🔥 Diskusi Menarik

Olahraga

Saya sudah hampir 3 bulan melakukan olahraga. Dengan tujuan ingin turun berat badan. Tetapi sampai saat ini angka timbangan masih tetap sama. Bagaimana ya untuk hal ini.

0
1.1m
3 komen

3 komentar

Halo Ms SM, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Sebelum menjalani program penurunan berat badan, Anda dapat menghitung terlebih dahulu indeks massa tubuh (IMT) Anda. Jika IMT Anda termasuk dalam overweight hingga obesitas maka program dapat dijalani namun dengan berfokus pada penurunan massa lemak dan peningkatan massa otot. Untuk menilai massa lemak dan massa otot dapat dilakukan dengan pemeriksaan bioelectrical impedance analysis (BIA).


Selanjutnya lakukanlan latihan fisik sesuai rekomendasi, yaitu latihan fisik yang dilakukan pada intensitas sedang dengan durasi total 150-300 menit per minggu yang mencakup latihan kardio, penguatan otot, dan fleksibilitas. Untuk hasil yang lebih optimal, dapat dilakukan defisit kalori, yaitu mengkonsumsi asupan nutrisi dengan jumlah kalori -500 dari kebutuhan kalori harian/basal metabolic rate (BMR) Anda.


Selama menjalani program, lakukan pemeriksaan BIA secara berkala misalnya setiap 1x per bulan agar Anda tidak hanya terfokus pada tujuan penurunan berat badan namun tujuan sesungguhnya adalah penurunan massa lemak dan peningkatan massa otot. Apabila Anda sudah menjalani program latihan sesuai rekomendasi dikombinasi dengan defisit kalori namun tidak terjadi perubahan berat badan, sangat mungkin yang terjadi adalah penurunan massa lemak dan peningkatan massa otot sehingga tidak ada perubahan berat badan yang signifikan.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.


11 bulan yang lalu
Suka
Balas
2
@dr. Ratna Annisa Noor Fitria, MARS, Sp.KO

Otot2 yg manaa nih dokkk... hehehee...

11 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Jika Anda sudah melakukan olahraga selama hampir 3 bulan dan berat badan Anda tetap sama, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. 1. Intensitas dan jenis olahraga: Pastikan Anda melakukan olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Pilihlah jenis olahraga yang melibatkan banyak gerakan dan melibatkan banyak otot, seperti cardio, angkat beban, atau HIIT (High-Intensity Interval Training). 2. Durasi dan frekuensi olahraga: Periksa apakah Anda sudah meluangkan waktu yang cukup untuk berolahraga setiap minggunya. Idealnya, Anda perlu berolahraga selama 150-300 menit per minggu, tergantung pada tujuan dan kondisi fisik Anda. Jika Anda hanya berolahraga sesekali atau tidak secara teratur, mungkin itu tidak cukup untuk melihat perubahan berat badan. 3. Pola makan: Selain olahraga, penting juga untuk memperhatikan pola makan Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung nutrisi yang cukup, menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula, serta mengatur porsi makan dengan bijak. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dietisien untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik mengenai pola makan yang sesuai dengan tujuan Anda. 4. Faktor lain: Beberapa faktor lain seperti tingkat stres, kualitas tidur, dan kondisi kesehatan tertentu juga dapat mempengaruhi penurunan berat badan. Pastikan Anda menjaga keseimbangan hidup yang sehat secara keseluruhan. Jika setelah memperhatikan faktor-faktor di atas dan Anda masih tidak melihat perubahan berat badan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Mereka dapat melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap kondisi Anda dan memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi ini membantu! Jika Anda memiliki pertanyaan lain, jangan ragu untuk bertanya.
11 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan