home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Penyakit Meniere

Definisi|Tanda-tanda & gejala|Penyebab|Faktor-faktor risiko|Pengobatan|Pengobatan di rumah
Penyakit Meniere

Definisi

Apa itu penyakit Meniere?

Penyakit meniere atau Meniere’s disease adalah gangguan kronis yang terjadi pada bagian dalam telinga. Telinga bagian dalam bertanggung jawab untuk pendengaran dan keseimbangan. Penyakit ini dapat mengakibatkan vertigo.

Kondisi ini hanya dialami pada satu telinga. Beberapa orang mungkin mengalami dengungan di telinga, dan beberapa lainnya dapat mengalami kehilangan pendengaran total.

Penyakit ini dapat muncul pada usia berapa pun, tapi biasanya mulai terlihat pada usia dewasa. Pada kondisi kronis, beberapa perawatan dapat mengurangi gejala dan mengurangi efek jangka panjang pada kehidupan Anda.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Penyakit telinga ini adalah kondisi yang dapat menyerang siapa saja. Namun, penyakit ini paling banyak terjadi pada orang berusia 20 sampai 50 tahun. Anda dapat mencegah terjadinya penyakit Meniere dengan mengurangi faktor risiko. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-­tanda dan gejala penyakit Meniere?

Dikutip dari Mayo Clinic, gejala umum penyakit Meniere termasuk:

  • Episode vertigo berulang. Anda mengalami sensasi berputar yang dimulai dan berhenti secara spontan. Episode vertigo dapat terjadi tiba-tiba dan biasanya berlangsung 20 menit hingga beberapa jam, tetapi tidak lebih dari 24 jam. Vertigo parah dapat menyebabkan mual.
  • Kehilangan pendengaran. Penyakit Meniere adalah salah satu kondisi penyebab kehilangan pendengaran. Kondisi ini mungkin terasa datang dan pergi. Namun, kebanyakan orang mengalami kehilangan pendengaran secara permanen.
  • Telinga berdenging (tinnitus). Tinnitus adalah kondisi yang menggambarkan adanya getaran, suara bising, dan gangguan pada telinga Anda.
  • Telinga terasa penuh. Orang dengan penyakit Meniere kerap merasakan tekanan pada telinga.

Setelah melewati satu episode, tanda-tanda dan gejala mungkin akan membaik dan menghilang untuk sementara. Seiring dengan berjalannya waktu, banyaknya episode mungkin akan berkurang.

Kemungkinan ada tanda-­tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter atau pergi ke rumah sakit jika mengalami gejala berikut:

  • Gejala yang tidak seperti penyakit biasa (seperti demam atau sakit kepala)
  • Pusing tanpa sebab
  • Sering mengalami gangguan pendengaran sementara
  • Salah satu telinga berdengung
  • Vertigo mungkin menyebabkan demam
  • Hilang kesadaran.

Penyebab

Apa penyebab penyakit Meniere?

Meniere adalah kondisi penyakit yang penyebabnya tidak diketahui. Kondisi ini dapat terjadi ketika tekanan cairan di bagian dalam telinga terlalu tinggi.

Dikutip dari John Hopkins Medicine, penyakit Meneire merupakan akibat dari penumpukan endolimfa (cairan yang membungkus labirin bagian membran). Penumpukan cairan tersebut dapat mengganggu keseimbangan normal dan sonyal pendengaran antara telinga bagian dalam dan otak.

Dalam beberapa kasus, penyakit Meniere dapat berhubungan dengan beberapa kondisi di bawah ini:

Penyakit ini diduga disebabkan oleh gabungan beberapa faktor, mengingat kondisi ini memiliki penyebab yang tidak jelas.

Episode vertigo yang tidak dapat diperkirakan dan kehilangan pendengaran secara permanen mungkin terjadi pada orang dengan penyakit Meniere. Penyakit ini dapat pula mengganggu kehidupan Anda, menyebabkan kelelahan dan stres.

Sementara itu, vertigo dapat menyebabkan Anda kehilangan keseimbangan dan meningkatkan risiko Anda untuk jatuh dan mengalami kecelakaan.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk terkena penyakit Meniere?

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit Meniere adalah:

  • Keluarnya cairan telinga yang tidak biasa, dapat karena penyumbatan atau kelainan anatomi
  • Reaksi sistem kekebalan tubuh yang tidak normal
  • Alergi
  • Infeksi virus
  • Kecenderungan genetik
  • Trauma pada kepala
  • Migren

Tidak memiliki faktor risiko bukan berarti Anda tidak bisa menngalami penyakit ini. Faktor-faktor ini hanya untuk referensi saja. Anda harus konsultasi dengan dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk penyakit Meniere?

Dikutip dari situs layanan kesehatan masyarakat Britania Raya, NHS, tidak ada pengobatan untuk mengatasi penyakit Meniere, tapi obat-obatan dan pilihan perawatan di bawah ini dapat membantu meredakan vertigo dan muntah.

Obat

Terdapat dua obat-obatan yang direkomendasikan, yaitu:

Anda dapat mengonsumsi makanan rendah garam dan diuretik (pil air) untuk mengurangi jumlah cairan dalam tubuh Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengendalikan gejala.

Operasi

Anda mungkin memerlukan pembedahan telinga jika gejala yang muncul terlalu berat dan tidak merespon pengobatan lain.

  • Operasi pemotongan saraf vestibular dapat membantu mengontrol vertigo. Operasi ini tidak merusak pendengaran.
  • Pengangkatan bagian dalam telinga (labyrinthectomy) dapat membantu mengobati vertigo. Hal ini menyebabkan kehilangan pendengaran total.

Konseling

Penyakit ini umumnya menyebabkan stres. Tenaga kesehatan dapat membantu Anda menjalani hidup dengan penyakit Meniere. Anda mungkin akan ditawarkan:

  • Konseling, termasuk terapi perilaku kognitif
  • Terapi relaksasi, termasuk teknik berpanas dan yoga.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini?

Dokter akan membuat diagnosis dari riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa keseimbangan dan pendengaran Anda. Dokter mungkin juga akan memeriksa penyebab lain dari gejala yang Anda alami.

  • Tes pendengaran. Tes ini dilakukan untuk memeriksa apakah Anda mengalami kehilangan pendengaran atau tidak. Pada pemeriksaan ini, Anda akan diminta mengenakan headphone dan mendengar suara dari berbagai volume dan nada.
  • Tes keseimbangan. Tes keseimbangan dilakukan untuk menguji fungsi telinga bagian dalam Anda. Orang dengan penyakit Meniere akan memiliki respon keseimbangan yang berkurang di salah satu telinga mereka.
  • Tes lain. Masalah dengan otak, seperti multiple sclerosis (MS) atau tumor otak, dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit Meniere. Dokter mungkin akan meminta Anda menjalani MRI kepala atau CT scan untuk memeriksa masalah tersebut.

Pengobatan di rumah

Apa saja ­perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit Meniere?

Jika Anda mengidap penyakit Meniere, hindari lampu yang terang, TV, dan membaca selama terkena penyakit ini. Batasi konsumsi kafein dan alkohol karena zat tersebut dapat membuat gejala lebih buruk.

Selain itu, gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit Meniere adalah:

  • Istirahatlah dengan tenang di tempat tidur sampai pusing dan mual hilang
  • Lakukan langkah-langkah untuk merawat kesehatan telinga Anda
  • Jika bisa, lakukan olahraga secara teratur
  • Tanyakan kepada dokter Anda mengenai tindakan operasi sebagai pilihan pengobatan jika Anda memiliki gejala yang berkepanjangan
  • Jangan merokok

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Porter, R. S., Kaplan, J. L., & Homeier, B. P. (2009). The Merck manual home health handbook. Merck & Company.

Meniere’s disease – Symptoms and causes. (2020). Retrieved 24 April 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menieres-disease/symptoms-causes/syc-20374910

Ménière’s disease – NHS . (2017). Retrieved 24 April 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/menieres-disease/

Meniere Disease. (2020). Retrieved 2 November 2020, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/menieres-disease

What Is Ménière’s Disease? — Diagnosis and Treatment. (2015). Retrieved 2 November 2020, from https://www.nidcd.nih.gov/health/menieres-disease

Meniere’s disease. (2019). American Hearing Research Foundation. https://www.american-hearing.org/disease/menieres-disease/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 04/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x