home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Penyebab Telinga Berdenging Mendadak di Ruangan Sunyi

Penyebab Telinga Berdenging Mendadak di Ruangan Sunyi

Pernahkah Anda berada di ruangan sunyi dan tiba-tiba saja Anda merasa seperti mendengar suara denging? Padahal, tak ada apa pun di dalam ruangan itu yang menghasilkan bunyi. Ternyata, fenomena telinga berdenging di tempat sunyi ini bisa dijelaskan secara medis, lho. Apa penyebabnya? Apakah hal ini berbahaya? Temukan jawaban lengkapnya di bawah ini.

Apa penyebab telinga berdenging di tempat sunyi?

Tinnitus, atau telinga berdenging, adalah sensasi mendengar deringan atau denging di salah satu atau kedua telinga.

Dengingan mungkin selalu hadir terdengar atau timbul tenggelam, stabil atau berdenyut. Suara juga dapat bervariasi dalam tingkat kenyaringan.

Telinga berdenging adalah kondisi normal dan jarang menjadi suatu gejala dari kondisi serius yang mendasarinya. Sekitar 1 dari 3 orang yang mengeluhkan telinga berdenging tidak memiliki masalah yang jelas dengan telinga atau pendengaran mereka.

Dengingan dalam telinga tak selalu berasal dari telinga. Tubuh kita biasanya menghasilkan suara yang kita biasanya tidak perhatikan karena kita fokus mendengarkan suara dari luar.

Suara yang berasal dari dalam tubuh ini disebut dengan suara somatik. Apa pun yang menghalangi pendengaran normal dapat membawa suara somatik menjadi perhatian kita.

Misalnya, Anda mungkin mengalami kebisingan dalam kepala ketika tumpukan kotoran telinga menghambat telinga luar.

Dengingan dalam telinga seringnya akan memburuk ketika Anda berada di tempat sepi, misalnya di ruangan kosong atau di malam hari ketika Anda akan tidur.

Selain itu, tinnitus dapat memburuk pada beberapa orang jika mereka minum alkohol, merokok, minum minuman berkafein, atau makan makanan tertentu.

Untuk alasan yang belum sepenuhnya jelas, stres dan kelelahan tampaknya juga memperburuk dengingan dalam telinga.

Cara mengatasi telinga berdenging di tempat sunyi

Dalam banyak kasus, dengingan dalam telinga akan membaik dengan sendirinya secara bertahap.

Telinga memiliki mekanisme otomatis untuk memperbaiki masalah dan menyingkirkan dengingan tak menyenangkan ini.

Ada sebuah saraf dalam telinga yang bertugas untuk memberitahu saraf pendengaran dan/atau sel rambut untuk menghentikan ulahnya.

Dibutuhkan setidaknya 30 detik untuk mekanisme ini mulai melakukan perbaikan dan mengirim pesan yang diperlukan otak untuk menekan deringan. Setelah pesan saraf dikirim dan diterima, suara-suara fana akan memudar.

Anda dapat mengetahui bahwa reaksi ini telah terjadi karena sering disertai dengan sedikit penurunan kepekaan pendengaran (seperti suara latar belakang atau lingkungan sekitar kita dengar tiba-tiba jadi lebih tenang), diikuti oleh perasaan penuh di telinga.

Biasanya diperlukan waktu sekitar satu menit untuk proses ini sampai sepenuhnya selesai.

Jika penyebab tinnitus Anda dapat ditemukan, pengobatan yang khusus ditargetkan untuk kondisi tersebut dapat membantu memulihkan tinnitus Anda — misalnya, mengangkat tumpukan kotoran telinga.

Akan tetapi, seringnya tinnitus tetap berlanjut setelah kondisi yang mendasarinya telah diobati. Dalam kasus seperti ini, terapi lain — baik konvensional dan alternatif — seperti terapi suara, CBT, atau terapi pelatihan tinnitus (TRT) dapat memberikan solusi menenangkan baik dengan mengecilkan atau menutupi suara yang tidak diinginkan.

Anda juga dapat menggunakan tips-tips mandiri, seperti teknik relaksasi atau tindakan tidur sehat, untuk membantu mengelola keluhan Anda.

Saat ini tidak ada satu pengobatan pasti untuk telinga berdenging yang bekerja efektif merata untuk semua orang. Namun, penelitian demi menemukan pengobatan yang efektif terus dilakukan.

Kapan harus pergi ke dokter soal keluhan telinga berdenging?

Anda harus mengunjungi dokter jika Anda terus-menerus atau sering mendengar suara seperti berdengung, berdering, atau bersenandung di telinga Anda.

Dokter dapat memeriksa telinga Anda untuk melihat apakah masalah dengingan mungkin disebabkan oleh kondisi yang mudah diobati, seperti infeksi telinga atau penumpukan kotoran telinga.

Dokter juga dapat melakukan beberapa pemeriksaan sederhana untuk melihat apakah Anda memiliki gangguan pendengaran.

Telinga berdenging yang terjadi terus-menerus, stabil, dan bernada tinggi umumnya menunjukkan masalah dalam sistem pendengaran dan membutuhkan tes pendengaran oleh seorang audiolog.

Tinnitus berdenyut (deringan berjalan seirama dengan denyut jantung) membutuhkan evaluasi medis segerta, terutama jika kebisingan sering terjadi atau menetap.

Scan MRI atau CT mungkin diperlukan untuk memeriksa kemungkinan adanya tumor atau kelainan pembuluh darah.

Jika Anda sering terpapar suara keras di tempat kerja atau di rumah, penting untuk mengurangi risiko gangguan pendengaran (atau gangguan pendengaran lebih lanjut) dengan menggunakan pelindung seperti penutup telinga atau semacamnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tinnitus: Stopping the Sound in Your Head – University of Rochester Medical Center. (n.d.). Retrieved June 4, 2021, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=56&contentid=2177 

Why Are My Ears Ringing? – Rush University Medical Center. (2021). Retrieved June 4, 2021, from https://www.rush.edu/news/why-are-my-ears-ringing 

Tinnitus: Ringing in the ears and what to do about it  – Harvard Health Publishing. (2020). Retrieved June 4, 2021, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/tinnitus-ringing-in-the-ears-and-what-to-do-about-it 

Tinnitus – Harvard Health Publishing. (2019). Retrieved June 4, 2021, from https://www.health.harvard.edu/a_to_z/tinnitus-a-to-z 

Tinnitus – NHS. (2020). Retrieved June 4, 2021, from https://www.nhs.uk/conditions/tinnitus/

What causes tinnitus? – British Tinnitus Association. (2020). Retrieved June 4, 2021, from https://www.tinnitus.org.uk/faqs/what-causes-tinnitus

Tinnitus Steals the Sound of Silence – Cayuga Medical Center. (n.d.). Retrieved June 4, 2021, from https://www.cayugamed.org/article/tinnitus-steals-the-sound-of-silence/ 

If you can’t hear the sound of silence it may be tinnitus – Bonner General Health. (n.d.). Retrieved June 4, 2021, from https://bonnergeneral.org/cant-hear-sound-silence-may-tinnitus/

Foto Penulis
Ditulis oleh Ajeng Quamila pada 05/11/2016
x