home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengulas Dactylitis, Penyakit yang Membuat Bentuk Jari Tangan Mirip Sosis

Mengulas Dactylitis, Penyakit yang Membuat Bentuk Jari Tangan Mirip Sosis

Pernah melihat parodi jari terpotong yang ternyata adalah sosis? Bukan hanya rekayasa, ternyata ada kondisi yang membuat jari tangan seseorang terlihat mirip dengan sosis. Jari tangan membengkak mirip sosis ini disebut juga dengan dactylitis atau jari sosis. Penasaran dengan penyakit ini? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa jari tangan membengkak seperti sosis?

Jari tangan Anda bisa membengkak karena gigitan serangga. Namun, bengkak akibat gigitan serangga berbeda dengan dactylitis. Dactylitis menyebabkan pembengkakan pada seluruh jari tangan dan jari kaki hingga seukuran sosis.

Dactylitis terjadi akibat adanya infeksi, peradangan, atau gangguan autoimun. Selain pembengkakan, gejala dactylitis umumnya menimbulkan rasa nyeri, hangat ketika di sentuh, dan kesulitan untuk menggerakkan jari.

Berbagai penyebab dactylitis dan gejala yang menyertai

Jari sosis bukan penyakit, melainkan kondisi yang timbul akibat adanya masalah medis tertentu, di antaranya:

Anemia sel sabit

Anemia sel sabit terjadi akibat adanya perubahan pada hemoglobin sehingga bentuk sel darah merah menjadi bentuk sabit atau melengkung.

Perubahan hemoglobin tersebut menyebabkan kemampuan tubuh untuk mendapatkan oksigen yang cukup akan terganggu. Akibatnya, jaringan tubuh akan kekurangan oksigen dan menimbulkan rasa sakit yang parah.

Nah, pada orang dengan anemia sel sabit, gejala pertama yang muncul adalah dactylitis. Gejala lain yang meliputinya adalah demam, nyeri, dan jumlah sel darah putih meningkat.

Tuberkulosis (TBC)

Meskipun jarang, dactylitis merupakan komplikasi dari TBC. Selain menyerang paru, peradangan TBC dapat menyebar ke area tulang tangan kaki, menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan perubahan bentuk jari tangan atau kaki. Pada kebanyakan kasus, dactylitis akibat TBC hanya menyerang satu sisi tubuh.

Sarkoidosis

Sarkoidosis adalah peradangan pada sel tubuh yang bisa menyerang jantung, hati, ginjal, paru, dan organ vital lainnya. Meski jarang, sarkoidosis dapat memengaruhi tulang dan otot sehingga menyebabkan jari tangan membengkak disertai rasa nyeri parah.

Sifilis

Ibu hamil yang memiliki sifilis bisa menularkan penyakit ini pada anaknya. Bayi yang lahir dengan kondisi ini bisa mengalami dactylitis pada jari tangan dan kaki.

Spondyloarthritis

Spondyloarthritis adalah sekumpulan peradangan yang terjadi pada sendi dan enthesis, yaitu jaringan yang menempelkan tendon, ligamen, dan tulang.

Salah satu jenis yang paling umum dari spondyloarthritis adalah arthritis psoriatik. Sepertiga orang dengan kondisi ini mengalami dactylitis. Kemungkinan besar pembengkakan terjadi karena adanya peradangan.

Infeksi

Beberapa infeksi dapat menyebabkan pembengkakan jaringan jauh di bawah kulit, bahkan pada ulang, seperti blister distal dactylitis.

Kondisi ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri streptococcus atau staphylococcus pada bantalan lemak jari tangan dan kaki. Selain jari tangan membengkak, blister distal dactylitis dapat membuat area kulit sekitarnya jadi melepuh dan luka.

Bagaimana mengatasi kondisi ini?

Dactylitis dapat menyulitkan Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasinya, tentu Anda harus tahu lebih dulu masalah medis yang menyebabkan dactylitis. Dengan begitu, Anda bisa mengobati penyakit sekaligus mencegah dactylitis semakin parah.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya dapat beraktivitas normal, seperti:

  • Menjaga berat badan dengan menerapkan diet antiradang
  • Melakukan terapi kesehatan untuk mempertahankan fungsi persendian kecil di tangan tetap bekerja dengan baik
  • Melakukan olahraga rutin seperti renang, jalan santai, bersepeda, yoga, tai chi
  • Mengurangi stres dan mengendalikan rasa cemas dengan meditasi dan latihan pernapasan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What causes dactylitis, or sausage fingers? https://www.healthline.com/health/rheumatoid-arthritis/dactylitis. Accessed on January 11th, 2019.

Dactylitis: ‘Sausage Fingers’. https://www.dermnetnz.org/topics/dactylitis/. Accessed on January 11th, 2019.

What causes dactylitis? https://www.medicalnewstoday.com/articles/319855.php?sr. Accessed on January 11th, 2019.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 02/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus