🔥 Diskusi Menarik

Patah tulang

Dok saya mau tanya. Saya sudah mengalami patah tulang dn sudah sembuh tpi masih belum dianjurkan dokter untuk mengangkat beban berat.

Apakah keadaan saya bisa membaik seperti biasanya agar bisa mengangkat beban berat yg sering saya lakukan. Dan apakah ada larangan/pantangan baik minuman atau makanan ketika yg sudah pernah mengalami patah tulang?

0
1.1m
2 komen

2 komentar

Halo Wahidabdul, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Setelah diagnosis fraktur ditegakkan oleh dokter, dokter umumnya akan merekomendasikan penanganan baik secara operatif atau non operatif/konservatif sesuai dengan kondisi pasien. Rehabilitasi juga akan direkomendasikan untuk menjalani rehabilitasi agar kondisi fraktur dapat pulih secara optimal dan anggota tubuh yang terdampak tidak berkurang/hilang fungsi geraknya, termasuk untuk meminimalisir berkurangnya massa dan kekuatan otot. Masa pemulihan mencakup rehabilitasi umumnya berlangsung selama 6 bulan (tergantung dari kondisi fisik masing-masing pasien), dan setelah itu pasien dapat mulai melakukan terapi latihan (dengan supervisi tenaga medis) untuk mengembalikan massa dan kekuatan otot untuk return to exercise hingga return to sport. Apabila saat ini dokter belum menganjurkan Anda untuk mengangkat beban berat, Anda dapat meminta penjelasan dokter mengenai kondisi fisik terkini Anda, hal-hal yang menjadi concern dokter, struktur anatomi apa yang belum pulih optimal, hingga timeline rehabilitasi Anda selanjutnya hingga Anda dapat berlatih kembali. Secara umum juga tidak ada pantangan/larangan minuman/makanan tertentu bagi individu dengan riwayat fraktur. Asupan nutrisi gizi seimbang yang mencakup vitamin D, kalsium, dan protein sangat baik dikonsumsi selama masa pemulihan fraktur.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Setelah mengalami patah tulang dan sembuh, penting untuk mengikuti petunjuk dokter mengenai batasan berat yang boleh diangkat. Membaiknya kondisi Anda untuk bisa mengangkat beban berat tergantung pada proses penyembuhan tulang dan kekuatan otot Anda. Anda dapat memperbaiki kondisi tersebut dengan melakukan latihan fisik yang direkomendasikan oleh dokter atau fisioterapis Anda. Adapun larangan atau pantangan makanan/minuman setelah mengalami patah tulang tidak ada aturan khusus yang umumnya berlaku. Namun, penting untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan seimbang untuk mendukung proses penyembuhan dan kekuatan tulang Anda. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D untuk membantu memperkuat tulang Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau butuh informasi tambahan, jangan ragu untuk bertanya.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan