Tak Hanya untuk Kecantikan, Intip 5 Manfaat Jus Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Lidah buaya tak hanya bagus digunakan sebagai masker rambut atau wajah. Ternyata, tanaman yang satu ini juga memiliki banyak manfaat jika diminum secara langsung. Untuk itu, jus lidah buaya menjadi salah satu alternatif minuman yang tak hanya membantu menghilangkan dahaga. Berikut berbagai manfaat jus lidah buaya yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat jus lidah buaya

1. Mengatasi sembelit

obat sembelit resep

Nyatanya, minuman yang satu ini sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit. Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian berhasil menunjukkan bahwa jus lidah buaya mampu meningkatkan kadar air dalam usus.

Nah, jika kadar air meningkat, maka akan merangsang gerakan mendorong pada usus (peristaltik), sehingga Anda memiliki jadwal BAB yang teratur dan normal.

2. Menjaga kesehatan kulit

perawatan kulit malam hari

Lidah buaya termasuk tanaman yang kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang bisa membuat tampilan kulit menjadi lebih tua dan kusam. Selain itu, senyawa di dalam lidah buaya juga telah terbukti mampu menteralkan efek radiasi ultraviolet (UV).

Dengan begitu, jus lidah buaya membantu memperbaiki kulit dari kerusakan sinar UV dan mencegah garis-garis halus serta kerutan. Psst, lidah buaya ternyata juga membantu mengurangi peradangan pada kulit seperti jerawat atau psoriasis, lho.

3. Bantu atasi radang gusi

obat radang gusi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin, Makassar, menemukan fakta bahwa obat kumur berbahan jus lidah buaya membantu mengurangi peradangan gusi. Khususnya, pasca perawatan untuk menghilangkan plak.

Dari hasil penelitian didapatkan simpulan bahwa para peserta yang menggunakan obat kumur dari jus lidah buaya cenderung mengalami radang gusi yang lebih ringan dibandingkan dengan yang tidak kumur dengan lidah buaya. Para peneliti menyatakan bahwa sifat antibakteri dan antimikrobalah yang berperan dalam hal ini.

4. Mengendalikan kadar gula darah

cara menurunkan gula darah

Sebuah analisis yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, menemukan bahwa jus lidah buaya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang dengan prediabetes dan diabetes tipe 2.

Para ahli mengungkapkan bahwa ekstrak tanaman ini mampu menyerap gula yang baru saja dicerna di dalam tubuh. Untuk itu, Anda bisa minum jus lidah buaya sebagai perawatan alami tambahan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

enzim pada pencernaan

Lidah buaya mengandung enzim yang membantu proses pemecahan gula dan lemak agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Jika sistem pencernaan Anda lancar, semua nutrisi dari makanan bisa diserap dengan baik dan didapatkan manfaatnya.

Selain itu, jus lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi pada lambung dan usus. Dikutip dari healthline, sebuah studi di 2013 menemukan bahwa jus lidah buaya mengurangi rasa sakit pada pengidap irritable bowel syndrome (IBS).

Meskipun terdapat banyak manfaat dari lidah buaya, penelitian-penelitian di atas masih terbatas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui komponen dan dosis lidah buaya yang sesuai. Tetap konsultasikan ke dokter jika keluhan Anda tidak kunjung membaik. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Tidak semua orang ingin melakukan extension bulu mata. Namun Anda bisa memanjangkan bulu mata dengan cara yang aman dan murah meriah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Selain Lidah Buaya, Inilah Daftar Bahan Alami untuk Obat Ketombe

Satu di antara banyaknya bahan alami yang digadang-gadang dapat menjadi obat ketombe adalah lidah buaya. Apa ada obat ketombe alami yang lain?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 23 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Bisakah Lidah Buaya Dipakai untuk Mengobati Jerawat?

Bisa dicampur lemon, bisa dijadikan masker, dan sebagainya. Simak berbagai cara menggunakan lidah buaya untuk jerawat dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Duduk Terlalu Lama Bisa Menyebabkan Ambeien?

Di antara berbagai penyebab wasir atau ambeien, kelamaan duduk disebut sebagai salah satunya. Benarkah duduk terlalu lama menyebabkan ambeien?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan, Ambeien 31 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
masker beras

Bagaimana Cara Membuat Masker Beras untuk Kulit Cerah Memesona?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
manfaat masker lidah buaya

Segudang Manfaat Masker Lidah Buaya dan Tips Membuatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
kulit kombinasi

Ciri-Ciri Kulit Kombinasi dan Aturan Penting Merawatnya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit