home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Kesehatan Daun Dewa yang Sayang Dilewatkan

5 Manfaat Kesehatan Daun Dewa yang Sayang Dilewatkan

Minum jamu sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging di tengah masyarakat Indonesia. Salah satu tumbuhan yang sering dijadikan obat herbal adalah daun dewa, yang punya nama latin Gynura procumbens atau Sambung Nyawa dalam bahasa Melayu. Memang, apa sih, manfaat daun dewa untuk kesehatan?

Beragam manfaat daun dewa untuk kesehatan

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh, antara lain:

1. Mengobati kanker payudara

Daun dewa mengandung senyawa protein yang disebut peroksidase. Sebuah studi tahun 2013 dari Universiti Sains Malaysia yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE menemukan bahwa protein ini bekerja menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Oleh karena itu, peneliti percaya bahwa daun dewa berpotensi untuk menjadi pilihan pengobatan kanker payudara.

2. Mengobati herpes

Satu penelitian kolaborasi dari tim periset Thailand dan Jerman menemukan bahwa ekstrak etanol dari daun dewa mematikan dan menghambat virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2 untuk menggandakan diri dalam tubuh. Temuan manfaat daun dewa yang satu ini diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine tahun 2013.

3. Mengobati hipertensi

Selain membunuh virus herpes, kandungan etanol dalam daun dewa juga dipercaya bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Temuan ini diterbitkan tahun 2013 dalam jurnal Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS) oleh tim periset dari Universiti Sains Malaysia.

4. Mengobati diabetes

Daun dewa banyak dicari untuk pengobatan berbagai macam penyakit kesehatan seperti diabetes, demam, sembelit, dan hipertensi. Daun dewa juga dipercaya ampuh mengobati sakit ginjal dan rematik. Sebuah studi ulasan yang diterbitkan di jurnal Frontiers of Pharmacology melaporkan bahwa manfaat daun dewa ini datang dari kandungan penyembuhnya yang serba ada — mulai dari antihipertensi, kardioprotektif, antihiperglikemik, antikanker, antibakteri, antioksidan, hingga anti-peradangan.

5. Mengobati stroke

Daun dewa diketahui memiliki sifat antihipertensi dan kardiprotektif, yang dipercaya dapat melindungi jantung. Ini yang menjadi alasan bahwa manfaat daun dewa bisa menjadi obat alternatif untuk mengobati penyakit jantung, termasuk juga stroke. Yang perlu dipahami, stroke adalah kondisi gawat darurat yang bisa mengancam nyawa. Begitu Anda terserang stroke, langsung dapatkan pertolongan medis sesegera mungkin, jangan ditunda dengan meminum jamu terlebih dulu.

Hal yang harus diperhatikan saat minum jamu daun dewa

Mengonsumsi jamu dan obat-obatan herbal sebagai alternatif pelengkap dari obat kimia (baik resep maupun nonresep) boleh-boleh saja. Obat herbal yang berupa jamu rebusan rumah relatif aman dikonsumsi karena zat-zat toksik yang mungkin terkandung sudah mengalami perubahan struktur kimia. Namun, jangan mengandalkan konsumsi obat-obatan herbal sebagai pilihan pengobatan pertama dan satu-satunya untuk penyakit kronis apapun.

Obat herbal sebaiknya hanya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan, pemulihan penyakit, atau menurunkan risiko dari penyakit, bukan untuk menyembuhkan. Untuk menyembuhkan penyakit dibutuhkan obat resep dokter. Suplemen herbal juga tidak boleh diminum sembarangan karena reaksi tiap orang terhadap obat-obatan bisa berbeda. Meski punya keluhan sama, belum tentu obat herbal yang ternyata cocok untuk Anda akan memberikan khasiat yang sama pada suami atau adik Anda.

Beragam studi yang melaporkan manfaat daun dewa untuk kesehatan pada umumnya masih bersifat terbatas dan kurang kuat. Temuan-temuan di atas masih bersifat dugaan awal karena dibuat hanya berdasarkan uji sampel sel atau jaringan organ tubuh atau pada tikus percobaan di laboratorium.

Terlebih lagi, daun dewa telah dikaitkan dengan keracunan hati, yang bisa mengakibatkan penyumbatan vena hati. Penyumbatan vena hati ditandai dengan pembengkakan hati (hepatomegali) yang terasa sakit, penumpukan cairan, penambahan berat badan, dan menguningnya warna kulit dan mata. Pada hewan, daun dewa dilaporkan menghambat aktivitas enzim pengubah angiotensin, sehingga menyebabkan hipotensi (tekanan darah rendah). Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan klaim manfaat daun dewa untuk kesehatan manusia.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Abrika, O. S., Yam, M. F., Asmawi, M. Z., Sadikun, A., Dieng, H., & Hussain, E. A. (2013). Effects of Extracts and Fractions of Gynura procumbens on Rat Atrial Contraction. Journal of Acupuncture and Meridian Studies, 6(4), 199-207. doi:10.1016/j.jams.2013.01.020 accessed July 18 2017

Hew C-S, Khoo B-Y, Gam L-H (2013) The Anti-Cancer Property of Proteins Extracted from Gynura procumbens (Lour.) Merr. PLoS ONE 8(7): e68524. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0068524 accessed July 18 2017

Siripen Jarikasem, Somyot Charuwichitratana, Sontana Siritantikorn, et al., “Antiherpetic Effects of Gynura procumbens,” Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, vol. 2013, Article ID 394865, 10 pages, 2013. doi:10.1155/2013/394865 accessed July 18 2017

Tan, H., Chan, K., Pusparajah, P., Lee, L., & Goh, B. (2016). Gynura procumbens: An Overview of the Biological Activities. Frontiers in Pharmacology, 7. doi:10.3389/fphar.2016.00052 accessed July 18 2017

Use of Herbal Products and Potential Interactions in Patients with Cardiovascular Diseases http://www.medscape.com/viewarticle/717158_3 accessed July 18 2017

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 04/02/2021
x