Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Makan atau Mandi Dulu?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Beberapa orang terbiasa langsung mandi setelah bangun tidur di pagi hari karena membuat tubuh terasa lebih segar. Di sisi lain, tak sedikit pula yang lebih memilih untuk sarapan terlebih agar tubuh memiliki energi untuk beraktivitas. Meski keduanya sama-sama bermanfaat, mana yang lebih baik dilakukan saat bangun pagi, makan pagi atau mandi terlebih dulu?

Mana yang lebih baik saat bangun pagi: makan atau mandi dulu?

Sarapan adalah bagian terpenting dari rutinitas pagi, sebab dari sinilah Anda memperoleh energi optimal untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, sarapan juga dapat mengisi kembali cadangan energi yang terpakai saat tidur.

Sarapan secara rutin bahkan memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Di antaranya meningkatkan level energi, meningkatkan penyerapan nutrisi, menjaga kadar gula darah, dan mencegah Anda makan lebih banyak pada sisa hari tersebut.

Tanpa sarapan, tubuh Anda berganti mode untuk menghemat energi. Proses ini turut menurunkan kinerja otak dan dapat memengaruhi performa kerja. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, perhatian, daya ingat, dan kecerdasan secara keseluruhan.

Jika Anda merasa bingung harus memilih makan atau mandi dulu setelah bangun tidur, coba pahami kembali kebutuhan tubuh Anda. Bagi orang-orang yang dengan kegiatan yang banyak menghabiskan energi, makan pagi terlebih dulu mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Kendati demikian, perhatikan kapan Anda sarapan. Waktu ideal untuk sarapan adalah satu jam setelah bangun tidur. Lewat dari batas tersebut, kemungkinan untuk makan berlebihan sepanjang sisa hari tersebut menjadi lebih besar.

Pastikan pula Anda memilih makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang telah melalui proses pengolahan atau tinggi gula seperti pastry, sereal manis, dan donat.

Lalu, apa boleh kalau mandi setelah bangun tidur?

Jika Anda masih bingung memilih antara mandi atau makan dulu, coba pertimbangkan fakta unik yang satu ini. Selain membersihkan kotoran dan keringat pada tubuh, mandi ternyata akan memberikan informasi pada otak untuk segera memulai hari.

Otak mengatur jam biologis tubuh Anda. Jika Anda terbiasa mandi pada pagi hari, otak akan mengartikan ini sebagai tanda bahwa pagi hari telah tiba. Otak menjadi lebih sigap, begitupun dengan seluruh tubuh dan indra Anda.

Inilah sebabnya banyak orang merasa segar setelah mandi pagi. Saat dihadapkan pada pilihan untuk makan atau mandi dulu setelah bangun tidur, orang-orang memilih mandi karena efek menyegarkan yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan makan.

Akan tetapi, Anda juga perlu cermat mengatur suhu air. Alih-alih memberikan rasa segar, mandi dengan air hangat justru membuat tubuh menjadi rileks sehingga bisa kembali mengantuk. Agar tubuh tetap segar, cobalah untuk membilas tubuh Anda dengan air suam-suam kuku setelah mandi air hangat.

Anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat jika ingin memulai rutinitas pagi dengan mandi. Jangan langsung beranjak untuk mandi begitu Anda membuka mata pada pagi hari. Bangun secara mendadak bisa menyebabkan kondisi yang disebut hipotensi ortostatik.

Hipotensi ortostatik adalah tekanan darah rendah yang dipicu oleh perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba, misalnya dari berbaring menjadi berdiri. Kondisi ini dapat mengakibatkan sakit kepala, stroke, dan kematian pada kasus yang parah.

Makan atau mandi dulu, pilihannya tergantung rutinitas dan kebutuhan Anda. Makan akan memberikan energi bagi tubuh, sedangkan mandi akan menyegarkan tubuh dan pikiran sehingga Anda lebih bersemangat menjalani aktivitas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

10 Manfaat yang Dapat Diperoleh dari Mandi Pagi

Jika Anda sedang batuk, mandi air panas di pagi hari dapat membantu menyingkirkan dahak dan lendir dengan cepat. Apa lagi manfaat lainnya?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Alasan Merasa Segar Setelah Mandi, Sehat untuk Tubuh Kita

Merasa segar setelah mandi adalah satu dari banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari mandi. Namun, mengapa kesegaran tersebut bisa terasa?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 2 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Rahang Terasa Sakit Ketika Mengunyah Makanan di Pagi Hari?

Bukannya merasa segar, Anda bisa saja bangun dengan keluhan rahang sakit, terlebih saat dipakai mengunyah di kala makan pagi. Bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 11 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

Ingin Menurunkan Berat Badan, Sebaiknya Sarapan Atau Tidak?

Jika sedang berencana untuk menurunkan berat badan, sarapan biasanya dihindari karena ditakutkan dapat membuat gemuk. Bagaimana seharusnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 28 Agustus 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Hipotensi Ortostatik

Berdiri dari Duduk Bikin Pusing? Hipotensi Ortostatik Kemungkinan Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
makanan terbaik untuk sarapan

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
cara mencerahkan kulit

Ragam Cara dan Perawatan untuk Mencerahkan Kulit yang Kusam

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit
mandi setelah makan berbahaya

Mandi Setelah Makan, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 16 November 2020 . Waktu baca 3 menit