🔥 Diskusi Menarik

Cedera belakang lutut

Hallo dok, saya mau nanya dong saya kan baru - baru ini sering berlari terus saya merasakan sakit di belakang lutut itu kenapa ya dok?

Untuk rasa sakit hanya dirasakan saat berjalan saja sedangkan jika sudah lari itu tidak sakit lagi, ohh iya ini juga dirasakan sesudah lari saja dok sakitnya.


0
1.1m
2 komen

2 komentar

Halo Anonim, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Terkait gejala sakit di belakang lutut yang Anda alami pasca latihan lari, beberapa hal yang perlu ditelusuri lebih lanjut antara lain: Sudah berapa lama gejala berlangsung? Apakah selain saat berjalan, gejala juga dirasakan saat aktivitas lain seperti naik/turun tangga? Apakah selain di belakang lutut, sakit juga dirasakan di area sekitar tulang lutut? Berapa kali per minggu jumlah hari latihan lari Anda dan berapa lama durasi latihan? Berapa rata-rata pace Anda saat berlari dan rata-rata jarak tempuh latihan lari Anda per minggu? Untuk mengetahui lebih jelas penyebab timbulnya gejala, sebaiknya Anda berkonsultasi dan dilakukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Lutut terdiri dari banyak struktur anatomi seperti tulang, tendon, otot, ligamen, bursa, meniscus, dan retinaculum. Dokter akan memeriksa ada/tidaknya permasalahan pada struktur anatomi area lutut Anda untuk menegakkan diagnosis dan menentukan penanganan yang dibutuhkan.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan gejala yang Anda alami, sakit di belakang lutut setelah berlari bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu kemungkinan adalah cedera pada tendon atau ligamen di daerah belakang lutut, seperti tendon hamstring atau ligamen popliteus. Sakit yang dirasakan saat berjalan namun tidak saat berlari mungkin disebabkan oleh perbedaan intensitas aktivitas dan tekanan yang diberikan pada lutut. Namun, untuk diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli fisioterapi. Mereka dapat melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga tes tambahan seperti rontgen atau MRI untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda. Jika Anda mengalami sakit yang berkepanjangan atau semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan hindari aktivitas yang dapat memperparah kondisi lutut Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan