. Kondisi ini memang terbilang langka, tetapi dampaknya bisa berbahaya.

Selain itu, gejala alergi cat rambut juga tidak selalu muncul secara langsung. Gejalanya mungkin baru muncul setelah 1-2 hari sesudah pemakaian. Ini tentu berbahaya, apalagi bila Anda telanjur menggunakan cat rambut tanpa tahu bahwa Anda mempunyai alergi. Lalu, apa saja gejala yang harus Anda waspadai?

Penyebab alergi cat rambut

mewarnai rambut

Orang yang mempunyai alergi pada cat rambut sebetulnya alergi terhadap bahan kimia yang ada di dalamnya. Salah satu bahan kimia yang paling sering menimbulkan reaksi alergi adalah para-phenylenediamine, atau PPD.

PPD juga memiliki nama lain, misalnya phenylenediamine base, 1,4-Benzenediamine, atau PPDA. Walaupun produk cat mencantumkan kata ‘alami’ atau ‘herbal’, Anda yang memiliki riwayat alergi harus tetap berhati-hati dengan kandungan tersebut.

Bahan lain yang sering memicu gejala alergi cat rambut adalah para-toluenediamine (PTD), ammonia, resorcinol, dan peroksida. Reaksi alergi akibat bahan-bahan tersebut biasanya tidak separah PPD, tapi Anda tetap tidak boleh mengabaikannya.

Alergi cat rambut terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap bahan-bahan kimia tersebut. Sistem kekebalan tubuh Anda menganggap PPD dan sejenisnya sebagai ancaman, kemudian meresponsnya dengan reaksi peradangan.

Pada kasus langka, tubuh dapat melepaskan antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE). Pelepasan IgE memicu munculnya sel darah putih yang disebut sel mast. Sel ini membanjiri aliran darah dengan histamin. Histamin merupakan senyawa yang memicu reaksi alergi pada tubuh. 

Gejala alergi cat rambut

kulit kepala gatal

Reaksi terhadap cat rambut bisa berbeda-beda pada tiap orang, mulai dari iritasi ringan pada kulit kepala hingga reaksi alergi pada seluruh tubuh. Berikut sederet gejala yang perlu Anda waspadai:

1. Iritasi ringan

Apabila Anda sensitif terhadap PPD, Anda mungkin akan mengalami iritasi pada kulit kepala, leher, dahi, telinga, atau kelopak mata. Kulit yang terdampak biasanya tampak memerah, bengkak, kering, atau lebih tebal dari biasanya.

Kulit yang mengalami iritasi terkadang juga terasa nyeri atau terbakar. Gejala umumnya akan muncul dalam waktu 48 jam. Namun, gejala juga bisa muncul secara langsung bila bahan kimia sangat kuat atau kulit sangat sensitif.

2. Reaksi alergi

Gejala alergi cat rambut awalnya mirip dengan iritasi. Tanda-tandanya dapat muncul langsung setelah Anda memakai cat rambut atau dalam kurun waktu 48 jam. Gejalanya antara lain:

  • Rasa tersengat atau terbakar pada kulit kepala, wajah, atau leher.
  • Rasa gatal atau bengkak pada kulit kepala dan wajah.
  • Pembengkakan pada kelopak mata, bibir, tangan, atau kaki.
  • Muncul kemerahan atau luka lepuh.
  • Muncul ruam kemerahan pada bagian tubuh lainnya.

Alergi terkadang menyebabkan kondisi berbahaya yang disebut anafilaksis. Anafilaksis adalah gejala alergi parah dan merupakan kondisi darurat yang harus segera ditangani secara medis. Gejalanya yakni:

  • Pembengkakan pada lidah dan tenggorokan
  • Sulit bernapas atau napas mengi
  • Sakit perut, mual, atau muntah
  • Kepala berkunang-kunang dan sempoyongan
  • Jantung berdebar disertai penurunan tekanan darah
  • Jatuh dan pingsan

Anafilaksis menghambat fungsi pernapasan dan menurunkan tekanan darah secara drastis sehingga dapat berakibat fatal. Oleh sebab itu, segera hubungi nomor darurat bila Anda atau orang lain di sekitar Anda mengalami gejala anafilaksis.

Mencegah gejala alergi cat rambut

mewarnai rambut menyebabkan kanker

Anda bisa saja alergi terhadap suatu produk atau bahan kimia walaupun sudah sering menggunakannya. Inilah mengapa Anda perlu melakukan tes alergi sebelum mewarnai rambut, sekalipun produk pewarna yang Anda gunakan sudah tepercaya.

Untuk melakukan tes alergi, Anda dapat mengikuti instruksi yang ada pada kemasan produk. Cukup ambil sedikit cat rambut, lalu oleskan pada kulit di belakang telinga Anda. Biarkan selama 24-48 jam dan tunggu hasilnya.

Jika Anda merasakan gejala alergi, bahkan iritasi ringan sekalipun, jangan gunakan produk tersebut. Reaksi alergi bisa saja bertambah parah ketika Anda memakai produk dalam jumlah banyak. Segera bersihkan rambut dan kulit kepala Anda dengan sampo berbahan lembut.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan cat rambut non-permanen atau yang tanpa kandungan PPD. Namun, Anda tetap harus melakukan tes alergi karena bahan-bahan lain dalam produk cat rambut tersebut mungkin menimbulkan reaksi atau gejala serupa.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Penyebab Kulit Ketiak Sensitif dan Cara Tepat Mengatasinya

Selain karena kulit yang tipis, ada banyak hal lain yang ternyata juga bisa jadi penyebab kulit ketiak Anda sensitif dan mudah iritasi. Apa saja?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Kenali Penyebab Alergi Terhadap Hewan

Ingin memiliki hewan peliharaan, tetapi sering bersin-bersin berada di dekatnya? Duh, apa ya yang menjadi penyebab manusia bisa alergi terhadap hewan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

7 Penyebab Lidah Kesemutan dari Ringan Hingga yang Mesti Diwaspadai

Rasa geli yang tidak menyenangkan pada lidah memang sangat mengganggu. Nah, sebelum tahu cara mengatasinya, pahami dulu penyebab lidah kesemutan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Berbagai Efek Samping Vaksin Influenza yang Mungkin Terjadi

Demam dan kepala pusing memang sering terjadi setelah melakukan vaksin. Nah, bagaimana dengan efek samping vaksin influenza?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Direkomendasikan untuk Anda

alergi-buah-kiwi

Alergi Buah Kiwi Cukup Umum Terjadi pada Anak, Apa Gejalanya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020
pewarna rambut kanker payudara

Pewarna Rambut Permanen Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020
gejala alergi

7 Gejala Alergi dari yang Ringan Sampai Parah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/12/2019
tembok rumah berjamur

Berbagai Masalah Kesehatan yang Dapat Muncul Jika Tembok Rumah Anda Berjamur

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 01/12/2019