🔥 Diskusi Menarik

Cara menurunkan betat badan

Hallo dok saya mau taya saya jarang banget olah raga dan makan teratur tapi suka ngemil bagaimna cara menurunkan berat badan dan pukul berapa sebaiknya berolahraga soalnya saya kerja jam 7 sampe jam sore

0
1.1m
2 komen

2 komentar

Halo Hartiningsih, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Apabila indeks massa tubuh (IMT) Anda dalam rentang overweight hingga obesitas, maka yang harus Anda fokuskan dalam mengurangi berat badan adalah mengurangi massa lemak. Hal ini akan lebih optimal dicapai dengan kombinasi latihan fisik dan asupan defisit kalori. Latihan fisik yang direkomendasikan adalah latihan fisik intensitas sedang dengan durasi total 150-300 menit per minggu yang terdiri dari latihan aerobik/kardio, penguatan otot, dan fleksibilitas. Untuk defisit kalori Anda dapat memulai dengan mengurangi 500 kalori dari kebutuhan asupan harian Anda.


Terkait dengan waktu olahraga atau latihan fisik, jika mengikuti circadian rhythm tubuh manusia, maka waktu yang dianjurkan untuk latihan adalah antara pukul 10 hingga pukul 18. Namun pada dasarnya waktu terbaik adalah waktu di mana kita dapat berkomitmen mengalokasikan waktu tersebut untuk berlatih secara konsisten. Sehingga baik pagi, siang, sore, ataupun malam tetap dapat dipilih sebagai waktu untuk latihan. Apabila Anda memutuskan untuk berlatih setelah bekerja, maka sesuaikan latihan Anda dan beri jarak yang cukup antara selesainya latihan dengan waktu tidur Anda.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.

2 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Untuk menurunkan berat badan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan: 1. Makan dengan pola yang sehat: Hindari makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan makanan olahan. Fokuslah pada makanan yang kaya serat, protein, dan nutrisi. Usahakan untuk makan dalam porsi yang seimbang dan atur jadwal makan yang teratur. 2. Kurangi ngemil: Jika Anda sering ngemil, coba kurangi atau ganti dengan camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yoghurt rendah lemak. Perhatikan juga ukuran porsi camilan Anda. 3. Olahraga secara teratur: Meskipun Anda memiliki jadwal kerja yang padat, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk berolahraga. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai dan lakukan minimal 150 menit per minggu. Anda dapat membagi waktu tersebut menjadi sesi olahraga yang lebih singkat, misalnya 30 menit setiap hari. 4. Tingkatkan aktivitas fisik sehari-hari: Selain berolahraga, usahakan untuk tetap aktif dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, naik tangga daripada menggunakan lift, berjalan kaki atau bersepeda jika memungkinkan, atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang melibatkan gerakan fisik. 5. Perhatikan pola tidur: Tidur yang cukup dan berkualitas juga penting dalam menjaga berat badan. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. 6. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi: Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam menurunkan berat badan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu diingat bahwa menurunkan berat badan secara sehat dan berkelanjutan membutuhkan waktu dan komitmen. Penting untuk mengadopsi gaya hidup yang sehat dan konsisten dalam jangka panjang.
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan