home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Hanya untuk Kecantikan, Intip 5 Manfaat Jus Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Tak Hanya untuk Kecantikan, Intip 5 Manfaat Jus Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Lidah buaya tak hanya bagus digunakan sebagai masker rambut atau wajah. Ternyata, tanaman yang satu ini juga memiliki banyak manfaat jika diminum secara langsung. Untuk itu, jus lidah buaya menjadi salah satu alternatif minuman yang tak hanya membantu menghilangkan dahaga. Berikut berbagai manfaat jus lidah buaya yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat jus lidah buaya

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh, antara lain:

1. Mengatasi sembelit

obat sembelit resep

Nyatanya, minuman yang satu ini sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit. Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian berhasil menunjukkan bahwa jus lidah buaya mampu meningkatkan kadar air dalam usus.

Nah, jika kadar air meningkat, maka akan merangsang gerakan mendorong pada usus (peristaltik), sehingga Anda memiliki jadwal BAB yang teratur dan normal.

2. Menjaga kesehatan kulit

perawatan kulit malam hari

Lidah buaya termasuk tanaman yang kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang bisa membuat tampilan kulit menjadi lebih tua dan kusam. Selain itu, senyawa di dalam lidah buaya juga telah terbukti mampu menteralkan efek radiasi ultraviolet (UV).

Dengan begitu, jus lidah buaya membantu memperbaiki kulit dari kerusakan sinar UV dan mencegah garis-garis halus serta kerutan. Psst, lidah buaya ternyata juga membantu mengurangi peradangan pada kulit seperti jerawat atau psoriasis, lho.

3. Membantu atasi radang gusi

obat radang gusi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin, Makassar, menemukan fakta bahwa obat kumur berbahan jus lidah buaya membantu mengurangi peradangan gusi. Khususnya, pasca perawatan untuk menghilangkan plak.

Dari hasil penelitian didapatkan simpulan bahwa para peserta yang menggunakan obat kumur dari jus lidah buaya cenderung mengalami radang gusi yang lebih ringan dibandingkan dengan yang tidak kumur dengan lidah buaya. Para peneliti menyatakan bahwa sifat antibakteri dan antimikrobalah yang berperan dalam hal ini.

4. Mengendalikan kadar gula darah

cara menurunkan gula darah

Sebuah analisis yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, menemukan bahwa jus lidah buaya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang dengan prediabetes dan diabetes tipe 2.

Para ahli mengungkapkan bahwa ekstrak tanaman ini mampu menyerap gula yang baru saja dicerna di dalam tubuh. Untuk itu, Anda bisa minum jus lidah buaya sebagai perawatan alami tambahan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

enzim pada pencernaan

Lidah buaya mengandung enzim yang membantu proses pemecahan gula dan lemak agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Jika sistem pencernaan Anda lancar, semua nutrisi dari makanan bisa diserap dengan baik dan didapatkan manfaatnya.

Selain itu, jus lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi pada lambung dan usus. Dikutip dari healthline, sebuah studi di 2013 menemukan bahwa jus lidah buaya mengurangi rasa sakit pada pengidap irritable bowel syndrome (IBS).

Meskipun terdapat banyak manfaat dari lidah buaya, penelitian-penelitian di atas masih terbatas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui komponen dan dosis lidah buaya yang sesuai. Tetap konsultasikan ke dokter jika keluhan Anda tidak kunjung membaik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

9 Healthy Benefits of Drinking Aloe Vera Juice

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/aloe-vera-juice-benefits accessed on February 4th 2019

What are the health benefits of aloe vera juice?

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324072.php accessed on February 4th 2019

Efficacy of Mouthwash from Aloe vera Juice after Scaling Treatment on

Patient with Gingivitis: A Clinical Study

revista.uepb.edu.br/index.php/pboci/article/view/3959/pdff accessed on February 4th 2019

Effect of Aloe vera on glycaemic control in prediabetes and type 2 diabetes: a systematic review and meta‐analysis

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/jcpt.12382  accessed on February 4th 2019

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 16/03/2021
x