4 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Terlalu Lama Menatap Layar Smartphone

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Berapa lama Anda menatap layar smartphone dalam sehari? Anda pasti tidak ingat dan tidak menghitungnya. Keseharian masyarakat modern tidak terlepas dari perangkat teknologi yang sering disebut dengan gadget. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan penggunaan teknologi berlayar sebabkan kerusakan mata secara permanen. Namun, seperti yang diungkapkan oleh dokter spesialis mata dari Universitas Miami, Dr. Richard Shugarman, menatap layar terang selama berjam-jam dapat menimbulkan masalah pada mata.

Gangguan yang ditimbulkan karena menatap layar smartphone terlalu lama

Sering kali banyak orang yang datang memeriksakan diri ke dokter mata dan menyatakan ketidaknyamanan dengan kondisi mata. Padahal bisa jadi hal tersebut karena terlalu lama di depan layar gadget.

Anda harus pandai membatasi diri, kecanggihan teknologi memang mudah membuat Anda ‘kebablasan’. Bahkan bisa berujung pada level yang lebih tinggi, yaitu kecanduan gadget. Hal ini bisa menimbulkan efek negatif untuk tubuh Anda, seperti berikut ini.

1. Otak jadi menyusut

Orang yang gemar melihat layar gadget dalam waktu lama punya kecenderungan melakukan aktivitas kognitif. Ini bisa dilihat dari perubahan perilaku yang cenderung menyendiri, kurang interaksi, jarang bergaul dan lebih suka melamun. Dampaknya, kinerja otak jadi berkurang, dan jika terjadi dalam waktu lama dapat menyebabkan penyusutan otak.

2. Mudah terbawa emosi

Ada perubahan perilaku yang mengarah ke introvert, penyendiri, atau bahkan menutup diri dari kehidupan sosial. Hal ini membuat orang yang kecanduan melihat layar smartphone dalam waktu lama jadi mudah terbawa emosi. Mereka akan lebih sering marah-marah dan mudah tersinggung.

3. Tubuh mudah terkena sindrom metabolik

Terlalu lama melihat layar smartphone bukan saja menyebabkan lupa waktu, namun juga mengganggu metabolisme tubuh. Sebab, menurut Victoria L. Dunckley, pakar kesehatan internasional, orang-orang jadi menerapkan gaya hidup asal-asalan, seperti makan sembarangan, kurang tidur, jadi malas olahraga dan rentan stres. Akibatnya, sindrom metabolik seperti penyakit obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi tidak bisa dihindarkan.

4. Kesehatan mata jadi terganggu

Studi yang dilakukan oleh Profesor Steven Gortmaker menjelaskan bahwa layar smartphone memiliki sinar biru yang dapat merusak retina mata bila organ penglihatan tersebut terpapar dalam waktu lama. Jangankan sepanjang hari, satu jam melihat layar smartphone saja menurut guru besar sosiologi kesehatan Harvard tersebut, sudah bisa menyebabkan otot mata tegang dan mata kering.

Bagaimana solusinya?

Sebagai solusinya, Profesor Steven menganjurkan untuk menerapkan konsep 20-20-20. Artinya, sesudah 20 menit melihat layar, pandanglah objek yang berada pada jarak sejauh 20 meter, selama 20 detik. Langkah ini dapat melemaskan otot mata, sekaligus menyeimbangkan kinerja mata.

Cobalah untuk mulai memanfaatkan gadget Anda lebih wajar. Usahakan untuk tidak menatap layar smartphone Anda dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda memiliki masalah pada mata lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Memicu Kanker Anak?

Perdebatan para ahli soal bahaya radiasi wi-fi tentu meresahkan, apalagi jika Anda dan anak setiap hari mengakses wi-fi. Jadi, amankah wi-fi bagi keluarga?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Sebelum beli kacamata, Anda perlu memeriksa mata untuk mendapatkan resep agar kacamata yang dibeli sesuai. Tapi, tahukah Anda cara membaca resep kacamata?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Mata 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

6 Cara Mengatasi Mata yang Perih dan Terasa Panas Berdasarkan Penyebabnya

Stop! Mengucek mata bukanlah cara yang baik untuk mengatasi mata perih. Cari tahu dulu apa penyebabnya, dan intip cara mengobati mata perih di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan Mata, Perawatan Mata 18 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat tomat

7 Manfaat Ini Akan Bikin Anda Ingin Lebih Sering Makan Tomat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
mata belekan

Berbagai Penyebab Mata Belekan yang Harus Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit
beda soft lens dan hard lens

Apa Bedanya Soft Lens dan Hard Lens? Mana yang Lebih Baik untuk Mata Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 3 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit mata pada psoriasis

Stroke Mata, Ketahui Mulai dari Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 2 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit