home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Memutihkan Kulit yang Bisa Dilakukan di Klinik Dokter

7 Cara Memutihkan Kulit yang Bisa Dilakukan di Klinik Dokter

Ada banyak metode berbeda untuk memutihkan kulit, di antaranya dengan suntik putih, obat-obatan, mandi putih, dan krim pemutih. Namun, pertimbangkan baik-baik sebelum Anda ingin mengubah diri.

Warna kulit ditentukan oleh faktor melanin yang dihasilkan oleh melanosit. Melanin memiliki tiga jenis, yaitu eumelanin, pheomelanin, dan neuromelanin. Faktor utama penyebab warna kulit gelap adalah eumelanin. Sementara itu, pheomelanin adalah faktor penyebab warna yang lebih terang. Dan tentang neuromelanin, ini hanya terdapat di otak.

Oleh karena itu, perawatan untuk memutihkan kulit didasarkan pada membalikkan aksi melanin. Metode atau produk dan prosedur pemutihan kulit memiliki misi yaitu mengubah eumelanin menjadi pheomelanin. Atau, juga menghentikan produksi melanin.

Treatment untuk memutihkan kulit di klinik dermatologis

1. Suntikan pemutih

Suntikan memberikan efek langsung. Hormon mengalami perubahan, begitu pula dengan sel-sel darah merah dan berhentinya produksi melanin.

Melanin adalah faktor yang menentukan warna kulit setiap orang. Semakin banyak melanin yang terdapat di kulit, semakin gelaplah warna kulit tersebut. Oleh karena itu, suntikan pemutih ke kulit adalah untuk mengurangi jumlah melanin. Ini akan membuat kulit Anda berubah menjadi putih secara berangsur-angsur.

Namun hati-hati. Glutathione, komponen utama suntikan pemutih, bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti rambut rontok, bintik putih pada kuku, mati rasa atau tremor tangan, depresi, kecemasan, sindrom Steven-Johnson yang dipicu obat, sindrom Lyell atau nekrolisis epidermal, gagal ginjal, disfungsi tiroid, dan lain-lain.

2. Mandi putih

Ini adalah metode pertama yang diketahui wanita saat membahas teknologi pemutihan. Berikut adalah kriteria untuk mandi putih yang aman dan efektif.

  • Setelah mandi, kulit putih harus sehat, dan tidak terbakar matahari, belang-belang, atau bintik-bintik.
  • Bahan untuk mandi putih harus 100% alami dan harum.
  • Mandi putih harus membantu mencerahkan kulit, dan tidak terbakar saat terkena matahari atau rambut tubuh menjadi kuning.

Setelah menyelesaikan perawatan, Anda akan harus meningkatkan perlindungan kulit sehari-hari, seperti menggunakan kacamata hitam, tabir surya, lotion, dll. Dan Anda harus menjalani mandi putih kembali dalam 1-2 bulan untuk menjaga warna kulit.

3. Dermabrasi

Dermabrasi adalah prosedur bedah. Ini mencakup pengikisan lapisan teratas kulit secara manual dan memperhalus ujung tajam kulit. Jadi, ahli kulit menggunakannya pada area yang terdapat bekas dari luka atau jerawat.

4. Cryotherapy

Cryotherapy mencakup penggunaan nitrogen cair yang dioleskan pada kulit dengan kapas atau semprotan. Ini akan membekukan sel-sel kulit dan menyebabkan kehancuran dan regenerasi alami secara paksa.

5. Laser skin resurfacing

Ini adalah metode di mana sinar dengan konsentrasi dan getaran diarahkan ke target area kulit. Cara ini membantu mengangkat lapisan kulit satu per satu.

6. Mikrodermabrasi

Perawatan ini menggunakan tongkat berujung berlian, di mana lapisan kulit yang rusak akibat sinar matahari dan sel-sel kulit mati diangkat dengan lembut. Nama lain metode ini adalah “Diamond Peel.”

7. Chemical peeling

Ini dilakukan oleh diri Anda sendiri atau oleh dokter kulit. Bahan kimia dioleskan pada kulit untuk mengelupas lapisan terluar kulit, dan ini dapat menampakkan lapisan kulit yang lebih muda dan lebih cerah di bawahnya.

Ada banyak perawatan yang dapat Anda pilih. Jadi, jika Anda memiliki pengetahuan tentangnya, Anda akan menemukan metode terbaik untuk kulit Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

 

  1. Skin
    lightening products http://www.webmd.com/beauty/skin-lightening-products#1 Accessed on April 16,
    2017
  2. Skin
    lightening surgery treatment procedures cost side effects pictures http://www.lightskincure.org/skin-lightening/skin-lightening-surgery-treatment-procedures-cost-side-effects-pictures/ Accessed on April 16,
    2017
  3. Skin
    lightening http://www.nhs.uk/Conditions/cosmetic-treatments-guide/Pages/skin-lightening.aspx Accessed on April 16,
    2017
Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 05/06/2017
x