🔥 Diskusi Menarik

Cara Agar Otot Tidak Menyusut Setelah Latihan

Olahraga teratur dapat memperlebar pembuluh agar memperlancar aliran darah menuju sel-sel otot tersebut untuk merangsangnya lebih aktif bekerja. Sebagai hasilnya, massa otot akan terlihat lebih besar dan jelas. Bagaimana cara agar otot tidak menyusut setelah Latihan? Apakah perlu mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu? Terima kasih.

0
1.1m
2 komen

2 komentar

Halo Anonim, terima kasih atas pertanyaan Anda.


Agar otot yang telah dilatih tidak menyusut ukurannya dan tidak kehilangan kekuatannya maka yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tetap konsisten dan melakukan latihan penguatan otot secara rutin agar tidak terjadi deconditioning/detraining yaitu penurunan fungsi fisiologis akibat berhentinya latihan;
  2. Meningkatkan beban latihan secara progresif dan bertahap;
  3. Menjaga kecukupan asupan protein harian yang bisa didapat dari sumber protein hewani, nabati, atau dalam bentuk suplemen seperti whey protein; dan
  4. Menjaga kecukupan waktu istirahat untuk pemulihan antara waktu latihan.


Sekian dan semoga Anda sehat selalu.

1 tahun yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Untuk menjaga agar otot tidak menyusut setelah latihan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan: 1. Terus berolahraga secara teratur: Melakukan latihan secara teratur dapat membantu menjaga otot tetap aktif dan mencegah penurunan massa otot. 2. Konsumsi makanan yang kaya protein: Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki otot. Konsumsi makanan yang kaya protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan produk susu dapat membantu menjaga massa otot. 3. Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat: Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh. Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, dan kentang dapat membantu menjaga energi tubuh dan mencegah penurunan massa otot. 4. Minum air yang cukup: Air sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan otot. Pastikan untuk minum air yang cukup setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 5. Istirahat yang cukup: Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan otot setelah latihan. Pastikan untuk tidur yang cukup setiap malam dan memberikan waktu istirahat yang cukup untuk otot setelah latihan. Namun, perlu diingat bahwa penurunan massa otot setelah berhenti berolahraga adalah hal yang wajar dan alami. Oleh karena itu, penting untuk terus berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat untuk menjaga massa otot tetap optimal.
1 tahun yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan