backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tak Hanya Usir Stres, Ini 7 Manfaat Liburan untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 08/11/2023

Tak Hanya Usir Stres, Ini 7 Manfaat Liburan untuk Kesehatan

Rasa lelah selama bekerja tentu membuat Anda membutuhkan liburan untuk mengurangi stres. Tidak hanya itu, liburan ternyata juga memberi manfaat untuk kesehatan secara umum.

Apa sajakah itu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Manfaat liburan untuk kesehatan mental dan fisik

liburan kanker kulit

Berkutat dengan aktivitas yang sama setiap harinya bisa menimbulkan kejenuhan. Hal ini juga dapat menimbulkan stres dan kelelahan bila tidak ditangani dengan baik.

Stres yang kian menumpuk juga dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Itu sebabnya, Anda perlu meluangkan waktu sendiri maupun bersama teman atau keluarga untuk berlibur.

Tanpa Anda sadari, liburan atau rekreasi mempunyai berbagai manfaat berikut untuk kesehatan mental dan fisik. 

1. Mengurangi stres

Bekerja adalah aktivitas yang paling sering menjadi pemicu stres. Hal ini wajar karena dalam seminggu, Anda menghabiskan setidaknya lima atau enam hari untuk melakukan aktivitas ini.

Liburan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres akibat pekerjaan. Dengan berlibur, Anda bisa mengistirahatkan diri sejenak dengan bepergian ke tempat-tempat yang menyenangkan.

Selama liburan, Anda juga dapat terkoneksi lebih leluasa dengan orang-orang yang Anda cintai. 

Di samping itu, liburan juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk memanjakan diri sendiri alias menciptakan waktu yang berkualitas untuk diri sendiri (me-time).

2. Meredakan rasa cemas

Refreshing ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental, yakni dengan mengurangi kecemasan.

Timbulnya rasa cemas sangat wajar, terutama saat Anda berhadapan dengan situasi sulit. Namun, kecemasan berlebih tentu bisa membuat hidup Anda terasa tidak tenang.

Nah, ketika menjalani liburan, Anda akan menjadi lebih santai dan perasaan Anda pun akan lebih tenang.

Hal ini tentu berbeda dengan hari-hari biasa yang penuh kesibukan dan membuat Anda selalu terburu-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu.

3. Meningkatkan produktivitas

Anda bisa menghabiskan waktu selama liburan dengan aktivitas yang Anda sukai, seperti pergi ke pantai, mendaki gunung, hingga berkunjung ke tempat-tempat bersejarah.

Nah, kesemua aktivitas yang Anda sukai tersebut dapat membuat otak melupakan sejenak pekerjaan maupun tugas-tugas pada hari biasa yang melelahkan.

Otak yang awalnya kusut dapat kembali jernih. Semangat pun akan meningkat selama liburan.

Paduan kedua hal ini dapat membuat Anda lebih semangat untuk bekerja setelah berlibur. Hal ini jugalah yang membuat produktivitas Anda meningkat setelah liburan.

4. Menimbulkan kepuasaan dalam hidup

Manfaat lain dari liburan yang mungkin tidak Anda sadari adalah terciptanya rasa puas dalam hidup.

Untuk memenuhi beragam kebutuhan, memang Anda dituntut untuk bekerja. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus terus-terusan berkutat dengan pekerjaan tanpa kenal lelah.

Meluangkan waktu untuk berlibur juga perlu dilakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup Anda.

Selain itu, liburan juga dapat meningkatkan rasa syukur karena Anda memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan selama mengunjungi tempat-tempat yang istimewa.

5. Meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang

makanan untuk mendaki gunung

Apakah Anda termasuk pekerja yang kesehariannya menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop? Rutinitas ini tentu membuat Anda jadi kurang aktif bergerak.

Liburan membantu meningkatkan aktivitas fisik. Ketika berlibur, Anda perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lain sehingga Anda akan berjalan kaki lebih banyak dari biasanya.

Apalagi jika Anda memilih liburan dengan mendaki gunung, hal ini juga membantu membangun otot dan tulang serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat mengejutkan dari liburan yang mungkin belum Anda ketahui adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini terkait dengan manfaatnya dalam mengurangi stres.

Stres yang berlebihan berdampak buruk pada kesehatan jantung. Dilansir dari situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah sehingga memperburuk penyakit jantung.

Dengan mengurangi stres, risiko penyakit jantung bisa menurun. Ditambah dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik selama liburan, kesehatan jantung pun kian terjaga.

7. Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang terdekat

Tanpa disadari, kesibukan selama hari kerja dapat membuat hubungan Anda dengan keluarga, pasangan, dan teman menjadi berjarak.

Nah, salah satu manfaat liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat ialah membantu Anda menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka.

Terhubung dengan orang-orang di sekitar berdampak positif bagi kesehatan mental dan bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Demikianlah berbagai manfaat liburan untuk kesehatan mental dan fisik. Untuk merasakan manfaatnya secara optimal, rencanakanlah liburan Anda sebaik mungkin.

Hindari berlibur saat cuaca buruk dan aturlah jadwal perjalanan agar tidak terlalu padat. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, siapkan obat-obatan yang diperlukan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 08/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan