home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Penyebab Kepala Anda Pusing Saat Puasa

4 Penyebab Kepala Anda Pusing Saat Puasa

Mungkin Anda sering merasakan pusing saat puasa. Ini hal yang umum terjadi, namun hati-hati mungkin ini dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Kepala pusing saat puasa dapat menjadi tanda bahwa ada yang tidak benar dalam tubuh Anda. Bisa jadi Anda kekurangan cairan, kekurangan darah, kekurangan energi, atau masalah kesehatan lainnya.

Beberapa alasan kepala pusing saat puasa

Tidak makan dan tidak minum selama puasa dapat membuat Anda merasa lemas, dan bahkan pusing. Hal ini tentu membuat puasa Anda terganggu dan tidak nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas saat puasa. Terdapat beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa kepala pusing saat puasa, yaitu:

1. Dehidrasi atau kepanasan

Puasa tentu membuat Anda merasa haus, namun Anda harus menahannya sampai waktu buka puasa tiba. Jika Anda merasa sangat haus dan tubuh tidak banyak mempunyai cadangan air, maka Anda berisiko mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Terlebih jika cuaca sedang panas, Anda banyak melakukan aktivitas dan banyak mengeluarkan keringat.

Dehidrasi membuat tubuh Anda tidak bisa berfungsi dengan baik. Beberapa gejala dari dehidrasi adalah pusing, lemas, jarang buang air kecil, dan urine berwarna lebih gelap. Untuk mencegah dehidrasi, Anda disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas atau lebih per hari.

2. Gula darah rendah

Selain menahan haus, Anda juga wajib menahan lapar saat puasa. Sehingga, tubuh Anda mungkin saja kekurangan glukosa sebagai energi, jika Anda tidak cukup banyak mengonsumsi makanan saat buka puasa dan sahur.

Glukosa merupakan energi utama yang digunakan tubuh untuk melakukan semua fungsi normalnya. Kekurangan glukosa dalam tubuh dapat membuat otak kekurangan energi untuk melakukan fungsinya. Akibatnya, Anda merasa lemas dan pusing.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dapat mempertahankan energi lebih lama, seperti makanan yang mengandung serat tinggi, saat buka puasa dan sahur. Contohnya, makanan sumber karbohidrat kompleks (nasi merah dan roti gandum, sayuran, dan buah-buahan).

Hindari konsumsi makanan sumber karbohidrat sederhana, seperti kue manis, minuman manis, biskuit, dan lainnya. Karbohidrat sederhana dapat membuat gula darah Anda naik dengan cepat, namun juga lebih cepat turun, sehingga dapat memicu kepala pusing saat puasa.

3. Tekanan darah rendah

Anda bisa merasa pusing jika jantung Anda tidak cukup memompa darah ke otak. Hal ini salah satunya bisa disebabkan oleh tekanan darah Anda yang rendah. Tekanan darah yang turun tiba-tiba dapat membuat jantung tidak mampu mengantarkan darah ke otak dalam jumlah cukup. Hal ini bisa terjadi saat Anda berdiri dari duduk dengan sangat cepat.

4. Kelelahan penyebab kepala pusing saat puasa

Anda mungkin akan lebih mudah merasa kelelahan saat puasa, terlebih saat Anda kurang minum dan kurang banyak mengonsumsi makanan saat buka puasa dan sahur. Kelelahan dapat disebabkan karena Anda terlalu banyak beraktivitas saat puasa atau mungkin juga karena Anda kurang tidur. Kurang tidur sangat mungkin terjadi saat Anda puasa karena jadwal tidur Anda berubah. Hal ini kemudian dapat membuat Anda merasa pusing.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mayo Clinic. (2015). Dizziness Causes – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dizziness/basics/causes/con-20023004 [Accessed 2 Jun. 2017].

Fatigue. [online] Available at: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/fatigue [Accessed 2 Jun. 2017].

Mayo Clinic. (2016). Symptoms and causes – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dehydration/symptoms-causes/dxc-20261072 [Accessed 2 Jun. 2017].

Barts Health – How to observe Ramadan safely and still keep healthy. [online] Available at: http://bartshealth.nhs.uk/your-health/during-ramadan/keeping-safe-and-healthy/#hypoglycaemic-attack [Accessed 2 Jun. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 13/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x