home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Daftar Makanan yang Mengandung Tiramin yang Memicu Migrain

Daftar Makanan yang Mengandung Tiramin yang Memicu Migrain

Serangan migrain bisa terjadi kapan saja, bahkan setelah makan. Satu sisi kepala akan terasa nyeri kemudian menyebar ke seluruh kepala. Ya, migrain memang dipicu oleh berbagai hal. Mulai dari stres, suara bising, cahaya menyilaukan, makanan dan minuman tertentu, sampai kurang tidur.

Namun, kalau migrain sering kumat setelah Anda makan, bisa jadi Anda sensitif terhadap tiramin. Tiramin sendiri adalah zat kimia yang bisa memicu migrain. Yuk, pelajari lebih lanjut soal tiramin dan migrain berikut ini.

Apa itu tiramin?

Tiramin adalah asam amino tirosin yang bisa ditemukan secara alamiah pada makanan yang mengandung protein serta di tubuh manusia. Zat ini mulai dicurigai sebagai pemicu migrain pada tahun 1960an. Penelitian terbaru pada 2010 juga menguatkan hasil temuan para ahli ini.

Oleh karena itu, muncul pola makan rendah tiramin yang ditujukan bagi orang-orang dengan migrain atau sensitif terhadap zat asam amino ini.

Bagaimana tiramin bisa memicu migrain?

Peneliti masih terus mempelajari bagaimana tepatnya tiramin mampu memicu migrain. Salah satu alasan yang paling kuat adalah tiramin mengakibatkan pelepasan berbagai jenis hormon stres ke dalam darah. Hormon-hormon tersebut adalah dopamin, norepinefrin, dan epinefrin.

Dalam situasi yang ideal, ketiga hormon ini bertugas untuk memberikan dorongan energi. Akan tetapi, akan jadi bahaya kalau hormon ini dilepaskan dalam jumlah berlebihan dan Anda tidak sedang mengalami stres fisik maupun psikis. Efek Anda rasakan antara lain meningkatnya tekanan darah, detak jantung memburu, migrain, sakit kepala, mual, dan muntah.

Makanan dan minuman yang mengandung tiramin

Dalam tubuh Anda, tiramin berfungsi untuk membantu tubuh mengolah protein. Oleh karenanya, zat ini memang biasanya banyak ditemukan dalam makanan yang kaya protein. Apalagi kalau makanan tersebut sudah disimpan terlalu lama. Pasalnya, kadar tiramin akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Maka, makanan yang difermentasi atau dibiarkan cukup lama pasti mengandung lebih banyak tiramin.

Perhatikan bila makanan-makanan di bawah ini memicu migrain Anda.

  • Keju
  • Ikan bandeng asap
  • Ikan teri
  • Ikan asin
  • Daging asap
  • Buah yang sudah terlalu matang
  • Fermentasi kedelai, misalnya tempe, tahu, dan kecap
  • Kimchi
  • Acar
  • Asinan

Makanan lain yang mungkin mengandung tiramin dalam kadar sedang hingga rendah antara lain sosis, bakso sapi dan ikan, alpukat, bir, dan wine (fermentasi anggur). Bila tidak dikonsumsi secara berlebihan, gejala migrain mungkin tak akan muncul.

Tips menghindari tiramin dalam makanan

Hindari daging olahan dalam kemasan, daging atau ikan yang diasap, dan ikan yang dikeringkan. Pilihan terbaik memang selalu jatuh pada daging dan ikan segar. Jangan menyimpan daging atau ikan di kulkas terlalu lama. Untuk itu, beli dalam jumlah sedikit-sedikit saja.

Begitu juga dengan sayur dan buah-buahan. Segera konsumsi paling lama dua hari setelah Anda beli. Jangan memaksakan makan atau memasak sayur atau buah yang sudah tampak layu, kisut, atau kering. Pasalnya, memasak sayur atau buah tidak akan mengurangi kadar tiramin sama sekali.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tyramine-Rich Foods: Do They Trigger Migraines? http://www.webmd.com/migraines-headaches/guide/tyramine-and-migraines#1 Diakses pada 30 Maret 2017.

List of Foods High in Tyramine. http://www.livestrong.com/article/301453-list-of-foods-high-in-tyramine/ Diakses pada 30 Maret 2017.

Tyramine-Free Diets. http://www.healthline.com/health/tyramine-free-diets#overview1 Diakses pada 30 Maret 2017.

Migraine. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/home/ovc-20202432 Diakses pada 30 Maret 2017.

Penghambat Monoamin-Oksidase. http://pionas.pom.go.id/ioni/bab-4-sistem-saraf-pusat/43-depresi/433-penghambat-monoamin-oksidase-mao Diakses pada 30 Maret 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 06/09/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x