home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Dinding Rahim Tipis, Saat Kadar Estrogen Terlalu Rendah

Apa itu dinding rahim tipis?|Gejala dinding rahim tipis|Penyebab dinding rahim tipis|Mendiagnosis dinding rahim tipis|Pengobatan dinding rahim tipis
Dinding Rahim Tipis, Saat Kadar Estrogen Terlalu Rendah

Kondisi dinding rahim tipis juga berkaitan dengan salah satu masalah kesehatan wanita. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi dinding rahim dapat memengaruhi kesuburan serta kesempatan terjadinya kehamilan.

Apa saja gejala, penyebab, serta pengobatan dinding rahim yang tipis? Berikut penjelasan lengkapnya yang harus wanita ketahui.

Apa itu dinding rahim tipis?

Endometrium adalah lapisan dalam rahim yang bisa mengalami perubahan sepanjang siklus menstruasi sebagai bentuk respons dari hormon.

Mengutip dari The American College of Obstetricians and Gynecologists, hormon estrogen berperan membuat lapisan rahim tumbuh dan menebal sebagai persiapan pembentukan rahim untuk kehamilan.

Jika kehamilan tidak terjadi, kadar estrogen dan progesteron pun menurun.

Penurunan kadar hormon ini yang menjadi penyebab menstruasi serta peluruhan lapisan dinding rahim.

Tak hanya penebalan dinding rahim, wanita juga bsia mengalami kondisi endometrium terlalu tipis.

Sebenarnya, belum ada kesepakatan yang jelas berapa ketebalan endometrium yang dinyatakan terlalu tipis ataupun terlalu tebal karena setiap dokter mempunyai pendapat berbeda.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui pula bahwa endometrium tergolong tipis apabila ketebalannya kurang dari 7 mm.

Kondisi ini juga bisa mengakibatkan masalah kesuburan serta penurunan kesempatan terjadinya kehamilan karena membuat sel telur sulit menempel dan tidak berkembang.

Gejala dinding rahim tipis

Dinding rahim tipis bisa bisa menjadi tanda atau gejala penurunan kesuburan secara umum sehingga mengurangi kemungkinan kehamilan.

Berikut adalah beberapa gejala menipisnya dinding rahim yang berkaitan dengan infertilitas, seperti:

Penyebab dinding rahim tipis

Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab endometrium tipis, seperti peradangan, pengobatan tertentu, hingga struktur dari lapisan rahim.

1. Endometritis

Peradangan seperti endometritis bisa menjadi penyebab menipisnya dinding rahim. Ini biasanya terjadi karena infeksi dari area vagina hingga leher rahim.

Apabila tidak melakukan perawatan, infeksi akut dan kronis bisa mengakibatkan kerusakan lapisan basal endometrium.

2. Gangguan hormon

Ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron dapat menjadi penyebab dinding rahim tipis.

Termasuk saat kadar hormon estrogen dalam tubuh terlalu rendah. Hal ini karena kedua jenis hormon terutama estrogen mengontrol pertumbuhan lapisan rahim.

3. Perawatan kesuburan

Pengujian cadangan ovarium adalah bagian dasar dari perawatan kesuburan. Hal ini pun menjadi tahapan yang cukup penting sebelum melakukan program hamil seperti IVF.

Namun, respons ovarium yang buruk setelah perawatan juga bsia menjadi penyebab endometrium tipis.

Selain tindakan pengujian cadangan ovarium ini, konsumsi obat kesuburan yang berulang kemungkinan bisa memberikan efek pada ketebalan dinding rahim.

Selain penyebab di atas, riwayat anoreksia serta penggunaan pil KB jangka panjang bisa menjadi penyebab endometrium menipis untuk sementara.

Mendiagnosis dinding rahim tipis

Berbeda dengan kondisi kesehatan yang gejala atau tandanya terlihat langsung, dokter perlu melakukan pemeriksaan serta tes untuk mendiagnosis dinding rahim tipis.

1. USG transvaginal

Kondisi endometrium tipis berkaitan dengan gangguan menstruasi hingga masalah kesuburan. Maka dari itu, kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan USG transvaginal.

Prosedur USG transvaginal berfungsi untuk mengukur ketebalan dinding rahim dengan menggunakan alat kecil pada bagian vagina yang bisa memperlihatkan gambar organ panggul.

2. Histeroskopi

Jika perlu melakukan diagnosis mendalam, dokter akan menggunakan histeroskop untuk melakukan pemeriksaan dan melihat ke dalam rahim.

Prosedur histeroskopi ini kemungkinan dapat melihat kelainan dalam rongga endometrium sekaligus mengambil biopsi.

Pengobatan dinding rahim tipis

Dokter akan melakukan pengobatan atau perawatan kondisi ini sesuai dengan penyebabnya, salah satunya yaitu terapi hormon.

Terapi hormon dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

Di samping itu, kemungkinan dokter juga akan melakukan terapi penggantian hormon.

Pada terapi penggantian hormon, dokter mengombinasikan estrogen dan progesteron guna menyeimbangkan kadar estrogen.

Setelah itu, dokter mungkin akan merekomendasikan perawatan atau pemberian suplemen yang dapat meningkatkan aliran darah.

Apakah wanita dengan dinding rahim tipis bisa hamil?

Berbeda dengan penebalan, kondisi dinding rahim tipis ini bisa mengakibatkan wanita menjadi lebih susah hamil.

Hal ini karena ada nilai ketebalan rahim tertentu yang membuat pembuahan berhasil.

Anda juga perlu berhati-hati karena walaupun kehamilan berhasil, kemungkinan berisiko mengalami komplikasi kehamilan.

Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda sehingga bisa merencanakan kehamilan dengan cara yang tepat.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Female infertility – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/female-infertility/diagnosis-treatment/drc-20354313

Endometrial Hyperplasia. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/endometrial-hyperplasia?utm_source=redirect&utm_medium=web&utm_campaign=otn

Mahajan, N., & Sharma, S. (2016). The endometrium in assisted reproductive technology: How thin is thin?. Journal Of Human Reproductive Sciences, 9(1), 3. doi: 10.4103/0974-1208.178632

Agarwal, M., Mettler, L., Jain, S., Meshram, S., Günther, V., & Alkatout, I. (2020). Management of a Thin Endometrium by Hysteroscopic Instillation of Platelet-Rich Plasma Into The Endomyometrial Junction: A Pilot Study. Journal Of Clinical Medicine, 9(9), 2795. doi: 10.3390/jcm9092795

Endometrial Hyperplasia: Causes, Symptoms & Treatment. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16569-atypical-endometrial-hyperplasia

Dilation and curettage (D&C) – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/dilation-and-curettage/about/pac-20384910

Hormonal Effects on the Uterus and Endometrium – Full Text View – ClinicalTrials.gov. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://clinicaltrials.gov/ct2/show/NCT00001454

Encyclopedia, M. (2021). Endometritis: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 31 May 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/001484.htm

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita