home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bukan Hanya Usir Stres, Ini Manfaat Lain Liburan untuk Kesehatan

Bukan Hanya Usir Stres, Ini Manfaat Lain Liburan untuk Kesehatan

Setelah jenuh bekerja, Anda mungkin akan menyempatkan diri untuk berlibur. Entah itu pergi sendiri, bersama pasangan, sahabat, atau keluarga. Rasa lelah dan stres membuat Anda membutuhkan liburan untuk mengurangi stres. Tapi liburan juga memberikan manfaat untuk kesehatan secara umum. Apa saja manfaatnya, ya?

Manfaat liburan untuk kesehatan mental dan fisik

Berkutat dengan aktivitas yang sama setiap harinya dapat menimbulkan kejenuhan. Sejumlah aktivitas rutin seperti pekerjaan bisa menimbulkan stres dan kelelahan. Jika tidak diatasi, maka bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Itulah sebabnya, Anda perlu meluangkan waktu di sela kesibukan untuk berlibur.

Sebenarnya, dampak positif dari liburan tidak sebatas itu saja. Ada banyak hal positif lainnya yang bisa Anda dapatkan dari liburan, tapi Anda tidak mengetahuinya. Supaya lebih jelas, mari bahas manfaatnya satu per satu.

1. Mengurangi stres

bahagia senang senyum wanita sehat

Manfaat liburan ini tentu tidak asing bagi Anda. Sebagian besar orang yang menjalani liburan akan langsung merasakan manfaat ini. Ya, berhenti sejenak dari rutinitas dan pergi ke tempat yang disukai bisa memberikan otak Anda kelegaan dari stres.

Stres merupakan reaksi tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang pastinya akan Anda hadapi setiap hari. Anda membutuhkannya agar bisa memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Namun, kadar stres yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Jika stres terlalu tinggi, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dari berbagai jenis kegiatan yang dilakukan, bekerja adalah aktivitas yang paling sering menimbulkan stres. Ini wajar karena dalam seminggu, Anda menghabiskan setidaknya lima atau enam hari untuk bekerja.

Cara mengatasi stres yang paling ampuh adalah menghindari stressor (pemicu stres). Jika pemicunya adalah pekerjaan, tentu Anda perlu mengistrirahatkan diri sejenak dari aktivitas ini. Sebagai gantinya, Anda pergi berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan.

Selama liburan, Anda bisa terkoneksi lebih leluasa dengan orang-orang yang Anda sayangi. Selain itu, liburan juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk memanjakan diri sendiri, alias menciptakan waktu yang berkualitas untuk diri sendiri.

2. Meredakan rasa cemas

Di samping mengurangi stres, liburan dan rekreasi juga memberi manfaat bagi kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan.

Sama seperti halnya stres, kecemasan juga membuat Anda berpikir dua kali dalam mengambil suatu keputusan. Namun, kecemasan juga tidak boleh berlebihan karena bisa membuat hidup seseorang jadi tidak tenang.

Nah, saat menjalani liburan, Anda akan menjadi lebih santai dan perasaan akan lebih tenang. Tidak seperti hari-hari biasanya yang penuh kesibukan, yang membuat Anda kadang terburu-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu.

3. Meningkatkan produktivitas

tata ruang kantor

Selama liburan, Anda bisa menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas yang disukai. Mungkin pergi ke pantai menikmati pemandangan dan berjemur di bawah sinar matahari pagi, naik ke gunung untuk merelaksasikan diri, atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang bisa menambah pengetahuan.

Kesemua aktivitas tersebut membuat otak Anda melupakan sejenak pekerjaan maupun tugas-tugas lain yang melelahkan.

Otak yang awalnya kusut, bisa kembali jernih. Semangat pun akan meningkat. Paduan keduanya, bisa membuat Anda lebih bersemangat untuk bekerja kembali setelah pulang berlibur. Inilah yang membuat produktivitas mengalami peningkatan setelah liburan.

4. Menimbulkan rasa kepuasaan dalam hidup

Manfaat liburan yang mungkin tidak Anda sadari adalah terciptanya rasa puas dalam hidup.

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, memang Anda dituntut untuk melakukan pekerjaan. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus terus-terus berkutat dengan pekerjaan tanpa kenal lelah.

Meluangkan waktu untuk berlibur juga perlu Anda lakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan Anda. Belum lagi, manfaat lainnya yang akan dapatkan membuat Anda jadi lebih puas dalam menjalani hidup ini.

Selain itu, liburan juga bisa meningkatkan rasa syukur Anda karena diberi kesempatan untuk menikmati keindahan selama mengunjungi tempat-tempat yang istimewa.

5. Meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang

Apakah Anda termasuk pekerja yang kesehariannya menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop? Rutinitas ini tentu membuat Anda jadi kurang aktif bergerak.

Selain olahraga, meningkatkan aktivitas fisik juga bisa dilakukan dengan berlibur. Selama liburan, Anda perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk berjalan lebih banyak dari biasanya.

Jika Anda memilih liburan untuk mendaki gunung, ada banyak manfaat yang akan didapat, seperti membangun otot dan membuat tulang jadi lebih kuat, serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

cara menjaga kesehatan jantung

Manfaat mengejutkan dari liburan yang mungkin belum Anda ketahui adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi, jika dikaitkan dengan manfaatnya dalam mengurangi stres.

Perlu Anda ketahui bahwa stres berpengaruh pada kesehatan jantung. Berdasarkan situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut nadi, yang bisa menyebabkan aritmia atau memperburuk kondisi tersebut, dan membuatnya lebih sulit untuk dikelola.

Dengan mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan aktivitas fisik, risiko penyakit jantung dapat menurun. Ditambah dengan pola makan sehat yang tetap Anda terapkan selama berlibur, kesehatan jantung akan terkendali.

health-tool-icon

Kalkulator Detak Jantung

Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

Laki-laki

Wanita

Anda mengecek untuk ....

Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

60

7. Meningkatkan kualitas hubungan

Kesibukan bisa membuat Anda dengan pasangan, teman, atau keluarga menjadi berjarak.

Padahal menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka, bisa mempererat hubungan satu sama lain. Nah, Anda bisa memanfaatkan liburan untuk meningkatkan komunikasi dengan mereka.

Jika Anda lebih terkoneksi dengan orang-orang di sekitar, tentu Anda jadi merasa lebih baik.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Robinson, A. (n.d.). Four reasons to take a vacation. Retrieved December 15, 2021, from https://www.apadivisions.org/division-28/publications/newsletters/psychopharmacology/2017/07/vacation

(n.d.). Retrieved December 15, 2021, from https://www.nhs.uk/mental-health/self-help/guides-tools-and-activities/tips-to-reduce-stress/

The importance of taking vacation time to de-stress and recharge. (2020, February 03). Retrieved December 15, 2021, from https://www.bbrfoundation.org/blog/importance-taking-vacation-time-de-stress-and-recharge

Benefits of hiking. (n.d.). Retrieved December 15, 2021, from https://www.nps.gov/subjects/trails/benefits-of-hiking.htm

Robinson, A. (n.d.). Four reasons to take a vacation. Retrieved December 15, 2021, from https://www.apadivisions.org/division-28/publications/newsletters/psychopharmacology/2017/07/vacation

Need a break? A vacation really can be good for you – if it’s done right. (n.d.). Retrieved December 15, 2021, from https://www.heart.org/en/news/2019/05/22/need-a-break-a-vacation-really-can-be-good-for-you-if-its-done-right

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 23/12/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa