4 Menu Takjil yang Padat Energi untuk Bekal Olahraga Malam

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Saat puasa Anda tetap bisa melakukan olahraga, seperti hari-hari biasanya. Olahraga saat puasa bisa Anda lakukan sebelum atau sesudah berbuka puasa, tergantung dengan jenis olahraga dan tujuan dari olahraga yang ingin dicapai. Bila memang Anda memilih untuk berolahraga di malam hari setelah waktu berbuka, maka Anda harus mempersiapkan diri sebelum berolahraga, dengan makan makanan yang tinggi energi. Anda bisa memilih menu takjil yang padat energi supaya kuat saat berolahraga nanti. Lalu apa saja menu takjil yang penuh energi tersebut?

Menu takjil buka puasa sebelum melakukan olahraga malam

Olahraga malam sebaiknya dilakukan sekitar 3-4 jam sebelum jam tidur Anda. Selain itu, sebaiknya Anda menurunkan ritme olahraga dari biasanya.

Olahraga di malam hari dengan kecepatan dan ritme yang lebih lambat, akan membuat tubuh menjadi lebih mudah mengatur detak jantung, pernapasan, dan menjaga kadar hormon tetap normal.

Menu takjil buka puasa yang didominasi rasa manis ternyata bisa memberi energi saat olahraga malam. Hal ini dikarenakan tubuh bisa langsung mendapatkan energi baru dari asupan gula. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi menu takjil dengan bebas. Anda tetap perlu memerhatikan kandungan gizi di dalamnya.

Berikut beberapa pilihan menu takjil buka puasa yang dapat Anda terapkan di rumah.

1. Smoothie buah

resep smoothie minuman setelah olahraga

Smoothie bisa terbuat dari campuran yogurt atau susu dengan potongan buah segar. Ini bisa menjadi menu takjil buka puasa untuk menghilangkan dahaga Anda sekaligus padat energi. Rasa manis bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, jadi hanya perlu tambahkan gula sedikit saja atau bahkan tidak sama sekali.

Yogurt mengandung lebih banyak kalsium daripada susu murni karena menjalani proses pembuatan yang lebih kompleks.

Anda juga bisa menambahkan potongan kacang almond pada smoothies. Kacang almond merupakan salah satu sumber kalsium yang baik, dalam 30 gram kacang almond mengandung 75 miligram kalsium. Selain itu, kacang almond juga mengandung protein tinggi, vitamin E, dan kalium.

2. Kolak pisang

resep kolak

Kolak piaang adalah salah satu menu takjil paling populer saat berbuka puasa. Tak hanya pisang, tetapi dalam kolak pisang juga terkadang terdapat ubi, singkong, dan labu, yang dimasak bersama dengan gula merah dan santan.

Pisang dapat memberikan tambahan energi saat berolahraga, karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang. Pisang juga memberi manfaat yang lebih karena mengandung kalium, serat, dan vitamin B6 alami.

3. Puding susu buah

camilan sehat untuk buka puasa

Puding buah bisa menjadi salah satu pilihan menu takjil untuk memberi energi saat olahraga malam. Anda bisa menggunakan buah-buahan segar serta sedikit gula untuk mencapai manfaat tersebut.

Anda juga bisa mengganti gula dengan susu, pilihlah susu rendah lemak jika Anda ingin mengurangi lemak. Susu dapat memberikan Anda asupan vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh saat olahraga.

4. Es buah

resep es buah

Es buah menjadi menu takjil favorit banyak orang untuk menghilangkan dahaga saat puasa. Anda bisa menambahkan beragama buah-buahan segar yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama puasa.

Makanan yang kaya nutrisi penting untuk mengembalikan energi tubuh. Buah segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan buah yang melalui proses.

Sementara untuk pemanisnya, Anda bisa menggunakan sirup atau gula ke dalam es buah. Namun, pilihlah salah satu pemanis, jangan menggunakan begitu banyak macam jenis pemanis. Atau jika Anda juga bisa menggunakan campuran air, perasan lemon, dan madu untuk kuahnya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 9 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Jenis Buah dengan Kandungan Air Tinggi untuk Buka Puasa

Di bulan puasa, mengonsumsi buah tinggi kandungan air sangat penting agar tubuh tidak dehidrasi. Berikut buah kaya air yang cocok untuk buka puasa.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hari Raya, Ramadan 9 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Resep Bola-Bola Cokelat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bareng Si Kecil

Bingung mau bikin menu buka puasa seperti apa? Anda bisa membuat bola-bola cokelat bersama si kecil, ini resep mudah yang bisa diikuti.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Hari Raya, Ramadan 6 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

4 Tips Mengatasi Lemas Saat Puasa yang Mudah Dilakukan

Di artikel ini ada 4 tips mudah mengatasi lemas saat puasa yang membuat ibadah puasa Ramadan Anda selalu bersemangat seperti Mesut Oezil dan Eden Hazard!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hari Raya, Ramadan 6 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
menu takjil untuk anak

Agar Tak Bosan di Rumah, Ini Menu Takjil yang Bisa Dimasak Bersama Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 21 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
manfaat lidah buaya

3 Kreasi Hidangan Olahan Lidah Buaya Nan Menyegarkan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 17 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit
buah untuk berbuka puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 14 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
resep bolu kukus

Resep Bolu Kukus untuk Hidangan Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 11 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit