Akupunktur Ternyata Bermanfaat untuk 4 Kondisi Ini

    Akupunktur Ternyata Bermanfaat untuk 4 Kondisi Ini

    Akupunktur adalah pengobatan tradisional asal Tiongkok dengan menusukkan jarum yang sangat tipis ke titik-titik tertentu pada tubuh. Dikutip dari Mayo Clinic, akupunktur dikenal sebagai teknik untuk menyeimbangkan aliran energi yang dipercaya mengalir melalui jalur meridian di tubuh. Dengan memasukkan jarum ke titik-titik tertentu di sepanjang jalur meridian, para praktisi akupunkur percaya aliran energi Anda akan kembali seimbang. Di sisi lain, terapi akupunktur dipercaya dapat merangsang saraf, otot, dan juga jaringan ikat.

    Berbagai manfaat terapi akupunktur

    Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terapi akupunktur dapat meringankan gejala berbagai kondisi medis. Akunpunktur memang tidak bisa menggantikan kunjungan ke dokter dan pengobatan modern sepenuhnya. Namun, tak ada salahnya mencoba terapi yang satu ini di samping pengobatan dokter.

    Lebih jelasnya, berikut adalah manfaat-manfaat akupunktur bagi kesehatan.

    1. Meredakan rasa sakit

    penyebab lutut sakit

    Biasanya, akupunktur menjadi salah satu pengobatan yang paling dicari saat seseorang mengalami rasa sakit di beberapa bagian tubuh seperti punggung bawah, lutut, dan juga leher.

    Penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa akupunktur bekerja dengan baik untuk mengurangi rasa sakit akibat nyeri punggung dan leher, osteoarthritis, sakit kepala kronis, dan juga nyeri bahu.

    Pasalnya, terapi ini bekerja dengan menggunakan jalur yang sama seperti obat opioid (pereda nyeri berat) dengan merangsang endorfin alami tubuh tanpa menggunakan obat.

    2. Membantu atasi masalah kesuburan

    diabetes penyebab susah hamil

    Jeff Millison, ketua Acupuncture and Oriental Medicine Department di Maryland University, Amerika Serikat menyatakan bahwa akupunktur telah terbukti efektif mendorong kesuburan bagi wanita yang sedang menjalani program bayi tabung maupun mencoba hamil secara alami.

    Jeff Millison percaya bahwa ketidaksuburan dikaitkan dengan ketidakseimbangan yang terdapat di dalam tubuh. Jadi, ketika keseimbangan ini dikembalikan dengan merangsang titik-titik saraf tertentu di tubuh, masalah kesuburan pun dapat teratasi.

    3. Mengurangi efek samping kemoterapi dan radiasi

    efek samping kemoterapi

    Terapi akupunktur dapat membantu mengurangi efek samping dari kemoterapi dan juga terapi radiasi seperti mual, ruam, rasa sakit di bagian tubuh tertentu, hingga badan lemas. Nah, terapi yang satu ini membantu mendinginkan tubuh dan meringankan kelebihan panas serta peradangan sebagai akibat dari efek samping kedua pengobatan tersebut.

    4. Meningkatkan kualitas tidur

    tidur larut malam rusak kualitas sperma

    Jika Anda mengalami insomnia, maka tidak ada salahnya mencoba terapi yang satu ini. Pasalnya, dikutip dari Reader’s Digest, sebuah penelitian tahun 2013 menemukan bukti bahwa akupunktur bekerja lebih efektif dibandingkan dengan obat tidur yang diresepkan. Terapi ini bisa mengatasi gangguan tidur seperti sulit tidur, sering terbangun di tengah malam, atau bangun terlalu pagi.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Widya Citra Andini · Tanggal diperbarui 04/11/2020

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan