Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak Ternyata Berbahaya, Lho!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 27 November 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda mungkin terbiasa untuk mencuci setiap bahan makanan mentah sebelum dimasak. Mencuci buah dan sayuran memang langkah terbaik untuk membilas bersih sisa-sisa kotoran dan pestisida yang mungkin masih menempel. Namun tahukah Anda, ternyata tak semua bahan makanan boleh dicuci dulu sebelum dimasak? Mencuci daging ayam mentah justru berbahaya bagi kesehatan. Kenapa begitu?

Mencuci daging ayam mentah tingkatkan risiko penyebaran infeksi

Ada banyak bakteri yang terdapat pada daging ayam mentah. Bakteri yang biasanya terdapat pada daging ayam adalah Campylobacter, penyebab utama dari infeksi saluran cerna, seperti diare.

Itu sebabnya agar tidak terjangkit diare (atau yang lebih parah, keracunan makanan), Anda mungkin berpikir untuk mencucinya terlebih dulu sebelum diolah. Di lain sisi, kuman dan bakteri penyakit yang dibilas tersebut malah bisa berpindah tempat ke bagian dapur lain, peralatan masak di sekitarnya, bahkan hinggap di baju Anda.

Pasalnya, ketika Anda mencuci daging mentah, tanpa Anda sadari air cucian yang notabene mengangkut bakteri dari daging tersebut akan terciprat ke mana-mana. Meskipun jumlah bakteri yang berpindah mungkin tidak terlalu banyak, namun tetap cukup untuk membuat Anda rentan terinfeksi.

Jika tidak dicuci, bagaimana bakteri dalam daging ayam bisa mati?

Anda tak perlu takut keracunan bila tidak mencuci daging ayam mentah dengan air. Jika Anda memasak ayam dengan benar, bakteri dan kuman akan tetap hilang dan mati. Bakteri tidak dapat hidup di suhu yang tinggi, sehingga untuk membuat semua kuman-kuman yang ada di daging ayam mati, Anda hanya harus memasaknya di suhu minimal 75 derajat Celsius.

cara memasak ayam

Tak hanya cara memasak, berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memasak daging ayam agar tidak terkontaminasi dengan bakteri dan kuman:

  • Jangan cairkan daging ayam beku di dalam suhu ruangan. Bila memang daging ayam masih beku, maka sebaiknya pindahkan daging dari freezer ke kulkas bagian bawah. Pastikan bahwa daging tertutup rapat. Membiarkan daging di luar ruangan hanya akan menarik bakteri untuk tumbuh di daging.
  • Pastikan kalau peralatan memasak sudah bersih. Biasanya kontaminasi bakteri sangat mudah terjadi akibat penggunaan peralatan masak yang tidak bersih. Cuci peralatan masak, seperti pisau dan talenan setelah Anda menggunakannya untuk memotong bahan makanan apapun. Jika tidak, hal ini akan menimbulkan kontaminasi silang, yang kemudian membuat bakteri menempel pada makanan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Tanda Anda Sebentar Lagi Mau Haid

Tidak semua perempuan mengalami nyeri haid dan gejala PMS setiap bulan. Maka, kenali tanda-tanda menstruasi Anda sebentar lagi mau datang.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Perawatan Kewanitaan, Hidup Sehat 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Mulai dari penyebab secara umum hingga kondisi kesehatan tertentu, berikut 15 hal yang bisa menyebabkan bau mulut. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit

7 Penyebab Mulut Kering Selain Dehidrasi yang Perlu Diketahui

Mulut kering wajar terjadi saat Anda merasa haus atau dehidrasi. Selain itu, mulut kering bisa disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan, lho.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat garam untuk kesehatan

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Quinoa, Makanan Super yang Penuh Gizi

Ditulis oleh: dr. Anastasia Shinta
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 4 menit
krim muka dari dokter bikin ketagihan

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Ditulis oleh: Tiara Putri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit
perubahan pola tidur

Mengubah Jam Tidur Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit