home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Smegma, Bercak Putih di Vagina: Apakah Berbahaya?

Mengenal Smegma, Bercak Putih di Vagina: Apakah Berbahaya?

Anda mungkin terkejut ketika melihat ada noda bercak putih di vagina. Memang banyak yang mengira bahwa noda tersebut adalah jamur vagina, penyakit kelamin, atau cairan keputihan. Padahal, noda bercak putih di vagina yang Anda lihat adalah smegma. Smegma biasanya ditemui di penis laki-laki yang tidak disunat. Namun, memang tak menutup kemungkinan bahwa smegma juga muncul pada wanita. Yuk, pelajari seluk-beluk smegma dan cara membersihkannya berikut ini.

Ciri-ciri smegma di vagina

Smegma atau bercak putih di vagina biasanya memiliki tekstur yang mirip keju atau bubur. Jadi tidak terlalu encer layaknya cairan keputihan. Warna smegma di vagina berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang sangat putih, tetapi ada juga yang warnanya lebih gelap.

Pada wanita, biasanya smegma berkumpul di area bibir vagina (labia) dan area klitoris. Selain itu, smegma mungkin mengeluarkan bau tak sedap yang cukup mengganggu.

Kalau smegma muncul pada area klitoris, Anda mungkin merasa vagina jadi lengket seolah bibir vagina dan klitoris saling menempel. Kadang, hal ini bisa menimbulkan rasa sakit atau bahkan luka. Apalagi kalau bercak putihnya sudah agak mengering.

Mengapa bisa muncul bercak putih di vagina?

Jangan khawatir, smegma merupakan keluhan yang cukup sering ditemui pada wanita. Pada dasarnya, munculnya smegma tidak membahayakan kesehatan Anda.

Ini karena smegma sebenarnya adalah sisa-sisa dari pelumas alami vagina yang bercampur dengan keringat, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami yang diproduksi kulit).

Hal-hal tersebut bisa menumpuk jadi satu bila Anda tidak membersihkan vagina secara menyeluruh. Akibatnya, tumpukan tersebut akan menyatu dan membentuk smegma di vagina.

Akan tetapi, karena smegma cukup lembap, Anda jadi lebih rentan mengalami infeksi bakteri. Pasalnya, bakteri mudah berkembang biak di lingkungan yang lembap.

Maka, meskipun tidak begitu mengancam kesehatan, Anda perlu membersihkan vagina secara rutin dan mencegah penumpukan smegma.

douching vagina

Cara membersihkan bercak putih di vagina

Untuk membersihkan noda bercak putih di vagina, segera basuh dengan air hangat sampai bercaknya terbilas bersih. Namun, ingatlah untuk tidak membersihkan area vagina Anda dengan sabun apa pun.

Air hangat saja sudah cukup untuk membasuh bercak putih. Jika Anda pakai sabun kewanitaan atau sabun mandi, keseimbangan kadar bakteri baik di vagina akan terganggu. Akibatnya, bakteri jahat pun lebih mudah menyerang.

Bila rutin membasuh vagina dengan air hangat tidak mempan untuk membersihkan tumpukan smegma dan mengusir bau tidak sedap, segera hubungi dokter Anda.

Mencegah smegma muncul pada vagina Anda

Sementara itu, agar Anda bisa mencegah penumpukan noda bercak putih di vagina, pastikan Anda selalu membersihkan vagina dan rambut kemaluan Anda dengan air sampai benar-benar tuntas, terutama setelah berhubungan seks dan buang air kecil.

Setelah membersihkan vagina, jangan lupa keringkan area kewanitaan Anda. Selalu jaga agar area tersebut tetap kering, tidak lembap.

Tepukkan handuk lembut atau tisu pada vagina, jangan digosok keras-keras karena bisa menimbulkan luka atau infeksi.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What is smegma? http://www.news-medical.net/health/What-is-smegma.aspx Diakses pada 8 Juni 2017.

Everything You Should Know About Smegma. http://www.healthline.com/health/smegma#definition1 Diakses pada 8 Juni 2017.

Vaginal smegma? http://goaskalice.columbia.edu/answered-questions/vaginal-smegma Diakses pada 8 Juni 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 27/05/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x