home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Inilah Tanda dan Akibatnya Bila Anda Kurang Minum Air Putih!

Inilah Tanda dan Akibatnya Bila Anda Kurang Minum Air Putih!

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, entah dengan mengonsumsi air putih atau bahkan air teh, kopi, soda, jus, dan lain-lain. Lucunya, begitu banyak orang yang lebih menyukai minuman manis dan dingin dibandingkan dengan air putih, karena minuman manis dianggap lebih memuaskan dahaga. Padahal, kurang minum air putih bisa berbahaya untuk tubuh Anda, lho.

Tanda-tanda Anda kurang minum air putih

Perlu Anda ketahui, sekitar 3/4 tubuh manusia terdiri dari air. Komponen ini bisa ditemukan pada banyak organ tubuh seperti otot, jantung, tulang, ginjal, paru-paru, dan kulit.

Air memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga sistem kerja tubuh. Air membantu melancarkan pencernaan dan pengeluaran racun dari tubuh, menyeimbangkan kadar mineral, serta menyebarkan oksigen ke seluruh organ.

Kekurangan konsumsi air sedikit saja sudah bisa menimbulkan berbagai gejala. Beberapa yang paling terlihat secara fisik adalah mulut, kulit, dan mata yang terasa kering.

Kurang minum air putih dapat membuat produksi selaput lendir dalam mulut serta produksi keringat berkurang. Tak hanya itu, saluran air mata pun juga dapat mengering dan membuat mata menjadi lebih mudah merah dan teriritasi.

Tidak hanya kulit, mulut, dan mata, tulang rawan dan tulang belakang cakram juga membutuhkan asupan air yang banyak; 80% dari tulang rawan dan tulang belakang cakran terdiri dari air. Kadar air yang sedikit membuat tulang menjadi kaku sehingga menimbulkan nyeri sendi.

Kemungkinannya, bila Anda merasakan nyeri dan kaku pada sendi tubuh, bisa jadi Anda kurang minum air putih.

Apa akibatnya untuk kesehatan bila Anda kurang minum air putih?

Fungsi organ tubuh Anda akan berkurang jika Anda kekurangan konsumsi air putih. Akibatnya, organ tubuh tidak dapat bekerja optimal dalam membuang racun di dalam tubuh yang menyebabkan Anda lebih lama memperoleh kesembuhan kala sakit.

Selain itu, berikut adalah hal-hal lain yang bisa terjadi bila kebutuhan asupan cairan per hari tidak cukup terpenuhi.

1. Perubahan warna urine

Tanda yang Anda kekurangan air putih adalah warna urin Anda kuning gelap. Warna urin yang normal adalah warna kuning cerah. Bahkan, dalam kasus ekstrem, dehidrasi menyebabkan terjadinya infeksi saluran kencing.

2. Gangguan pencernaan

Pada pencernaan, efek dari kurang minum air putih dapat membuat proses pencernaan menjadi terhambat. Kurangnya asupan air di dalam usus yang menyebabkan proses penyerapan makanan terganggu dan ujungnya akan menimbulkan sembelit.

Tak hanya melancarkan pencernaan, air juga berfungsi sebagai penyangga antara isi asam dari perut dan lapisan lambung. Kurangnya konsumsi air dapat menyebabkan perut Anda sebagian besar tidak terlindungi dan paparan asam konstan, dan dapat dengan mudah menyebabkan luka atau sakit pada perut.

3. Kulit keriput

Kurangnya konsumsi air dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Karena aliran darah terhambat, kurangnya konsumsi air jangka panjang juga dapat merampas sel-sel kulit Anda dari nutrisi yang mereka perlukan untuk regenerasi kulit.

Akibatnya, kurangnya konsumsi air dapat mempercepat pembentukan keriput, garis-garis halus, kulit kendur atau longgar, dan tanda-tanda penuaan.

4. Gangguan pernapasan

Dari bagian dalam hidung Anda ke dalam hilir bronkus, seluruh saluran pernapasan bergantung pada lendir untuk menjaga jaringan dalam keadaan lembab dan kenyal untuk mencegah partikel asing keluar dari paru-paru.

Kurangnya konsumsi air putih yang cukup dapat menghambat produksi lendir, sehingga akan menghambat kemampuan sistem pernapasan Anda untuk menangkis alergen seperti debu, serbuk sari, dan ketombe dari hewan peliharaan Anda atau untuk mempertahankan diri terhadap infeksi dari virus dan bakteri.

5. Memori dan konsentrasi terganggu

Hal ini dapat terjadi karena aliran darah yang melambat akibat terjadinya dehidrasi kronis. Dampak ini bahkan telah terbukti pada sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise.

Pada penelitian tersebut, para peserta diminta untuk melakukan aktivitas di pekarangan selama dua jam tanpa minum.

Hasilnya, para peserta yang sudah kehilangan cairan membuat kesalahan berulang terkait dan melakukannya tidak sesuai dengan instruksi yang telah diberikan.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa lebih banyak minum air putih?

Sebenarnya, kebutuhan cairan pada setiap orang berbeda-beda. Namun, agar lebih mudah, para ahli sering menyarankan Anda untuk minum setidaknya delapan gelas air putih per hari.

Terkadang, orang-orang yang kurang minum cenderung suka menunda-nunda saat merasa haus. Padahal, rasa haus tersebut adalah sinyal dari tubuh agar Anda menyegerakan minum air putih. Maka dari itu, minumlah setiap Anda mulai merasa haus.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang tak terlalu suka minum air putih karena rasanya yang tawar. Sebagai solusi, coba tambahkan potongan buah seperti lemon, mentimun, atau stroberi dalam minuman Anda untuk memberi rasa.

Selain itu, perbanyak makan buah dan sayuran. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan air yang tinggi dan bisa menjadi penambah akan kebutuhan cairan Anda.

.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Dehydration. (2021). Cleveland Clinic. Retrieved 11 May 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/9013-dehydration

Dehydration. (n.d.). NHS Inform. Retrieved 11 May 2021, from https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/nutritional/dehydration

WITTBRODT, MATTHEW T.; MILLARD-STAFFORD, MELINDA Dehydration Impairs Cognitive Performance: A Meta-analysis, Medicine & Science in Sports & Exercise: November 2018 – Volume 50 – Issue 11 – p 2360-2368 doi: 10.1249/MSS.0000000000001682. Retrieved 11 May 2021.

Tips for drinking more water. (2018). Mayo Clinic Health System. Retrieved 11 May 2021, from https://journals.lww.com/acsm-msse/Fulltext/2018/11000/Dehydration_Impairs_Cognitive_Performance__A.21.aspx

Foto Penulis
Ditulis oleh Novi Sulistia Wati pada 27/09/2016
x