home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Masih Tetap Hamil Meskipun Sudah Minum Pil KB?

Kenapa Masih Tetap Hamil Meskipun Sudah Minum Pil KB?

Pil kontrasepsi alias pil KB adalah alat kontrol kelahiran yang dapat dipercaya tanpa mengurangi ‘sensasi’ pada pasangan. Keuntungan lain dari kenyamanan ini adalah perempuan bisa tetap mendapatkan siklus menstruasi yang teratur dan bisa diprediksi. Tapi, kenapa ada orang yang masih bisa hamil meski sudah minum pil KB? Simak ulasannya.

Penyebab kenapa bisa hamil meskipun sudah minum pil KB

Jika Anda mengonsumsinya dengan dosis yang tepat, pil KB bisa hampir 99% efektif dalam mencegah kehamilan.

Namun, wanita yang sudah menggunakan pil tersebut terkadang pada akhirnya bisa hamil juga, dan ketika hal ini terjadi biasanya karena dosis pil tidak ditakar dengan benar, atau karena pil itu sendiri memang gagal bekerja.

Kontrasepsi menggunakan pil juga disebut kontrasepsi oral, tipenya adalah meminum pil yang mengandung hormon yang bisa mencegah ovarium perempuan mengeluarkan sel telur sehingga mencegah kehamilan. Berikut penyebab kenapa bisa hamil meskipun minum pil KB.

1. Tidak patuh

Pil KB sangat efektif bila penggunaannya tepat dan kedisiplinannya tinggi. Kehamilan setelah minum pil KB sering terjadi akibat ketidakpatuhan wanita yang menggunakan kontrasepsi ini untuk minum pil.

Pada beberapa kasus kehamilan, ibu hamil meminum pil KB tanpa aturan atau mengonsumsi pil pencegah kehamilan ini ‘sesukanya’. Siklus haid biasanya adalah waktu yang paling sering digunakan saat wanita minum pil KB secara sembarangan. Inilah penyebab utama kenapa bisa hamil meskipun minum pil KB.

Perempuan yang menggunakan kontrasepsi ini harus mengonsumsi pil tersebut setiap hari, bahkan pada waktu yang sama setiap harinya.

2. Interaksi dengan obat lain

Jika Anda meminum pil kontrasepsi dengan satu jenis obat lain atau lebih pada saat yang bersamaan, kedua jenis obat itu terkadang dapat saling berinteraksi dan mengubah cara kerja pil kontrasepsi. Beberapa jenis obat dapat mengubah kadar pil kontrasepsi yang dapat diserap tubuh Anda, yang justru, bisa membuat Anda rentan terhadap kehamilan.

Berikut obat yang dapat berinteraksi dengan pil KB Anda adalah:

  • Antibiotik tertentu. Selalu periksa dengan dokter Anda jika antibiotik yang mereka resepkan untuk Anda akan mempengaruhi efektivitas pil KB.
  • Obat herbal tertentu. Seperti tanaman St. John’s wort, yang biasanya dianjurkan dokter untuk anti depresi.
  • Obat anti-epilepsi tertentu yang digunakan untuk mengobati epilepsi, seperti carbamazepine.
  • ARV yang khusus digunakan untuk mengobati HIV, seperti ritonavir.

Jika dokter Anda meresepkan obat saat Anda sedang mengonsumsi pil KB, pastikan untuk memberi tahu dokter perihal tersebut. Jika Anda merasa sedang dalam pengobatan untuk kondisi medis tertentu, ini menjawab kenapa bisa hamil meskipun Anda sedang meminum pil KB.

3. Muntah dan diare

Ketika Anda mengonsumsi pil pencegah kehamilan, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menyerap kandungan obat ke dalam aliran darah Anda dan bekerja. Jika Anda mengalami muntah selama setengah jam setelah Anda minum pil, maka Anda akan memiliki peluang untuk menjadi hamil jika Anda berhubungan seks nantinya.

Hal yang sama berlaku jika seorang wanita menderita diare berat. Jika ini terjadi, bicaralah dengan dokter Anda, atau gunakan metode tambahan untuk pencegahan kehamilan, seperti kondom, selama sisa bulan tersebut.

Bagaimana jika Anda lupa minum pil KB satu hari?

Anda bisa hamil jika tidak mengonsumsi pil dengan benar. Termasuk, jika Anda melakukan hal-hal berikut ini.

  • Terlambat mengonsumsi pil KB dalam siklus haid Anda
  • Tidak minum pil dua kali berturut-turut atau bahkan lebih
  • Tidak minum pil dengan urutan yang benar
  • Terlambat setengah hari umtuk meminum pil pada dosis yang benar-benar rendah.

Hal-hal ini sangat mungkin menyebabkan kenapa bisa hamil meskipun Anda sedang minum pil KB. Jika Anda khawatir bahwa Anda mungkin memiliki risiko hamil, gunakan saja cara lain yaitu dengan memakai alat kontrasepsi seperti kondom hingga di bulan berikutnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Can you Get Pregnant on the Pill?.

http://www.healthline.com/health/birth-control/how-to-get-pregnant-while-on-the-pill#Intro1. Accessed 24/03/2017.

Birth Control Pill. http://kidshealth.org/en/teens/contraception-birth.html. Accessed 24/03/2017.

Five Reasons Women Get Pregnant While on the Pill.

http://www.foxnews.com/story/2008/06/16/five-reasons-women-get-pregnant-while-on-pill.html. Accessed 24/03/2017.

How Soon After Coming Off The Pill Can You Get Pregnant?. http://www.motherandbaby.co.uk/trying-for-a-baby/pregnancy-planning/help-to-get-pregnant/how-soon-after-coming-off-the-pill-can-you-get-pregnant. Accessed 24/03/2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari pada 03/04/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x