5 Makanan yang Bisa Dibawa Sebelum Berangkat Ibadah Haji

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 14 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ada beberapa makanan yang bisa Anda persiapkan untuk dibawa sebelum berangkat haji. Makanan yang dibawa mengandung “bahan bakar” untuk menambah tenaga dan daya tahan tubuh selama Anda berkegiatan di Tanah Suci.

Makanan sehat penambah energi untuk dibawa sebelum berangkat haji

Selama menjalani ibadah haji, ada banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang. Selain menjaga kesehatan diri, suntik vaksin wajib, dan tetap mengonsumsi makanan bernutrisi, Anda perlu memikirkan tambahan makanan yang dibawa untuk meningkatkan energi. 

Masalah kesehatan yang kerap dihadapi jemaah saat berkegiatan di Tanah Suci, terkait dengan heatstroke, kelelahan akibat cuaca panas, serta dehidrasi, sistem pernapasan, dan masalah pencernaan. 

Jika tubuh melemah, sistem imunitas tidak cukup kuat melawan penyakit. Walau Anda telah menjaga kesehatan tubuh semaksimal mungkin sebelum berangkat haji, ada makanan yang sebaiknya Anda bawa untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan energi.

1. Kacang almond

Makanan yang bisa dibawa untuk berangkat haji adalah almond. Kandungan magnesium dan vitamin B di dalamnya menjadi sumber energi untuk melaksanakan ibadah haji. Magnesium memegang peranan kuat untuk meningkatkan energi metabolisme saat Anda beraktivitas fisik. 

Kedua elemen ini, vitamin B dan magnesium tak bisa terpisahkan. Jika tubuh kekurangan vitamin B, dapat menyebabkan kelelahan, memicu suasana hati yang buruk, serta sulitnya berkonsentrasi.

2. Kacang pistachio

Tentu Anda membutuhkan energi yang cukup, karena ada banyak aktivitas di luar ruangan saat tiba di Tanah Suci. Maka itu, pilihlah kacang pistachio sebagai makanan sehat untuk Anda bawa sebelum berangkat haji.

Kacang pistachio mengandung protein, serat, dan lemak yang sehat untuk jantung. Kacang ini ideal sebagai camilan selama Anda berada di Arab Saudi untuk menambah energi. Selain itu, mengonsumsi kacang ini dapat mencegah Anda dari makan berlebihan selama di sana.

3. Beras cokelat

Anda membutuhkan cukup vitamin dan mineral saat berada di Arab Saudi. Agar ibadah lancar, pastikan makanan yang dikonsumsi bernutrisi. Anda bisa bawa beras cokelat sebagai persiapan. 

Berbeda dari beras putih, beras cokelat mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Setidaknya satu cangkir (195 gram) beras cokelat mengandung 3,5 gram serat dan dapat memenuhi 88% asupan mineral mangan harian Anda. Mineral ini membantu enzim memecah karbohidrat dan protein menjadi energi yang Anda butuhkan selama melaksanan ibadah haji.

4. Suplemen vitamin C

Salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi para jemaah saat melakukan ibadah haji adalah gangguan saluran pernapasan, inilah pentingnya konsumsi vitamin C. Di sini, vitamin C berperan positif dalam mencegah dan mengobati gangguan dan infeksi saluran pernapasan. Selain itu bila kekurangan vitamin C, bisa mengakibatkan gangguan pada sistem imunitas dan tubuh jadi lebih rentan terhadap infeksi.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh yang mengandung vitamin C, vitamin D, dan zinc dalam format effervescent (tablet larut air). Larutan ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, serta menambah asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

5. Kurma

Kurma juga menjadi pilihan makanan yang baik untuk dibawa berangkat haji. Kurma mengandung tinggi serat yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan serta mencegah sembelit.

Kurma mengandung gula alami yang bisa meningkatkan energi Anda, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kurma bisa dimakan sebagai camilan di siang hari, terutama ketika Anda mulai merasakan kelelahan. Kurma juga membantu Anda untuk mendapatkan tubuh kembali berenergi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Menjaga Asupan Gizi Saat di Tanah Suci

Nutrisi untuk ibadah haji perlu diperhatikan dan dipenuhi. Berikut cara menjaga asupan nutrisi mulai dari menjaga pola makan dan suplementasi.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
nutrisi untuk ibadah haji
Hari Raya 11 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Langkah Tetap Sehat dan Bugar Saat Ibadah Haji

Ada beberapa tips sehat saat Anda menjalankan ibadah haji. Jaga daya tahan tubuh lewat asupan bernutrisi, istirahat cukup, dan juga konsumsi vitamin C.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
tips sehat haji
Hari Raya, Haji dan Umrah 10 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Vaksin Meningitis untuk Ibadah Haji

Vaksin meningitis, persiapan wajib untuk menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci. Berikut hal yang perlu diketahui sebelum mendapatkan vaksin meningitis.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
vaksin meningitis untuk haji
Hari Raya, Haji dan Umrah 6 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
menjaga kebersihansaat ibadah haji

Tips Menjaga Higienitas Saat Beribadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 25 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
pemulihan setelah ibadah haji

Makanan yang Bisa Mengembalikan Daya Tahan Tubuh Setelah Beribadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
mengembalikan kebugaran setelah ibadah haji

5 Cara Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Ibadah Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
Persiapan sebelum berangkat haji

Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 23 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit