home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Daun Kenikir, Sayuran yang Kerap Disantap Sebagai Lalapan

5 Manfaat Daun Kenikir, Sayuran yang Kerap Disantap Sebagai Lalapan

Meskipun tidak sepopuler sayuran lain, daun kenikir atau ulam raja ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Ingin tahu manfaat daun kenikir? Baca terus ulasan ini, ya!

Apa saja kandungan nutrisi dalam daun kenikir?

daun kenikir

Kenikir atau Cosmos caudatus adalah jenis sayuran yang biasanya dimakan langsung sebagai lalapan. Selain mengandung vitamin dan mineral, terdapat sejumlah nutrisi penting lainnya pada sayuran yang satu ini.

Menurut data dari Panganku.org, dalam 100 gram daun kenikir terdapat kandungan gizi berikut:
Air: 87.6 gram
Energi : 45 kalori
Protein: 3.7 gram
Lemak: 0.5 gram
Karbohidrat: 6.6 gram
Serat pangan: 5.8 gram
Kalsium: 328 mg
Fosfor: 65 mg
Zat besi: 2.7 mg
Natrium: 6 mg
Kalium: 431.0 mg
Tembaga: 0.10 mg
Zink: 0.6 mg
Beta-Karoten: 30,200 mcg
Karoten Total: 12 mcg
Thiamin (Vitamin B1): 0.50 mg
Riboflavin (Vitamin B2): 0.30 mg
Niasin: 4.5 mg

Berbagai manfaat daun kenikir bagi kesehatan

Jika diolah dengan tepat, daun kenikir akan memberikan sejumlah nutrisi baik bagi tubuh Anda. Nah, berikut beberapa manfaat daun kenikir untuk menunjang kesehatan tubuh:

1. Mencegah penyakit kronis

pasien kanker pandemi

Manfaat daun kenikir yang sangat penting bagi tubuh adalah mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Hal ini karena daun kenikir mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan adalah senyawa unik yang bertugas untuk menangkal efek buruk dari serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak segera dihentikan, radikal bebas ini dapat berkembang menjadi penyakit kronis.

Daun kenikir termasuk salah satu sayuran penyumbang antioksidan terbaik yang mudah didapatkan, salah satunya termasuk daun kenikir.

Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, dari sekitar 37 jenis sayuran mentah yang diujicobakan, daun kenikir atau ulam raja ternyata mengandung jenis antioksidan flavonoid yang tinggi.

2. Mencegah gangguan pencernaan

Artikel Kesehatan Gangguan Pencernaan Lainnya

Selain mencegah berbagai penyakit kronis, para peneliti meyakini bahwa flavonoid yang terkandung dalam sayuran ini juga dapat mencegah gangguan pencernaan.

Flavonoid adalah jenis antioksidan yang telah terbukti khasiatnya untuk memperkuat daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat radikal bebas.

Sebenarnya, tubuh manusia memiliki kemampuan alami untuk menghasilkan antioksidan sendiri.

Sayangnya, jumlah yang diproduksi tubuh kadang tidak cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan optimal, sehingga dibutuhkan asupan antioksidan dari luar. Salah satunya adalah dari daun kenikir

3. Mencegah penyakit hipertensi

penyebab hipertensi

Daun ulam raja atau daun kenikir diyakini mampu menurunkan risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Research in Medical Sciences.
Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun ulam raja dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan uji coba.

Hal ini karena daun kenikir memiliki efek diuretik yaitu kemampuan untuk meningkatkan pembuangan garam dari dalam tubuh.

Sehingga kelebihan garam dalam darah yang menjadi penyebab hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Menurut hasil uji coba, efek diuretik yang dimiliki oleh daun kenikir hampir setara dengan efek diuretik dari obat-obatan antihipertensi.

4. Menurunkan risiko penyakit diabetes

hidup sehat dengan diabetes

Masih dalam penelitian dengan jurnal yang sama, ditemukan manfaat daun kenikir lainnya yaitu mencegah penyakit diabetes.

Hasil tersebut didapat setelah para peneliti menemukan adanya penurunan gula darah yang cukup signifikan pada hewan uji coba yang obesitas.

Efek antidiabetes pada daun ulam raja diperoleh dari enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan.

Lebih lanjut, daun ulam raja ini juga berpotensi mengelola kondisi hiperglikemia atau kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh.

5. Mencegah osteoporosis

gejala osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang rentan terjadi di usia lanjut. Dalam hal ini, manfaat daun kenikir dipercaya dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita yang sudah mengalami menopause

Hal ini berkat kemampuan daun kenikir dalam melindungi fungsi dan kondisi tulang. Hal ini dibuktikan dalam penelitian terhadap sekelompok hewan uji coba yang mengalami pengeroposan tulang..

Selama sekitar 8 minggu, hewan-hewan tersebut diberikan ekstrak daun ulam raja. Diperoleh hasil bahwa volume dan komposisi tulang hewan coba tersebut secara umum dapat membaik secara bertahap.

Di samping itu, manfaat daun kenikir juga ditemukan dapat mendukung pembentukan dan perbaikan kondisi tulang dalam tubuh.

Cara mengonsumsi daun kenikir yang baik

Untuk memperoleh manfaat dari daun kenikir, Anda dapat memakannya langsung sebagai lalapan, membuat daun kenikir rebus atau meminum air rebusan daun kenikir.

Bagaimana pun proses pengolahan yang Anda inginkan, sebaiknya Anda mencuci dengan bersih daun kenikir sebelum diolah menggunakan air mengalir.

Hal ini agar daun kenikir terbebas dari kuman dan sisa-sisa pestisida yang mungkin masih menempel pada daun tersebut.

 

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Beranda. (n.d.). Data Komposisi Pangan Indonesia – Daun Kenikir. https://panganku.org/id-ID/view. Accessed on March 04, 2021.

Potential Medicinal Benefits of Cosmos caudatus (Ulam Raja): A Scooping Review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4746859/  Accessed on March 04, 2021.

Daun Kenikir. Data Komposisi Pangan Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://www.panganku.org/id-ID/beranda Accessed on March 04, 2021.

Global Journal of Pharmacology. Cosmos Caudatus Kunth: A Traditional Medicinal Herb. https://www.researchgate.net/publication/262731234_Cosmos_Caudatus_Kunth_A_Traditional_Medicinal_Herb Accessed on March 04, 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 05/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x