Belajar Bahasa Asing Lewat Aplikasi, Apakah Efektif?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25/06/2020 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Seiring kemajuan teknologi, semakin banyak hal yang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan internet dan ponsel. Hal ini tentu dimanfaatkan sebagian besar orang untuk memudahkan mereka dalam melakukan sesuatu via aplikasi, termasuk belajar bahasa. Lantas, apakah efektif belajar bahasa hanya dengan aplikasi?

Penjelasan belajar bahasa dengan aplikasi yang ternyata efektif

aplikasi belajar bahasa efektif

Sudah bukan rahasia umum lagi jika ada banyak manfaat dari belajar bahasa asing. Mulai dari membantu mempertajam ingatan hingga menambah wawasan terhadap negara lain ditawarkan dari belajar bahasa asing. 

Maka dari itu, tidak heran jika orang berlomba-lomba mempelajari bahasa asing, entah itu bahasa Inggris atau bahasa lainnya demi memperoleh manfaat tersebut. Salah satu metode belajar otodidak yang banyak dilakukan oleh orang adalah belajar via aplikasi. 

Tanpa bantuan dari guru les ataupun ahlinya, beberapa orang merasa belajar bahasa asing dengan aplikasi justru lebih efektif. Hal ini dibuktikan lewat studi dari Michigan State University. 

Para ahli dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa para peserta yang belajar bahasa asing via aplikasi mampu mengembangkan kemampuan mereka baik dalam tata bahasa, kosa kata, maupun komunikasi lisan. 

belajar bahasa asing

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Foreign Language Annals ini diikuti oleh 85 mahasiswa sarjana dari Michigan State University. Mereka diminta untuk menggunakan sebuah aplikasi pembelajaran bahasa asing selama 12 minggu untuk mempelajari bahasa Spanyol. 

Peserta diharuskan mengikuti tes untuk menilai cara berbicara, kosa kata, dan tata bahasa. Setelah 12 minggu, 54 mahasiswa yang menyelesaikan persyaratan penelitian kembali mengikuti tes untuk melihat apakah kemampuan mereka berkembang atau tidak. 

Hasilnya, kemampuan hampir semua peserta meningkat, baik dalam pengetahuan bahasa mereka maupun cara berkomunikasi. Hal ini membuat para peneliti menarik kesimpulan sangat mungkin belajar bahasa asing menggunakan aplikasi terbilang efektif. 

Sementara itu, 59% peserta yang berhasil mengembangkan kemampuan level mereka juga dilaporkan memiliki proporsi belajar yang meningkat. Artinya, setengah dari peserta penelitian ini menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar

Walaupun demikian, peneliti mengingatkan bahwa tidak ada yang dapat menggantikan ruang kelas dan interaksi manusia ketika pembelajaran dimulai. Penggunaan aplikasi untuk belajar bahasa memang dapat digunakan, tetapi sebagai tambahan dari pengajaran tatap muka agar lebih efektif. 

Kelebihan belajar bahasa menggunakan aplikasi

Belajar bahasa asing dengan aplikasi memang terbilang cukup efektif. Terlebih lagi di zaman teknologi maju seperti ini banyak orang, termasuk para pelajar, mengandalkan ponsel dan aplikasi untuk mendukung proses belajar. 

Berikut ini ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan aplikasi untuk belajar bahasa asing. 

1. Akses selalu tersedia

memangku laptop

Belajar bahasa asing dengan bantuan aplikasi memang menawarkan sejumlah kelebihan dan salah satunya adalah ketersediaan akses.

Para pengguna aplikasi tidak perlu lagi harus mendatangi tempat kursus untuk belajar. Mereka dapat mengakses konten kursus bahasa di mana dan kapan saja. Hal ini juga yang membuat mereka lebih mudah mengatur waktu untuk belajar, sehingga terbilang lebih fleksibel. 

2. Dapat berinteraksi langsung dengan pengajar

aplikasi belajar bahasa efektif

Selain akses yang selalu tersedia, belajar bahasa dengan aplikasi juga memudahkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan pengajarnya. 

Pada saat belajar sesuatu, tentu akan ada pertanyaan yang muncul. Jika pertanyaan muncul belakangan, mungkin Anda akan kehilangan kesempatan untuk bertanya di kelas. Namun, hal ini tidak berlaku ketika menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa. 

Umumnya, belajar bahasa via aplikasi memiliki fasilitas untuk berkomunikasi langsung dengan pengajar. Kemudahan mengirim pesan ini mendorong siswa untuk bertanya dan biasanya dijawab dengan baik oleh aplikasi yang digunakan. 

Pada beberapa kasus, keuntungan ini juga memperkuat hubungan antara pelajar dan tutor bahasa dan mereka tidak perlu menghubungi pengajar lewat media lainnya.

3. Tidak perlu repot dengan buku yang berat

cara memakai tas ransel yang benar

Kemudahan akses dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh aplikasi belajar asing ternyata juga membebaskan orang-orang, terutama para pelajar dari membawa buku teks. Pada saat belajar bahasa asing tentu setiap orang perlu membawa kamus untuk memudahkan mereka belajar. 

Dengan kemudahan dari aplikasi ponsel ini ternyata mengurangi berat di ransel pelajar yang tentu dapat berdampak pada kesehatan mereka. Maka dari itu, aplikasi pembelajaran lebih sering disebut sebagai digital backpack karena memuat banyak hal dalam satu benda. 

Di Indonesia sendiri telah banyak aplikasi pembelajaran bahasa asing yang dapat diunduh oleh semua orang, termasuk anak-anak. Hanya saja, penggunaan aplikasi bukan satu-satunya metode yang dinilai efektif bagi semua orang untuk belajar bahasa dengan mudah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Melatih Anak untuk Ikut Bantu Beres-Beres Rumah

Walaupun bisa dibantu asisten rumah tangga, Anda tetap harus mengajarkan anak membersihkan rumah sedari kecil. Manfaatnya bisa terasa sampai dewasa, lho!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 01/08/2018 . 4 menit baca

4 Cara Luangkan Waktu Berkualitas Bersama Anak di Tengah Kesibukan

Menghabiskan waktu bersama anak memang sangat penting. Namun, bagi orangtua yang sibuk hal ini sulit dilakukan. Tenang saja, simak trik-triknya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Parenting, Tips Parenting 22/07/2018 . 4 menit baca

Istirahat Sebentar Saat Otak Bekerja Keras Bisa Mempertajam Ingatan

Daripada memforsir otak terus-terusan, luangkan waktu sekejap untuk istirahat. Istirahat di sela-sela pekerjaan berat bisa mempertajam ingatan Anda, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 27/06/2018 . 4 menit baca

Manfaat Belajar Bahasa Asing untuk Anak Autisme

Autisme tidak ada obatnya, tapi ada banyak pilihan terapi untuk anak autisme yang bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satunya belajar bahasa asing.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Anak, Parenting, Fakta Unik 20/04/2018 . 3 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat bilingual untuk anak

Kenalkan Bahasa Kedua di Rumah, Ini Segudang Manfaat Bilingual untuk Anak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 17/03/2020 . 6 menit baca
aplikasi untuk meningkatkan fokus

6 Aplikasi Andalan untuk Anda yang Susah Fokus Saat Bekerja

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/01/2020 . 4 menit baca
manfaat bahasa untuk otak

3 Manfaat Belajar Bahasa yang Tak Terduga untuk Otak Manusia

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2019 . 4 menit baca
metode pembelajaran

Metode Belajar Apa yang Terbaik Buat Anak Anda: Visual, Auditori, atau Kinestetik?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 07/01/2019 . 6 menit baca