backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

10 Manfaat Bersepeda untuk Wanita Beserta Tips dan Persiapannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 23/01/2024

10 Manfaat Bersepeda untuk Wanita Beserta Tips dan Persiapannya

Saat ini, bersepeda menjadi jenis olahraga yang kian populer, termasuk pada wanita. Semakin banyak wanita yang memilih bersepeda agar lebih sehat. Namun, tahukah Anda jika manfaat bersepeda untuk wanita bukan sekadar tubuh yang sehat? Simak apa saja manfaat olahraga naik sepeda bagi wanita di bawah ini.

Manfaat bersepeda untuk wanita

Bersepeda memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan kebugaran yang dapat dirasakan oleh wanita. Berikut adalah beberapa manfaat bersepeda khusus untuk wanita.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Bersepeda merupakan latihan aerobik yang baik untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Ini termasuk manfaat bersepeda untuk wanita.

Oleh karena itu, bersepeda dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Menurunkan berat badan

Bersepeda adalah cara yang efektif untuk membakar kalori yang tersimpan di dalam tubuh.

Bahkan, kalori yang terbakar saat bersepeda dapat mencapai sekitar 400—750 kalori per jam, tergantung dari kecepatan dan tipe sepeda yang digunakan.

Hal ini dapat memberikan manfaat bersepeda untuk wanita yang sedang diet dalam usaha menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang ideal.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Aktivitas fisik seperti bersepeda dapat membantu mengatur hormon pada wanita, termasuk hormon stres dan hormon mood (suasana hati).

Bersepeda juga dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon bahagia yang dapat meningkatkan suasana hati serta mengurangi stres dan kecemasan.

Maka dari itu, manfaat bersepeda juga dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan mental wanita serta mencegah gangguan mental, seperti stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

4. Meningkatkan daya ingat 

Bukan hanya menjaga kesehatan mental, manfaat naik sepeda lainnya bagi wanita yaitu membantu meningkatkan daya ingat.

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic, diketahui bahwa seseorang bisa memiliki kemampuan daya ingat, penalaran, dan perencanaan setelah 30 menit bersepeda dibandingkan saat tidak melakukan aktivitas apa pun.

5. Meningkatkan kekuatan otot

Bersepeda melibatkan sebagian besar otot tubuh, terutama otot-otot kaki. Hal ini dapat membantu membangun kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan fisik.

Maka dari itu, bersepeda juga termasuk jenis olahraga yang baik untuk wanita yang ingin melatih dan membentuk tubuh bagian bawah.

Wanita harus lebih bergerak aktif

Disarankan bagi orang dewasa untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 150 menit setiap minggu dan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi selama 2 hari seminggu. Namun, laporan menunjukkan bahwa wanita lebih tidak aktif atau jarang bergerak dibandingkan dengan pria.

6. Menurunkan risiko kanker

Dilansir dari Better Health, beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat olahraga untuk menurunkan risiko kanker.

Salah satunya, manfaat bersepeda secara teratur diketahui dapat membantu untuk menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker payudara pada wanita.

7. Menjaga kesehatan reproduksi

Selain menjaga berat badan yang sehat, bersepeda dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan reproduksi, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Cukup bersepeda selama 30 menit setiap hari untuk mendapat manfaat dan menurunkan risiko PCOS pada wanita.

8. Mengurangi risiko osteoarthritis

Osteoarthritis termasuk salah satu penyakit pada wanita yang sering ditemukan setelah menopause.

Bersepeda diketahui menjadi jenis olahraga yang ideal untuk mencegah dan menurunkan risiko osteoarthritis.

Ini karena bersepeda dapat membakar 300 kalori per jam, yang tentunya bisa membantu menurunkan berat badan.

9. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Aktivitas fisik seperti bersepeda dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Penelitian besar yang dilakukan di Finlandia menunjukkan bahwa bersepeda selama 30 menit sehari bisa menurunkan hingga 40% risiko diabetes, termasuk pada wanita.

10. Meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh

Bersepeda merupakan bentuk latihan fisik yang melibatkan gerakan di seluruh tubuh.

Gerakan yang dilakukan tubuh selama bersepeda dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi pernapasan, dan memperbaiki kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Itu adalah beberapa manfaat olahraga naik sepeda secara rutin bagi wanita.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa sebelum mulai bersepeda, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu tekait keamanan kondisi Anda, khususnya jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Tips bersepeda untuk wanita agar aman

rekomendasi helm sepeda terbaik

Dari penjelasan di atas, dapat disimpilkan bahwa bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan dan memiliki manfaat yang banyak untuk masalah kesehatan wanita.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kegiatan bersepeda juga perlu dilakukan dengan aman.

Berikut adalah beberapa tips bersepeda khusus untuk wanita agar aman dan memperoleh manfaatnya.

1. Pilih sepeda yang sesuai

Pastikan sepeda yang Anda pilih sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Ukuran dan jenis sepeda yang tepat dapat membuat pengalaman Anda saat bersepeda menjadi lebih nyaman dan efisien.

Pastikan juga ketinggian sadel sepeda Anda diatur dengan benar. Ketinggian yang tepat dapat membantu menghindari cedera dan meningkatkan kenyamanan serta efisiensi saat bersepeda.

2. Pilih jalur yang aman dan sesuai kemampuan

Pilih rute atau jalur sepeda yang sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan Anda.

Hindari rute yang terlalu berat atau memiliki lalu lintas yang tinggi jika Anda baru mulai bersepeda. Hindari juga rute yang terlalu sepi atau tidak aman, terutama jika Anda bersepeda sendirian.

3. Lakukan perawatan sepeda rutin

Agar memperoleh manfaat olahraga bersepeda bagi wanita, pastikan sepeda Anda dalam kondisi aman dengan melakukan perawatan rutin.

Periksa ban, rem, rantai, dan komponen lainnya secara teratur agar bisa berfungsi dengan baik.

4. Pilih waktu yang tepat untuk bersepeda dan istirahat

Pilih waktu bersepeda yang sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa orang lebih suka bersepeda pada pagi hari, sedangkan yang lain lebih memilih sore atau malam hari.

Namun, jangan lupa memberikan waktu istirahat untuk tubuh Anda. Jika Anda merasa lelah atau kelelahan, berhenti sejenak dan istirahat.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan pengalaman bersepeda Anda lebih nyaman, aman, dan memberi manfaat untuk kesehatan Anda pada wanita.

Persiapan sebelum bersepeda untuk wanita

makanan setelah bersepeda

Sebelum bersepeda, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar pengalaman bersepeda Anda lebih aman, nyaman, menyenangkan, dan tentunya memberi manfaat untuk para wanita.

Berikut adalah beberapa langkah persiapan sebelum bersepeda untuk wanita.

  • Periksa sepeda. Pastikan sepeda dalam kondisi baik. Periksa ban, rem, rantai, dan komponen lainnya. Pastikan juga ketinggian sadel dan kemudi sesuai dengan kenyamanan Anda.
  • Kenakan pakaian yang tepat. Pilih pakaian bersepeda yang nyaman dan sesuai dengan cuaca, seperti jaket angin atau pakaian anti-UV jika diperlukan. Gunakan celana bersepeda dengan bantalan di area panggul agar lebih nyaman.
  • Gunakan perlengkapan keamanan. Pakai helm sepeda yang sesuai dan aman. Gunakan juga lampu sepeda dan reflektor, terutama jika Anda bersepeda pada malam hari.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan. Sebelum dan setelah bersepeda, lakukan pemanasan dan pendinginan untuk mengurangi risiko cedera otot dan meningkatkan fleksibilitas.
  • Bawa perlengkapan darurat. Bawa peralatan dasar seperti pompa angin, alat ganti ban, dan alat multitool. Jangan lupa juga ponsel atau perangkat komunikasi darurat. Jika Anda mengalami menstruasi, pastikan Anda membawa perlengkapan kebersihan wanita yang diperlukan, seperti pembalut.
  • Siapkan perbekalan. Bawa air minum untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama jika perjalanan Anda cukup jauh. Bila perlu, bawa camilan ringan atau minuman isotonik untuk menjaga energi selama perjalanan. 
  • Periksa kondisi fisik. Yang terpenting, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik sebelum bersepeda. Lakukan pemanasan ringan untuk mempersiapkan otot sebelum perjalanan. Bawa juga obat-obatan atau perlengkapan kesehatan tambahan sesuai kebutuhan pribadi.

Dengan melakukan persiapan ini, Anda bukan hanya mendapat manfaat olahraga naik sepeda bagi wanita, tapi perjalanan bersepeda Anda juga akan lebih aman dan nyaman.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 23/01/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan