🔥 Diskusi Menarik

tumbuh tinggi

dok mau nanyq, klo lompat tinggi tidak menggunakan sepatu itu apakah justru menghambat pertumbuhan? karena jika lompat lalu mendarat terasa lebih menekan dan menahan, apakah hal tersebut antara menggunakan sepatu dan tidak menggunakan sepatu mempengaruhi pertumbuhan kita?

1
1.1m
2 komen

2 komentar

Halo michael, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Mengenakan sepatu saat melakukan aktivitas fisik membantu untuk mengurangi risiko cedera yang dapat terjadi pada tungkai bawah dengan mengurangi impact atau gaya tumbukan saat kaki menapak ke permukaan. Bagi beberapa kasus pada individu dengan lengkung kaki yang terlalu datar (low arch atau flat foot) atau terlalu tinggi (high arch) juga dapat membantu menstabilkan kaki yang juga berdampak positif untuk mengurangi risiko cedera. Pada usia anak hingga remaja (usia s.d. 18 tahun), aktivitas fisik yang baik untuk menunjang tumbuh kembang salah satunya untuk komponen kepadatan tulang adalah aktivitas fisik yang bersifat high impact, seperti berlari, melompat dan mendarat. Namun demikian perlu diingat bahwa kondisi kaki setiap anak hingga individu dewasa tidaklah sama, begitu pula dengan kekuatan ototnya. Melakukan aktivitas high impact tanpa sepatu yang sesuai dapat meningkatkan risiko cedera, misalnya seperti plantar fasciitis, Achilles bursitis, Achilles tendinitis, ankle sprain, dan cedera-cedera lainnya hingga dapat pula terjadi fraktur. Jika hal ini terjadi pada usia anak hingga remaja, tentu menjadikan adanya kemungkinan berdampak pada tumbuh kembangnya. Oleh karena itu penggunaan alas kaki atau sepatu yang sesuai tetap dianjurkan untuk aktivitas-aktivitas high impact.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Pertanyaan Anda mengenai pengaruh menggunakan sepatu atau tidak menggunakan sepatu terhadap pertumbuhan kita adalah pertanyaan yang menarik. Namun, perlu diketahui bahwa pertumbuhan tinggi seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik dan nutrisi yang baik. Penggunaan sepatu saat melompat tinggi tidak secara langsung mempengaruhi pertumbuhan tinggi seseorang. Namun, penting untuk memilih sepatu yang sesuai dan nyaman saat melakukan aktivitas fisik seperti melompat tinggi. Sepatu yang tidak sesuai atau tidak nyaman dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan cedera pada kaki, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi aktivitas fisik dan pertumbuhan. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan teknik dan postur tubuh saat melompat tinggi. Melakukan latihan dengan teknik yang benar dan postur tubuh yang baik dapat membantu mencegah cedera dan memaksimalkan potensi pertumbuhan. Jadi, sementara penggunaan sepatu yang sesuai dan nyaman penting untuk melindungi kaki dan mencegah cedera, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan sepatu atau tidak menggunakan sepatu secara langsung mempengaruhi pertumbuhan tinggi seseorang.
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Iklan
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan