Nama Generik: Lidah Buaya Reviews:

Manfaat

Untuk apa lidah buaya?

Lidah buaya (sering disebut dengan aloe vera) menghasilkan dua substansi, yaitu gel dan getah, yang biasanya digunakan dalam obat­obatan. Banyak orang menggunakan gel aloe sebagai pengobatan bagi beberapa kondisi kulit seperti luka bakar, terbakar matahari, frostbite, dan psoriasis. Beberapa orang juga menggunakannya untuk membantu penyembuhan luka dengan cepat.

Gel aloe juga bisa dikonsumsi untuk:

● penyakit pada sendi tulang

● penyakit pada usus besar termasuk radang usus besar

● demam

● gatal dan radang

● luka borok pada perut, diabetes

● asma

● mengatasi efek samping dari perawatan radiasi

Beberapa orang mengonsumsi lidah buaya untuk penyembuhan sembelit. Sering kali, getah aloe diminum untuk:

● penyakit kejang­kejang, asma, flu

● perdarahan, varises, terlambat datang bulan

● radang usus besar, wasir

● depresi

● diabetes

● bursitis, osteoarthritis; multiple sclerosis

● gangguan penglihatan dan masalah penglihatan lain

Bagaimana cara kerjanya?

Belum ada cukup studi tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan diskusikan dengan ahli atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ada bahan kimia yang terdapat pada gel aloe yang sepertinya dapat meningkatkan sirkulasi pembuluh darah kecil di kulit, sekaligus bisa membunuh bakteri. Selain itu, efek­ efek ini  membuktikan bahwa gel aloe efektif membantu mempercepat penyembuhan luka. Efek laksatif lidah buaya berasal dari kemampuannya dalam menghambat penyerapan tanpa merangsang peristaltik. Gel aloe berfungsi sebagai inhibitor, mendorong vasodilasi, dan mempertahankan homeostasis di dalam vascular endothelium. Hanya sedikit penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan lidah buaya untuk penyembuhan asma dan radang dinding lambung. Namun, lidah buaya juga digunakan untuk menghambat perubahan sel dan untuk menjadi anti­ mutagenik.

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk lidah buaya untuk orang dewasa?

Lidah buaya biasanya digunakan pada segala macam kosmetik dan masakan. Tergantung dari kondisi kesehatan Anda, Anda dapat menentukan jumlah lidah buaya yang digunakan. Namun, lidah buaya juga mempunyai dosis sifat laksatif yang sangat tinggi sehingga mungkin berbahaya. Dosis suplemen herbal ini berbeda­beda bagi setiap pasien, karena bergantung  pada umur, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman digunakan. Konsultasikan dengan herbalis atau dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Dalam bentuk apa saja lidah buaya tersedia?

Suplemen herbal ini biasanya tersedia dalam bentuk:

● kapsul

● krim

● gel

● jelly

● jus

● shampo dan conditioner

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh lidah buaya?

Aloe dapat menyebabkan beberapa efek samping dan mungkin saja mengakibatkan kematian. Efek samping ini meliputi:

● kejang, kerusakan permanen pada mukosa usus, diare berdarah

● urin yang berwarna merah, nefrotoksisitas

● dermatitis kontak, penyembuhan yang tertunda dari luka dalam

● potasium rendah (hipokalemia)

● kontraksi uterus yang menyebabkan keguguran, persalinan prematur.

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Terdapat beberapa efek samping  lain yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran apapun tentang efek samping obat ini, silakan berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi lidah buaya?

Bekukan 100% gel aloe vera setelah dikupas. Suplemen lidah buaya bukan untuk dikonsumsi anak kecil di bawah 12 tahun. Jangan gunakan lidah buaya di kulit jika Anda alergi atau sensitif pada tanaman ini,  bawang putih, bawang merah, ataupun bunga tulip. Lidah buaya tidak boleh dioleskan pada luka yang dalam. Jus lidah buaya yang dikeringkan tidak boleh dikonsumsi dalam waktu panjang. Regulasi yang mengatur penggunaan suplemen herbal tidak terlalu ketat dibandingkan dengan peraturan penggunaan obat. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keamanannya. Sebelum menggunakan suplemen herbal, pastikan manfaatnya lebih banyak dibandingkan dengan risikonya. Konsultasilah dengan ahli herbal dan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah lidah buaya?

Lidah buaya menimbulkan dikontradiksi pada wanita hamil dan menyusui, anak kecil pada usia di bawah 12 tahun, pasien dengan penyakit radang usus besar, dan pasien usia lanjut yang mengalami gangguan usus.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi lidah buaya?

Suplemen herbal ini dapat berinteraksi dengan obat Anda saat yang lain atau kondisi medis Anda saat ini. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter Anda sebelum menggunakannya. Penelitian sudah mengidentifikasi potensi interaksi antara getah lidah buaya dengan obat­obatan berikut ini: digoxin, furosemide, thiazide diuretics, sevoflurane stimulant laxatives, dan obat­obatan antidiabetik.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: January 20, 2017 | Terakhir Diedit: January 20, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan