5 Kondisi Kesehatan Penyebab Sering Kencing di Malam Hari

Oleh

Pernahkah Anda terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil? Hal tersebut sangatlah wajar terjadi. Terlebih, ketika Anda terlalu banyak minum air atau cuaca yang terlalu dingin di malam hari, menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil dibanding biasanya. Namun, jika Anda terlalu sering kencing di malam hari, kemungkinan Anda mengalami nokturia.

Normalkah sering buang air kecil di malam hari?

Sering kencing di malam hari bukanlah hal serius jika penyebabnya adalah karena Anda terlalu banyak minum sebelum tidur, atau kalau Anda memang sudah lanjut usia. Peningkatan usia ternyata telah dikaitkan dengan kapasitas kandung kemih berkurang, serta kecenderungan otot kandung kemih menjadi terlalu aktif.

Terlebih, ketika usia Anda bertambah, Anda akan lebih cenderung memiliki masalah kesehatan lain yang membuat Anda perlu buang air kecil di malam hari. Selain itu, faktor jenis kelamin juga berperan. Pada pria, saat mereka bertambah usia akan mengalami pembesaran prostat. Atau, pada wanita, saat mereka telah mengalami menopause, maka hormon estrogen yang diproduksi juga berkurang.  Kedua hal tersebut, pada wanita atau pria akan berakibat pada seringnya mereka buang air kecil di malam hari.

Namun bagaimana jika Anda sudah minum sewajarnya sebelum tidur, dan usia Anda juga tergolong masih muda, tapi Anda masih sering terbangun untuk kencing di malam hari? Kalau seperti ini, mungkin ada beberapa kondisi kesehatan yang menjadi penyebabnya.

BACA JUGA: Apa Akibatnya Jika Kita Sering Menahan Kencing?

Kondisi kesehatan yang menyebabkan sering kencing di malam hari

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang sering kali membuat penderitanya terbangun untuk buang air kecil di malam hari.

1. Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang dapat membuat seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik saat tidur. Berdasarkan sebuah studi, 50% dari orang yang mengalami sleep apnea akan lebih sering kencing di tengah malam. Hal ini terjadi karena saat Anda mengalami sleep apnea, Anda akan berusaha mencari cara agar dapat bernapas lega saat tidur. Akibatnya, otot jantung meregang dan membuat hormon ANH (atrial natriuretic peptide) meningkatkan produksi urin.

2. Diabetes

Peningkatan kadar glukosa dalam ginjal dapat membuat semakin banyaknya cairan yang terkandung dalam urin. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan pembentukan urin dan mengganggu malam hari buang air kecil. Selain itu, memiliki kadar glukosa darah tinggi juga dapat menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan kelebihan glukosa melalui urin. Dalam hal ini, lebih banyak gula muncul dalam urin dan mensimulasikan volume ekstra urin yang akan diproduksi.

Jika Anda secara konsisten memiliki kadar glukosa darah yang tinggi, Anda dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kencing yang juga dapat meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil sepanjang malam.

BACA JUGA: Inkontinensia Urin: Saat Orang Dewasa Tidak Bisa Menahan Kencing

3. Gagal jantung kongestif

Pada siang hari, cairan menumpuk di kaki akibat adanya gravitasi dan ketidakmampuan jantung untuk memompa secara normal. Ketika kita berbaring di malam hari, cairan ini, tanpa pengaruh gravitasi, akan kembali masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan produksi urin.

Yang perlu Anda ketahui, gagal jantung kongestif atau Congestive Heart Failure (CHF) merupakan kegagalan jantung dalam memompa pasokan darah yang dibutuhkan tubuh. Hal ini terjadi karena kelainan pada otot-otot jantung sehingga tidak bisa bekerja secara normal.

4. Gangguan saraf

Gangguang neurologis seperti Parkinson, Alzheimer, atau gangguan autoimun seperti multiple sclerosis biasanya disertai dengan disfungsi sistem saraf otonom (sistem saraf tidak sadar). Hal tersebut dapat berakibat terjadinya disfungsi kandung kemih dan membuat Anda terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

5. Konsumsi obat tertentu

Penggunaan obat di malam hari ternyata bisa saja membuat Anda buang air kecil di malam hari. Hal tersebut dapat terjadi karena obat yang Anda konsumsi membuat terjadinya penumpukan cairan di ginjal. Konsultasikan kepada dokter jika obat yang Anda konsumsi membuat Anda sering kencing di malam hari. Atau, Anda bisa mengganti waktu konsumsi obat tersebut lebih awal, seperti di pagi hari.

BACA JUGA: 10 Penyebab Nyeri Saat Buang Air Kecil

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca