backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Merk Balsem yang Bagus untuk Pegal dan Masuk Angin

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    8 Merk Balsem yang Bagus untuk Pegal dan Masuk Angin

    Badan pegal-pegal? Merasakan gejala masuk angin? Sebelum minum obat, balsem sering kali menjadi pilihan pertama untuk mengatasinya. Tak hanya memberikan efek menghangatkan, berbagai merk balsem memang diklaim dapat mengurang nyeri otot, hingga batuk dan pilek.

    Lantas, dari banyaknya merk balsem di Indonesia, manakah yang tepat untuk Anda? Berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba.

    Cara memilih merk balsem yang bagus

    Jika Anda mencari balsem yang bagus, memilah merk saja tidak cukup. Inilah beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan.

    1. Cek komposisi balsem

    Melansir dari laman Cleveland Clinic, komposisi utama balsem yang memberikan sensasi hangat adalah mentol atau methyl salicylate.

    Tidak cuma rasa hangat, mentol juga memberikan efek relaksasi sehingga pegal-pegal dan nyeri otot bisa teratasi meski hanya sementara.

    Selain mentol, beberapa merk balsem juga menawarkan bahan tambahan, seperti eukaliptus untuk melegakan saluran pernapasan.

    2. Baca manfaat yang ditawarkan

    mengobati nyeri otot dengan balsem panas

    Beberapa merk balsem tidak hanya menawarkan manfaat untuk meredakan pegal otot, tetapi juga melegakan pernapasan, mengatasi gatal, hingga mengobati gejala masuk angin.

    Selain itu, pastikan bahwa balsem yang Anda pilih sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan begitu, keamanan balsem secara umum sudah terjamin.

    Saat menggunakan balsem yang baru Anda beli, pastikan untuk mencobanya dahulu dalam jumlah kecil. Pasalnya, meski terbilang jarang, efek samping balsem bisa saja terjadi.

    8 rekomendasi merk balsem terbaik

    Berikut ini adalah beberapa merk balsem yang layak dipertimbangkan. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di e-commerce atau toko terdekat.

    1. Vicks Vaporub

    Dengan kandungan camphor, mentol, dan minyak eukaliptus, Vicks Vaporub tak hanya memberikan kehangatan pada otot yang pegal.

    Balsem ini juga dapat melegakan pernapasan karena hidung tersumbat sekaligus membantu meredakan batuk.

    Efek sejuk yang diberikan camphor juga dapat menenangkan saraf pada kulit sekaligus mengobati gigitan serangga.

    Anak-anak, ibu menyusui, dan ibu hamil boleh menggunakan balsem ini. Namun, jangan mengoleskan balsem pada area dada saat menyusui.

    Nomor izin edar BPOM: QL031700281

    2. Balsem Lang

    Pada kemasannya, tertulis bahwa Balsem Lang mampu memberikan efek aromaterapi dari minyak eukaliptus untuk melegakan pernapasan, mencegah mabuk perjalanan, serta meredakan pusing dan gejala masuk angin.

    Perpaduan bahan alami seperti mentol dan eukaliptus membuat setiap olesan balsem memberikan sensasi menghangatkan pada kulit.

    Sensasi hangat inilah yang akan meringankan pegal-pegal, nyeri sendi, hingga keseleo.

    Nomor izin edar BPOM: QD132711991

    3. Balsem Otot Geliga

    Sudah lama beredar di Indonesia, Balsem Otot Geliga masih dipercaya sebagai balsem terbaik untuk mengatasi nyeri otot dan sendi akibat terjatuh dan keseleo.

    Balsem otot Geliga juga dikenal sebagai salah satu balsem pemanasan atau warming-up balm bagi olahragawan.

    Selain mengandung methyl salicylate dan camphor, salah satu merk balsem terbaik ini juga mengandung minyak esensial berupa peppermint oil.

    Minyak esensial tersebut akan membantu meredakan sakit kepala hingga melegakan saluran pernapasan karena batuk atau pilek.

    Nomor izin edar BPOM: QD142712611

    4. Balsem Alfabio

    Diformulasikan dengan bahan-bahan alami, seperti cengkeh, jinten hitam, dan daun sereh, Balsem Alfabio dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi akibat benturan atau keseleo.

    Merk balsem asli Indonesia ini juga dapat mengatasi gatal-gatal karena gigitan serangga dan hidung tersumbat.

    Namun, jika ingin mengoleskannya pada kulit yang terluka, pastikan bekas luka sudah mengering. Selain itu, hindari pula penggunaan balsem untuk anak di bawah dua tahun.

    Nomor izin edar BPOM: QD151713331

    5. Tjing Tjau Balsem

    Rekomendasi balsem untuk mengatasi pegal-pegal sekaligus meredakan gejala masuk angin berikutnya adalah Tjin Tjau Balsem.

    Selain mengandung mentol yang bersifat analgesik (meredakan nyeri) dan champor yang bersifat antiradang, balsem merk ini juga diperkaya dengan peppermint oil sekaligus cassia oil.

    Peppermint oil akan membantu melegakan saluran pernapasan sekaligus saluran pencernaan.

    Sementara itu, minyak dari pohon Cassia mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus memelihara sirkulasi darah.

    Nomor izin edar BPOM: QD183716821

    6. Voltaren Balsem

    Diperkaya dengan minyak dari tanaman herbal, seperti eukaliptus dan terpentin, balsem dari Voltaren semakin ampuh meredakan nyeri otot dan sendi pada beberapa titik.

    Demi mendapatkan hasil maksimal, Anda disarankan untuk mengoleskan balsem ini sebanyak 3–4 kali sehari.

    Setelah menggunakan balsem, pastikan Anda langsung mencuci tangan supaya panas tidak menyebar ke bagian tubuh yang tidak diinginkan, seperti mata.

    Nomor izin edar BPOM: QI194709611

    7. Balsem Balpirik Extra Kuat (Merah)

    Dibandingkan varian balsem Balpirik lainnya, balsem dengan kemasan berwarna merah-putih ini diklaim sebagai varian yang memberikan efek paling kuat.

    Dengan begitu, balsem ini cocok untuk Anda yang menyukai sensasi panas pada kulit, tetapi sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif.

    Setelah dioleskan pada kulit, Balpirik merah akan memberikan efek relaksasi otot sehingga meredakan pegal-pegal.

    Selain itu, balsem merk ini juga diklaim mampu mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.

    Nomor izin edar BPOM: QD072707081

    8. Balsem Tolak Angin

    Tak hanya menjadi merk obat herbal cair untuk meringankan gejala masuk angin, Tolak Angin ternyata juga memiliki produk balsem yang bagus.

    Terbuat dari campuran mentol, camphor, peppermint oil, clove oil, dan eucalyptus oil, Balsem Tolak Angin akan membantu meredakan gejala masuk angin sekaligus keseleo.

    Balsem dengan kemasan berwarna kuning ini juga dikenal mampu meredakan gatal karena gigitan serangga.

    Anda bisa menggosokkan Balsem Tolak Angin ke tengkuk, leher, dada, punggung, atau bagian tubuh lain yang nyeri.

    Nomor izin edar BPOM: QD202717741

    Itulah beberapa rekomendasi merk balsem yang bagus versi kami. Dari berbagai merk di atas, sudahkah Anda menemukan yang paling pas dengan kebutuhan Anda?

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan