backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Cara Menyenangkan untuk Bisa Hidup Lebih Panjang Umur

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 23/06/2022

10 Cara Menyenangkan untuk Bisa Hidup Lebih Panjang Umur

Tidak ada satu orang pun yang tahu persis sampai berapa lama dirinya bisa hidup di dunia. Namun, Anda bisa melakukan banyak cara supaya panjang umur dan sehat selalu. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Ragam tips panjang umur yang seru dan menyenangkan

Kebanyakan orang berpikir faktor genetiklah yang menentukan apakah seseorang berumur panjang. Namun, ternyata faktor gaya hidup dan pola makan sehat yang berperan penting dalam hal ini.

Sebuah studi dari Johns Hopkins pada 6.200 partisipan pria dan wanita selama delapan tahun menemukan bahwa gaya hidup sehat mengurangi kemungkinan kematian dini hingga 80 persen.

Berikut ini beragam aktivitas yang seru dan menyenangkan untuk memperpanjang usia Anda.

1. Tidur yang cukup

pola tidur yang baik

Tidur jadi aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setelah seharian beraktivitas. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7–8 jam per malam untuk menjaga kesehatan.

Sayangnya, banyak orang justru kurang tidur. Padahal, waktu tidur cukup meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan stres sehingga Anda lebih berstamina keesokan harinya. 

Manfaat tidur cukup membantu supaya Anda panjang umur dan mencegah penuaan dini. Ini juga akan menjauhkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

2. Rutin berolahraga

Olahraga rutin membantu Anda berumur panjang dengan cara menyehatkan jantung dan paru, menjaga daya tahan tubuh, meredakan stres, dan menjauhkan dari risiko gangguan mental.

Jika Anda malas berolahraga sendirian, carilah aktivitas berkelompok yang menyenangkan, seperti futsal, tenis, bulu tangkis, atau olahraga boot camp.

Selain membuat tubuh lebih fit, interaksi sosial dengan orang lain selama olahraga juga bisa menjauhkan Anda dari stres.

3. Tidak merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh. Berbagai penelitian pun juga menunjukkan orang yang merokok lebih mungkin meninggal dunia lebih cepat.

Kebiasaan buruk ini juga meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, stroke, gangguan paru, hingga kanker.

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok dan minum alkohol. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan ragu konsultasi dengan dokter.

4. Konsumsi makanan pedas

manfaat makan pedas

Siapa yang menyangka bila salah satu tips panjang umur ialah dengan mengonsumsi makanan pedas. Manfaat makan pedas ini datang berkat kandungan capcaisin di dalamnya. 

Studi yang diterbitkan American Heart Association menemukan bahwa  orang yang suka makan cabai 26% lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dunia akibat penyakit jantung daripada orang yang tidak menyukainya.

Meski begitu, Anda tidak boleh makan secara berlebihan. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang malah bikin sulit tidur nyenyak pada malam hari.

5. Minum kopi dan teh

Banyak orang minum kopi sebelum beraktivitas agar tidak cepat ngantuk nantinya. Nah, tanpa disadari, secangkir kopi bisa bikin awet muda jika dikonsumsi  dengan benar.

Secara umum, rutin minum kopi dua sampai tiga cangkir per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan kematian karena beberapa penyakit kronis lainnya.

Meski begitu, batasi konsumsi kopi supaya tidak terlalu berlebihan. Jika tidak menyukai kopi, Anda juga bisa menggantinya dengan minum teh.

6. Habiskan waktu bersama orang tercinta

Manusia tidak bisa hidup tanpa sesamanya. Itulah kenapa interaksi sosial dan hubungan dekat dengan orang-orang tercinta bisa membuat Anda lebih panjang umur.

Dengan alasan yang sama, meluangkan waktu untuk berakhir pekan bersama keluarga, teman, maupun pasangan tentu bisa membantu Anda hidup lebih bahagia.

Cukup dengan curhat sambil menonton TV di sofa ruang keluarga, jalan-jalan di taman kota, atau sembari ngopi di kafe terdekat juga sama bermanfaatnya.

7. Main TTS, puzzle, atau sudoku

Apabila Anda punya banyak waktu luang, cobalah untuk bermain catur, menyusun puzzle, main sudoku, atau mengisi teka-teki silang (TTS) pada koran atau buku TTS. Berbagai permainan otak tersebut tentu membutuhkan kejelian tinggi.

Beberapa studi menyatakan bahwa permainan otak akan melatih Anda untuk terus berpikir, menganalisis, meningkatkan daya ingat, hingga mempertahankan kecerdasan emosional.

Karena itulah, berbagai kegiatan tersebut dinilai dapat mengurangi risiko pikun, demensia, hingga penyakit Alzheimer.

8. Banyak senyum dan tertawa

tertawa bikin panjang umur

Tersenyum merupakan salah satu cara paling mudah untuk panjang umur. Saat Anda tersenyum atau tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membantu memperbaiki mood.

Hormon endorfin juga membantu melancarkan aliran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh Anda.

Uniknya, manfaat ini tetap bisa Anda peroleh saat pura-pura tersenyum atau tertawa. Dengan memaksakan diri tersenyum, Anda telah “mengelabui” tubuh agar percaya bahwa semuanya baik-baik saja sehingga stres pun perlahan menghilang.

9. Sering berhubungan seks

Sebuah artikel dalam Indian Journal of Endocrinology and Metabolism (2011) menjelaskan bahwa seks membantu melepaskan oksitosin atau hormon bahagia dalam tubuh.

Hormon oksitosin bekerja dengan cara mengurangi stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri, hingga mengurangi risiko kanker prostat pada pria.

Seks juga menguatkan hubungan emosional Anda dan pasangan. Hal ini tentu juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan bisa membuat panjang umur.

Tentunya, Anda harus menerapkan prinsip seks yang aman agar terhindar dari risiko kehamilan yang tidak diinginkan maupun penularan penyakit kelamin berbahaya.

10. Pergi liburan

Pergi ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, melihat pemandangan yang menakjubkan, hingga menghirup udara segar bisa membantu mengurangi stres.

Menjadwalkan liburan secara rutin tak hanya bisa mengurangi stres, tetapi juga meningkatkan kebahagiaan jiwa dan raga Anda secara keseluruhan.

Orang yang tidak stres umumnya punya sistem imun yang lebih kuat. Jadi, sesibuk apa pun Anda, jangan lupa sempatkan waktu untuk mengambil cuti sejenak.

Panjang umur pada dasarnya tidak bisa Anda tentukan. Namun, kebiasaan hidup sehat bisa membawa Anda tetap aktif meski sudah memasuki usia senja.

Selain hal-hal di atas, jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) rutin guna mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin.

Dengan mengobati gangguan kesehatan sesegera mungkin, Anda bisa mencegah risiko komplikasi yang mungkin berujung pada kematian dini.

Kesimpulan

  • Faktor gaya hidup dan pola makan sehat sangat berperan dalam menjaga kesehatan sehingga membuat Anda berumur panjang.
  • Pemeriksaan kesehatan (medical check up) rutin juga membantu mendeteksi masalah kesehatan dan mencegah risiko komplikasi penyebab kematian.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 23/06/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan