Manfaat Balsem untuk Bayi, Bantu Atasi Berbagai Masalah Secara Alami!

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

    DISPONSORI OLEH:

    Manfaat Balsem untuk Bayi, Bantu Atasi Berbagai Masalah Secara Alami!

    Bayi, balita, dan anak-anak pada umumnya mengalami kondisi pilek dengan rentang 7-8 kali dalam setahun. Pilek merupakan salah satu gejala flu yang kerap mengganggu aktivitas harian anak.

    Namun, sebenarnya orang tua tidak perlu panik, sebab ada cara alami untuk mengatasinya. Balsem bayi adalah salah satunya. Jadi, apa saja manfaat balsem untuk bayi? Simak penjelasannya berikut ini!

    Apa itu balsem bayi?

    Balsem merupakan salah satu perawatan tradisional yang sudah dipercaya para orang tua secara turun-temurun, khususnya di wilayah Asia.

    Balsem untuk bayi atau anak biasanya telah diformulasi khusus dengan bahan-bahan alami demi menghindari alergi atau reaksi lainnya yang bisa membahayakan.

    Bahan-bahan utama balsem bayi

    Komposisi adalah hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum memberikan balsem pada bayi.

    Sebab, pada dasarnya, setiap bayi memiliki tipe kulit dan tingkat sensitivitas atau toleransi yang berbeda terhadap setiap kandungan tertentu.

    Eucalyptol

    Eucalyptol (1,8-cineole) kerap digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat untuk pilek dan bronkitis.

    Penelitian terbitan Journal of Essential Oil Research menunjukkan, penggunaan eucalyptol secara rasional dapat meningkatkan fungsi kekebalan saluran pernapasan dan kekebalan tubuh.

    Eucalyptol juga telah diteliti dalam banyak studi dan terbukti mampu mengatasi masalah pernapasan karena di dalamnya terdapat kandungan zat anti-inflamasi.

    Sensasi hangat pada eucalyptol juga mampu membuat tidur lebih nyenyak dan membantu meredakan hidung tersumbat.

    Ekstrak chamomile

    Sebuah studi pada 2010 oleh Srivastava, et al., menyebutkan bahwa menghirup uap dengan ekstrak chamomile dapat membantu meringankan gejala flu.

    Ekstrak chamomile juga bermanfaat untuk menenangkan kecemasan serta meningkatkan kualitas tidur.

    Tak hanya itu, chamomile juga manjur untuk meredakan gejala kolik pada anak-anak dan bayi yang sering membuat orangtua khawatir.

    Manfaat balsem bayi

    Balsem bayi untuk flu dan batuk kerap dipilih oleh orang tua untuk mengatasi gejala yang muncul.

    Namun, menurut penelitian pada 2010 oleh Beiler, et al., bayi usia lebih dari 3 bulan sudah bisa memakai minyak esensial yang bermanfaat untuk keseharian si kecil, berikut penjelasannya.

    Membuat tidur lebih nyenyak

    Saat tubuh bayi merasa rileks, maka kualitas tidurnya akan lebih nyenyak. Beberapa hal yang dapat membantu bayi merasa rileks di antaranya adalah:

    • menepuk-nepuk punggung atau pantatnya agar merasa tenang,
    • memainkan musik klasik dengan lampu redup, dan
    • memberikan pijatan lembut dengan balsem bayi.

    Mengatasi rewel

    Kurang tidur dan berada dalam keadaan lapar merupakan dua alasan yang bisa membuat bayi menjadi rewel. Bayi yang belum bisa lancar berbicara akan mengekspresikan apa yang dirasakan lewat tangisan.

    Selain itu, bayi juga kerap rewel ketika mengalami flu, demam, atau sembelit. Hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Nah, salah satu manfaat balsem bayi adalah dapat menenangkan bayi yang rewel.

    Meredakan gejala kolik

    Kolik adalah sebutan untuk tangisan yang berlebihan pada bayi. Gejalanya berupa wajah yang menjadi merah dan mengepalkan tangan ketika menangis.

    Untuk mengatasi kondisi ini, atasi dengan menggendongnya, memandikannya dengan air hangat, atau memberikan pijatan lembut di bagian perut menggunakan balsem bayi.

    Gejala flu pada anak berusia 2 hingga 11 tahun seperti hidung tersumbat dan sulit tidur diketahui juga dapat mereda setelah dioleskan balsem.

    Penggunaan balsem bayi untuk flu

    Dengan berbagai manfaat dan bahan alami yang terkandung di dalamnya, balsem bayi dapat menjadi solusi untuk mengatasi gejala flu pada anak sekaligus menjaga kehangatan tubuhnya.

    Kini, orang tua tak perlu khawatir lagi karena #SelaluAdaTranspulmin untuk mengatasi permasalahan bayi.

    Balsem Transpulmin mengandung eucalyptus oil and ekstrak chamomile, telah terpercaya lebih dari 30 tahun oleh ibu dan direkomendasikan para ahli.

    Buat si Kecil merasa nyaman dan bebas dari gangguan pernapasan serta redakan gejala flu yang mengganggu.

    Transpulmin disarankan untuk digunakan setiap hari sebagai pencegahan gejala flu bagi anak-anak.

    Itulah manfaat balsem anak yang bisa bantu orang tua untuk mengatasi gejala flu yang mengganggu. Sebelum memilih produk balsem, pastikan untuk memperhatikan terlebih dahulu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, ya!

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Adelia Dwitasari · Tanggal diperbarui 24/06/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan