backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

PRP Wajah, Perawatan Kulit dengan Darah Sendiri

Ditulis oleh dr. Erliswita Reza · Estetik · CBC Beauty Care


Tanggal diperbarui 10/11/2023

PRP Wajah, Perawatan Kulit dengan Darah Sendiri

Ternyata darah sendiri dapat digunakan untuk merawat kulit wajah, mulai dari menyamarkan keriput, hingga menghilangkan bekas jerawat. Kaum awam lebih mengenalnya dengan sebutan “facial darah “ atau “ vampire facial“. Nah, dalam dunia kedokteran, terapi ini dikenal dengan nama platelet rich plasma (PRP). Apa saja manfaat dari PRP wajah?

Apa itu PRP (platelet rich plasma)?

PRP treatment adalah prosedur dengan menggunakan plasma darah diri sendiri yang diperkaya oleh platelet atau trombosit. Trombosit adalah bagian dari darah yang berperan dalam mekanisme pembekuan darah.

Selain penting untuk pembekuan darah, trombosit mengandung ratusan protein yang disebut sebagai faktor pertumbuhan. 

Faktor inilah yang memiliki peranan penting, terutama dalam proses penyembuhan luka. Awalnya, PRP diaplikasikan pada kasus cedera, tapi sekarang PRP telah diaplikasikan di dunia kecantikan, terutama untuk perawatan wajah.

Dalam dunia kecantikan, manfaat prosedur PRP wajah adalah untuk mengurangi kerutan, mengencangkan kulit, memperbaiki warna kulit, serta memudarkan bekas jerawat. 

Prosedur PRP wajah

prp wajah

PRP treatment diawali dengan pengambilan darah pasien. Darah diambil dari bagian lengan menggunakan jarum. Kemudian, darah akan diproses menggunakan alat yang disebut sentrifugasi.

Proses ini bertujuan untuk memisahkan platelet atau trombosit dari komponen darah lainnya, sehingga dihasilkan darah yang kaya akan platelet.

Setelah itu, dokter akan menyuntikkan cairan darah tersebut ke area yang dibutuhkan dengan menggunakan jarum suntik. 

Darah yang kaya akan platelet ini nantinya akan melepaskan faktor pertumbuhan. Faktor ini akan menstimulasi produksi sel reparatif yang dapat meningkatkan proses penyembuhan. 

Mengutip American Academy of Dermatology Association, keseluruhan prosedur PRP wajah ini umumnya memakan waktu 45 menit hingga satu jam. Biaya PRP wajah bervariasi namun umumnya harga prosedur ini adalah Rp. 1.249.000. 

Hasilnya kulit akan terlihat lebih kencang dan kerutan pun berkurang. Namun, hasil ini biasanya dapat terlihat dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah melakukan prosedur. 

Berapa kali PRP wajah untuk hasil maksimal?

Pasien umumnya akan mendapatkan hasil yang maksimal setelah 3 kali perawatan dengan jarak 2 – 4 bulan. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang cepat, dokter biasanya akan melakukan prosedur ini bersamaan dengan suntik filler

Manfaat PRP wajah di dunia kecantikan

Platelet rich plasma yang sekarang hadir di dunia kecantikan bisa menjadi angin segar sebagai pilihan terapi untuk berbagai macam masalah kulit. Lalu, masalah apa saja yang bisa diterapi menggunakan PRP ini?

1. Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat adalah noda yang merusak tekstur kulit menjadi tidak rata. Penyebabnya adalah peradangan yang besar dan lama dari jerawat yang merusak lapisan dermis kulit, sehingga mengakibatkan kerusakan kolagen.

Menggunakan treatment PRP wajah yang disuntikan langsung di bekas luka dapat merangsang pertumbuhan jaringan sel kulit baru. Alhasil, bopeng dapat tertutup dan penampakan kulit lebih halus.

2. Mengurangi keriput dan garis halus

Kulit mulus bebas kerutan ditunjang oleh adanya serat kolagen. Seiring pertambahan usia, elastisitas kolagen tersebut akan menurun sehingga kulit akan terlihat kendur dan muncul tanda penuaan kulit, seperti keriput.

Terapi yang menambahkan growth factor yang terkandung pada PRP di kulit wajah yang mulai menua dapat meningkatkan pertumbuhan kulit, meningkatkan elastisitas jaringan kolagen, dan menstimulasi regenerasi sel-sel kolagen baru.

3. Mengatasi photodamage

Photodamage adalah perubahan pada kulit yang terjadi setelah terpapar oleh sinar radiasi UV dalam jangka panjang. 

Paparan terhadap radiasi ini dapat menyebabkan kerusakan struktur kulit, terutama berkaitan dengan penurunan fungsi kolagen yang berujung dengan tampaknya hiperpigmentasi (bercak-bercak berwarna gelap).

PRP mampu memperbaiki kerusakan kolagen di wajah yang diakibatkan oleh aktivitas photodamage ini.

4. Meremajakan kulit wajah

Meremajakan kulit wajah sangat diperlukan, terutama pada wanita yang hidup di kota-kota besar. Pasalnya, penggunaan make-up, stres, dan gaya hidup terkadang membuat wajah lebih kusam dan lelah.

Perangsangan di daerah epidermis dan dermis menggunakan PRP dapat membuat regenerasi sel-sel kulit dan kolagen lebih baik.

Efek samping PRP wajah

klinik kecantikan

PRP adalah prosedur yang jarang menimbulkan efek samping. Hal ini karena prosedur ini menggunakan darah pasien sendiri (autologous donor) sehingga minim risiko alergi.

Prosedur ini melibatkan pengambilan darah, sehingga pastikan minum air putih dan makan yang cukup sebelum melakukan prosedur ini untuk menghindari sakit kepala atau pusing. 

Setelah melakukan prosedur ini, Anda mungkin akan mengalami nyeri, memar, hingga bengkak di area suntikan. Namun, gejala ini umumnya akan mereda dalam beberapa hari. 

Secara umum, proses ini terbilang aman dan tidak menimbulkan efek samping, tapi infeksi mungkin dapat terjadi dari proses pengambilan darah yang tidak steril. 

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan prosedur PRP wajah dengan ditangani oleh dokter spesialis kulit tepercaya dan berpengalaman.  

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditulis oleh

dr. Erliswita Reza

Estetik · CBC Beauty Care


Tanggal diperbarui 10/11/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan