backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Penyebab Mata Kucing Belekan Beserta Pengobatan yang Tepat

Ditinjau secara medis oleh drh. Hevin Vinandra Louqen · Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 21/11/2023

Penyebab Mata Kucing Belekan Beserta Pengobatan yang Tepat

Mata kucing belekan normal terjadi sesekali. Hal ini menandakan mata anabul bekerja dengan baik untuk mengeluarkan kotoran. Namun, bila kondisi ini terjadi terus-menerus, bisa jadi tanda masalah kesehatan. Ketahui penyebab dan cara pengobatannya berikut ini.

Penyebab mata kucing belekan

Dikutip dari Cats, penyebab umum mata kucing belekan adalah konjungtivitis atau radang selaput mata.

Namun, beberapa kondisi dan penyakit pada kucing di bawah ini bisa menjadi penyebab kenapa mata kucing belekan.

  • Keratitis. Keratitis merupakan radang kornea mata, biasanya disebabkan karena infeksi virus atau bakteri. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan.
  • Blefaritis. Blefaritis atau radang kelopak mata kucing umumnya disebabkan karena kelopak mata kucing menghadap ke dalam mata atau entropion. Beberapa jenis ras kucing bermuka datar, seperti kucing Persia dan kucing Himalaya, umum mengalami kondisi ini.
  • Ulkus korea. Kondisi ini terjadi karena adanya luka pada permukaan mata kucing yang bening. Ciri-ciri kucing sakit ulkus kornea yaitu keluarnya cairan pada mata bahkan cairan pekat sehingga timbul belek di matanya.
  • Alergi. Kucing juga dapat mengalami alergi yang disebabkan oleh serbuk sari, debu, polusi, atau parfum. Biasanya kucing alergi mengalami mata merah, keluar air mata, hingga belekan.

Pengobatan mata kucing belekan

Obat mata kucing belekan diberikan berdasarkan penyebabnya. Untuk mendapatkan obat ini, Anda harus menemui dokter hewan terlebih dulu.

Kemudian, dokter mungkin akan memberikan obat di bawah ini untuk mengatasi keluhan sakit pada mata kucing.

1. Doksisiklin

Doksisiklin salah satu obat mata kucing belekan jika disebabkan oleh infeksi bakteri. Untuk mengatasi konjungtivitis, dokter akan meresepkan sediaan doksisiklin dalam bentuk tetes mata.

Jika sakit mata pada kucing cukup parah, obat ini akan diberikan secara oral atau suntikan. Obat mata ini aman digunakan baik pada manusia maupun hewan. 

2. Terramycin

Cara mengatasi kucing belekan selanjutnya yaitu diberikan salep mata terramycin, tentunya yang diresepkan oleh dokter.

Untuk mengoleskannya pada kucing, cuci tangan Anda sebelum memberikan obat ini pada anabul. Untuk menghindari kontaminasi, jangan menyentuh ujung aplikator dengan jari Anda, mata hewan peliharaan Anda, atau benda lainnya. 

3. Kloramfenikol

Obat mata kucing belekan selanjutnya yaitu kloramfenikol. Dokter hewan biasanya memberikan obat ini sebagai pilihan terakhir jika obat-obatan lain tidak menunjukkan keringanan gejala.

Meski efektif meredakan mata belekan, obat ini dapat menyebabkan efek samping berupa diare, muntah, sakit perut, dan tidak nafsu makan.

4. Gentamicin

kucing sakit mata

Gentamicin juga merupakan pilihan pengobatan untuk mata kucing belekan. Obat ini tersedia dalam bentuk salep, tetes mata, tablet, dan tetes telinga.

Namun, gentamicin tidak boleh digunakan jika kucing kesayangan Anda memiliki penyakit hati atau ginjal.

Oleh karena itu, sebaiknya ceritakan riwayat kesehatan anabul saat Anda berkonsultasi dengan dokter.

5. Azitromisin

Azitromisin juga bisa menjadi pilihan obat sakit mata pada kucing. Karena obat ini termasuk antibiotik, sebaiknya Anda mengikuti petunjuk sesuai dengan arahan dokter hewan.

Obat ini umumnya diberikan satu hari sekali, tetapi dokter mungkin akan memberikan lebih tergantung pada jenis infeksi yang dialami anabul.

6.  Levofloxacin

Obat mata kucing selanjutnya yaitu levofloksasin. Obat ini tersedia dalam sediaan salep, suntikan, dan obat minum, seperti tablet dan sirup. 

Levofloxacin umum diberikan pada kucing yang mengalami konjungtivitis atau ulkus kornea untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan.

Selalu ikuti petunjuk dokter untuk memberikan obat ini pada kucing dan jangan sampai dosisnya terlewat.

7. Idroxuridin

Idroxuridin adalah obat mata kucing belekan jika disebabkan oleh virus pada mata, seperti feline herpesvirus.

Obat ini tersedia dalam bentuk tetes mata atau salep. Dokter hewan biasanya akan memberikan petunjuk mengenai jumlahnya sesuai keparahan infeksi.

Jaga kebersihan ujung aplikator dan hindari menyentuh ujungnya ke mata kucing. Selain itu, kenakan sarung tangan sekali pakai saat atau cuci tangan terlebih dulu sebelum memberikan obat ini pada kucing. 

8. Carmellose

Carmellose merupakan obat tetes mata buatan untuk membersihkan berbagai benda asing pada mata kucing.

Anda dapat memberikan obat tetes mata ini jika mata anabul belekan karena terkena debu, polusi, parfum, atau alergi serbuk sari.

Obat ini bisa didapatkan di apotek tanpa resep dokter. Berikan anabul tetes mata ini 3 – 5 kali sehari sebanyak 1 atau 2 tetes sehari sampai mata belekan hilang.

Tips aman pengobatan kucing

Untuk mengetahui dosis dan aturan pakai, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dulu. Jangan menambah dan mengurangi dosis karena bisa meningkatkan risiko efek samping pada kucing.

Selama pengobatan, kucing akan sering menggaruk area matanya. Setelah diberi obat, sebaiknya gunakan collar cone pada kucing agar obat bekerja maksimal dan tidak dijilat atau digaruk anabul.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

drh. Hevin Vinandra Louqen

Kesehatan · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 21/11/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan