home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Kunci Penting Agar Anda Terbebas dari Nyeri Haid Setiap Bulan

4 Kunci Penting Agar Anda Terbebas dari Nyeri Haid Setiap Bulan

Beberapa hari menjelang haid, tubuh akan menaikkan produksi hormon prostaglandin yang membuat rahim terus berkontraksi dan menegang. Ini membuat munculnya nyeri haid alias PMS sering kali tidak dapat terhindari. Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dari jauh-jauh hari untuk mencegah nyeri haid datang semakin memburuk.

Beragam cara untuk mencegah nyeri haid setiap bulan

Cara paling mudah untuk mencegah nyeri haid semakin memburuk adalah dengan menempelkan kompres hangat di perut berulang kali dalam beberapa hari menjelang jadwal menstruasi Anda biasanya. Suhu hangat membantu melemaskan otot-otot perut dan rahim yang menegang.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai cara di bawah ini seperti yang direkomendasikan oleh banyak ginekolog dari seluruh dunia.

1. Hindari makanan asin, manis, dan kafein

Makanan asin dapat menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, dan perut kembung. Makanan tinggi gula dapat mengacaukan gula darah, sementara asupan kafein (kopi, teh, soda, dan cokelat) dapat memperparah mood swing dan sifat lekas marah. Semua hal ini ikut andil dalam memperparah gejala PMS dan nyeri haid Anda.

Maka, sebisa mungkin mulai kurangi atau bahkan hindari makan-makanan tersebut ketika jadwal haid Anda mendekat. Selain itu, biasakan makan teratur untuk menghindari gula darah naik turun terlalu cepat, kata Joanne Piscitelli, MD, asisten dosen fakultas kebidanan dan ginekologi klinis di Duke University di North Carolina, Amerika Serikat, dilansir dari Health.

2. Perbanyak asupan magnesium, zat besi, dan asam lemak omega 3

manfaat omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan magnesium dapat mengurangi peradangan penyebab nyeri haid. Sementara itu, asupan zat besi dapat membantu mencegah anemia yang sering datang menghampiri saat menstruasi.

Anda dapat memperolehnya dari salmon, sarden, teri, susu, gandum, pisang, jeruk, tahu, kacang kedelai, alpukat, dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, brokoli, dan sawi.

Selain dari makanan, Anda bisa minum suplemen. Namun, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter supaya lebih aman. Perbanyak juga minum air putih atau teh hangat untuk mencegah nyeri haid.

3. Olahraga ringan

olahraga sebelum buka puasa

Rutin olahraga sebelum dan saat menstruasi dapat mengendalikan nyeri PMS. Ini karena selama berolahraga, tubuh menghasilkan endorfin, senyawa kimia yang membantu meringankan rasa sakit dan menstabilkan mood. Olahraga aerobik, seperti jogging, sepeda, lari, dan jalan kaki adalah pilihan olahraga terbaik Anda untuk mencegah nyeri haid.

4. Minum obat pereda nyeri sebelum sakitnya muncul

obat ibuprofen

Bila Anda selama ini justru minum obat nyeri saat sakitnya sudah telanjur muncul, ubah kebiasaan tersebut jadi sebelumnya. Minum obat pereda nyeri seperti aspirin atau ibuprofen beberapa hari atau setidaknya 12 jam menjelang jadwal haid Anda, sebelum nyerinya benar-benar muncul.

Obat ini bekerja menghambat produksi prostaglandin untuk mengurangi keparahan kontraksi rahim membuat nyeri.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 Ways Gynecologists Deal With Period Cramps. https://www.self.com/story/how-gynecologists-deal-with-period-cramps. Diakses pada 15 Agustus 2018.

7 Reasons You Have Period Pain. https://www.everydayhealth.com/pictures/reasons-your-period-might-painful/. Diakses pada 15 Agustus 2018.

10 Magnesium-Rich Foods That Are Super Healthy. https://www.healthline.com/nutrition/10-foods-high-in-magnesium. Diakses pada 15 Agustus 2018.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 03/09/2018
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x