🔥 Diskusi Menarik

Seputaran diet

Halok dok saya usia 28 tb 161 cm,bb awal saya 63 dok saya sudah 2 bulan menjalankan diet dan bb skrng 57. Saya rajin wo drmh kadang jalan kaki 30 mnt,skrg saya lagi jalani angkat beban drmh. Saya if dan defkal dok bdn saya sudah berbentuk hnaya saya mau mengecilkan lengan yg sdkt bergelambir da lemak diperut..

Terima kasih

3
1.1m
2 komen

2 komentar

Hai Sobat Sehat,

Terimakasih atas pertanyaannya.


Mengatasi area spesifik seperti lengan yang bergelambir dan lemak perut bisa membutuhkan pendekatan yang lebih fokus. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda:

Latihan untuk Mengencangkan Lengan

Angkat Beban: Fokus pada latihan yang melibatkan lengan, seperti:

  • Bicep Curls: Angkat dumbbell dari posisi lengan lurus hingga siku tertekuk.
  • Tricep Dips: Duduk di tepi kursi, letakkan tangan di samping, dan turunkan tubuh hingga siku tertekuk 90 derajat.
  • Shoulder Press: Angkat dumbbell dari bahu ke atas kepala.
  • Lateral Raises: Angkat dumbbell ke samping hingga sejajar dengan bahu.

Latihan Berat Badan: Push-up dan plank juga efektif untuk mengencangkan otot lengan.


Latihan untuk Mengurangi Lemak Perut

  1. Cardio: Tetap lakukan aktivitas kardio seperti jalan cepat, lari, atau bersepeda untuk membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan.
  2. Latihan Perut: Tambahkan latihan yang fokus pada otot perut, seperti:
  • Plank: Posisi plank membantu menguatkan seluruh core.
  • Bicycle Crunches: Gerakan ini melibatkan otot perut bagian atas dan bawah.
  • Leg Raises: Angkat kaki lurus ke atas saat berbaring untuk menguatkan otot perut bawah.


Pola Makan dan Nutrisi

  1. Intermittent Fasting (IF): Lanjutkan IF jika Anda merasa nyaman dan mendapatkan hasil yang baik.
  2. Kalori Defisit (Defkal): Pertahankan defisit kalori yang sehat. Jangan mengurangi kalori terlalu drastis, karena bisa memperlambat metabolisme.
  3. Protein: Pastikan Anda mengonsumsi cukup protein untuk membantu membangun dan memperbaiki otot. Sumber protein yang baik termasuk daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.
  4. Serat dan Air: Konsumsi makanan tinggi serat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian utuh, serta minum cukup air untuk membantu pencernaan dan mengontrol nafsu makan.

Tips Tambahan

  • Variasi Latihan: Rutinlah mengubah jenis dan intensitas latihan Anda untuk menghindari kebosanan dan memastikan semua kelompok otot bekerja.
  • Istirahat yang Cukup: Beri tubuh Anda waktu untuk beristirahat dan pulih dengan tidur yang cukup setiap malam.


Perubahan bentuk tubuh, terutama mengurangi lemak di area tertentu, membutuhkan waktu dan konsistensi. Tetaplah berkomitmen pada rutinitas Anda dan terus berusaha untuk mencapai tujuan kebugaran Anda.


Semoga membantu.

Salam, dr. Syifa.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas
1

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda sudah melakukan langkah-langkah yang baik dalam menjalani diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan. Untuk mengecilkan lengan yang sedikit bergelambir dan lemak di perut, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut: 1. Latihan kekuatan untuk lengan: Melakukan latihan angkat beban atau latihan kekuatan lainnya yang fokus pada otot lengan dapat membantu mengencangkan dan menguatkan otot lengan Anda. 2. Latihan kardio: Selain jalan kaki, Anda juga dapat mempertimbangkan latihan kardiovaskular seperti lari, bersepeda, atau berenang untuk membakar lemak secara efektif. 3. Diet seimbang: Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, dengan memperhatikan asupan protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serta serat. Hindari makanan tinggi gula dan lemak jenuh. 4. Minum air yang cukup: Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup setiap hari. 5. Konsultasikan dengan ahli gizi atau pelatih pribadi: Jika memungkinkan, konsultasikan dengan ahli gizi atau pelatih pribadi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Selalu ingat untuk menjaga keseimbangan antara diet sehat dan olahraga yang teratur. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau butuh bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya. Semoga berhasil dalam perjalanan penurunan berat badan Anda! Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan