Manfaat Makan Bayam untuk Menebalkan Rambut Secara Alami

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 07/09/2017
Bagikan sekarang

Rambut merupakan bagian vital tubuh yang berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari berbagai bahaya. Selain itu, bisa dibilang rambut adalah aksesoris untuk mempercantik penampilan Anda. Oleh karenanya, Anda mungkin jadi tidak percaya diri kalau rambut Anda terlalu tipis, mudah rontok, atau bahkan sampai botak. Lalu bagaimana caranya menebalkan rambut dengan cara yang alami tapi manjur? Simak dulu penjelasan di bawah ini.

Mengapa rambut saya sangat tipis, mudah rontok, atau mulai botak?

Sebanyak 10 persen rambut Anda akan masuk ke dalam fase istirahat, maksudnya rambut tidak akan tumbuh atau rontok. Sisanya yang 90 persen akan tumbuh kurang lebih satu sentimeter (cm) dalam sebulan. Setelah dua sampai tiga bulan, rambut yang tadinya berada dalam fase istirahat tersebut akan rontok dan digantikan oleh rambut baru

Nah, jadi sebenarnya rambut rontok adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Anda baru akan punya masalah kesehatan tertentu kalau setiap hari jumlah rambut yang rontok adalah lebih dari 50 helai.

Alopecia atau kebotakan merupakan permasalahan kulit yang sudah terjadi sejak lebih dari 2.000 tahun silam dan merupakan masalah kosmetik. Kebotakan lebih banyak terjadi pada pria dan sebagian kecil wanita usia lebih dari 35 tahun.

Penyebab kebotakan ini ada bermacam-macam. Seperti kurangnya nutrisi, stres, kelebihan atau kekurangan homon tiroid, infeksi jamur, dan dapat juga oleh karena efek samping obat (obat kanker, antikoagulan, antidepresi, pil KB, dan vitamin A yang berlebihan).

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kebotakan dan menebalkan rambut, mulai dari mengganti sampo, minum obat untuk menebalkan rambut, memakai minyak rambut khusus, terapi herbal, sampai mengganti pola makan Anda.

pria pendek risiko botak

Bayam, bahan alami untuk menebalkan rambut

Rambut membutuhkan berbagai mineral seperti kalsium, besi, zink, tembaga, dan magnesium untuk menjaga pertumbuhannya. Kekurangan mineral dapat menurunkan sirkulasi darah yang berdampak pada kesehatan rambut dan juga hormon tiroid yang dipercaya dapat mencegah rambut kering dan rontok. Namun, kebanyakan zat besi juga dapat menjadi racun untuk tubuh Anda.

Selain mineral, vitamin B kompleks (terutama B3, B5, B6, dan B9 atau asam folat) dan E baik sebagai antioksidan, yang akan melancarkan sirkulasi pada kulit kepala. Vitamin A memiliki manfat untuk folikel rambut Anda dengan menjaga akar rambut tetap lembut dan bernutrisi.

Berbagai pengobatan, seperti minoxidil dianggap ampuh untuk mengobati kebotakan. Namun, di samping keampuhannya dalam mengobati kebotakan, obat ini juga memiliki berbagai efek samping dalam penggunaannya.

Karena itu, tentu tidak ada salahnya apabila Anda mencoba pengobatan secara alami untuk rambut Anda. Salah satunya adalah dengan bayam.

Ada dua jenis bayam, yaitu bayam hijau dan bayam merah. Bayam merah memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau. Sayuran ini mengandung klorofil, beta karoten, lutein, mangan, dan asam folat yang tinggi.

memanaskan bayam

Manfaat bayam untuk rambut yang sehat

Bayam merah dan hijau sama-sama bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Bayam kaya akan kandungan vitamin K, A, C, B1, B2, B6, E, magnesium, zat besi, zink, dan omega 3. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut Anda.

Bayam juga mengandung antioksidan yang membantu menghindari rambut Anda dari bahaya dan meningkatkan kesehatan kulit kepala Anda. Vitamin B dan C yang baik untuk pertumbuhan rambut juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut dengan meningkatkan produksi kolagen dan keratin pada rambut.

Selain itu, banyaknya kandungan besi dalam bayam membantu meningkatkan suplai oksigen ke folikel rambut, dan menjaga rambut tetap sehat. Bayam juga memiliki fungsi sebagai antiradang yang turut melindungi kulit kepala Anda.

Jadi, bila Anda memang ingin menebalkan rambut secara alami, Anda bisa tingkatkan asupan nutrisi penting yang terkandung di dalam sayur bayam. Pastikan Anda rutin mengonsumsinya, ya!

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya. Bisa jadi, mulut terasa pahit karena Anda lalai melakukan hal yang satu ini! Apa ya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 19/05/2020

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Katanya, minum madu saat sahur bisa memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh selama menjalani puasa. Tertarik ingin coba? Simak beragam khasiatnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Kurma bukan satu-satunya buah yang baik dimakan saat berbuka puasa. Lihat berbagai pilihan lainnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020