home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Cara Ampuh Mengatasi Lidah Kuning, Berdasarkan Penyebabnya

6 Cara Ampuh Mengatasi Lidah Kuning, Berdasarkan Penyebabnya

Normalnya, lidah berwarna merah muda dengan sedikit lapisan putih terang di atasnya. Jika warna Anda berubah kekuningan, ini bisa jadi tanda Anda harus cek ke dokter. Sebelum berangkat, Anda bisa sambil coba berbagai cara mengatasi lidah kuning di bawah ini.

Cara mengatasi lidah kuning sesuai penyebabnya

Karena penyebabnya bermacam-macam, cara mengatasi lidah kuning pun tentu berbeda-beda. Supaya lebih jelas, berikut ini cara mengatasi lidah kuning berdasarkan penyebabnya.

1. Jarang gosok gigi

Jarang gosok gigi dan berkumur adalah salah satu penyebab paling umum lidah Anda menguning. Perubahan warna ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan bakteri pada bintil-bintil permukaan lidah (papila). Zat buangan dari bakteri tersebut akan menghasilkan pigmen yang membuat lidah Anda tampak kekuningan.

Cara paling mudah untuk mengatasi lidah kuning tentu dengan rutin menggosok gigi pakai pasta gigi yang mengandung fluoride minimal dua kali sehari, pagi dan malam hari. Jangan lupa juga untuk bersihkan lidah dan rutin periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

2. Merokok

pakai behel. merokok

Lidah perokok rata-rata berwarna kuning akibat efek racunnya. Maka cara terbaik untuk mengatasi lidah kuning ini adalah dengan berhenti merokok segera. Solusi ini tidak dapat ditawar. Terlebih, merokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena macam-macam kanker oral, seperti kanker mulut, kanker lidah, dan kanker tenggorokan.

Cara termudah untuk mulai berhenti merokok pelan-pelan adalah dengan mengunyah permen karet setiap kali mulut mulai terasa asam. Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter guna mendapatkan cara berhenti merokok yang lebih efektif, seperti dengan resep bupropion (Zyban) untuk membantu meringankan gejala kecanduan nikotin. Anda juga bisa mengikuti berbagai terapi berhenti merokok yang cukup efektif membantu Anda berhenti merokok.

3. Mulut kering

penyebab mulut kering

Mulut kering bisa menyebabkan lidah berubah warna jadi kuning. Coba atasi dengan memperbanyak minum air putih minimal delapan gelas per hari. Jika Anda termasuk orang aktivitasnya cukup padat, “porsi” air putihnya bisa diperbanyak. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol yang justru bikin haus sehingga mulut makin kering.

Anda juga bisa mengunyah permen karet tanpa gula untuk membantu merangsang produksi air liur dalam mulut. Gunakan humidifier untuk membantu melembapkan udara di kamar tidur jika Anda suka tidur mangap yang bisa bikin mulut kering di pagi hari.

4. Sindrom lidah berbulu hitam

mulut terasa logam

Lidah berbulu hitam adalah gangguan mulut sementara yang tidak menimbulkan rasa sakit, juga tidak berbahaya. Hal ini terjadi saat bintil lidah (papila) tumbuh membesar dan menjebak sel-sel kulit mati dan bakteri mulut. Ditambah lagi dengan campuran residu tembakau dan sisa-sisa makanan yang menumpuk pada bintil lidah dan memperparah keadaan.

Sebelum warna lidah tampak kehitaman, lidah Anda akan berubah warna menjadi kekuningan terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, rutinlah menyikat gigi minimal dua kali sehari dan kumur-kumur dengan air sesering mungkin. Yang terpenting lagi, hindari kebiasaan merokok yang dapat memperparah sindrom ini.

5. Lidah geografis

Sumber: Everyday Health

Cara mengatasi lidah kuning akibat lidah geografis dapat dilakukan dengan mengoleskan salep kortikosteroid yang diresepkan oleh dokter. Salep ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan sensasi tidak nyaman pada lidah.

Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran atau obat kumur untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Tanyakan kepada dokter atau apoteker mengenai jenis obat ini.

6. Sakit kuning

penyakit kuning

Sakit kuning (jaundice) menjadi salah satu penyebab lidah kuning yang perlu diwaspadai. Sakit kuning ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari hepatitis, anemia sel sabit, hingga gagal hati akut.

Jika masalah lidah kuning disebabkan oleh hepatitis, maka dokter akan memberikan obat-obatan tertentu untuk membantu mengendalikan bilirubin. Bilirubin adalah pigmen kuning yang diproduksi saat sel darah merah rusak, sehingga membuat seluruh tubuh penderitanya menjadi kuning.

Sementara itu, bila sakit kuning disebabkan oleh anemia sel sabit, maka Anda membutuhkan transfusi darah atau terapi khelasi zat besi. Yang terpenting, hindari mengonsumsi alkohol untuk menjaga kesehatan hati Anda dari kerusakan yang lebih parah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Causes a Yellow Tongue. https://www.healthline.com/health/yellow-tongue#treatment. Accessed 5/9/2018.

What You Should Know About Yellow Tongue. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320022.php. Accessed 5/9/2018.

Yellow Tongue. https://www.mayoclinic.org/symptoms/yellow-tongue/basics/when-to-see-doctor/sym-20050595. Accessed 5/9/2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri pada 21/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x