home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Daya Pikir dan Kinerja Otak

7 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Daya Pikir dan Kinerja Otak

Kesibukan saat beraktivitas, tak jarang membuat Anda cenderung mengonsumsi makanan siap saji atau kurang memerhatikan nutrisi. Selain tidak baik untuk kesehatan, makanan tersebut juga kurang mendukung kesehatan otak yang digunakan terus-menerus. Lalu, adakah makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk kesehatan otak?

Berbagai makanan dan minuman untuk otak sehat dan berfungsi optimal

Beberapa jenis makanan yang perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan otak, antara lain:

1. Ikan salmon

salmonella dalam makanan

Ikan salmon termasuk salah satu makanan yang baik untuk nutrisi otak. Bahkan, jenis ikan yang satu ini mungkin termasuk pada jajaran atas makanan-makanan sehat untuk otak. Pasalnya, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Pada dasarnya, sekitar 60% otak manusia terdiri dari lemak, dan sebagian darinya adalah asam lemak omega-3. Asam lemak ini bermanfaat untuk membentuk otak dan sel saraf, sehingga baik untuk kesehatan otak.

Tak hanya itu, asam lemak omega tiga juga penting untuk meningkatkan kemampuan saat menyerap informasi, khususnya dalam proses belajar, serta membantu Anda untuk memiliki ingatan yang lebih baik.

Lalu, asam lemak omega-3 juga dapat membantu memperlambat berbagai masalah kesehatan mental yang semakin rentan seiring pertambahan usia. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan salmon ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Sebaliknya, jika Anda kekurangan asam lemak omega-3, risiko kesulitan belajar dan depresi pun ikut meningkat. Oleh sebab itu, jangan sepelekan pentingnya mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Tak hanya salmon, Anda juga bisa mengonsumsi ikan trout dan ikan sarden yang juga kaya akan kandungan nutrisi ini.

2. Buah dari keluarga beri

blueberry, raspberry, dan blackberry

Buah-buahan beri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan otak Anda. Mengapa? Pasalnya, buah-buahan beri memiliki kandungan antosianin, yaitu zat yang memberikan efek antiperadangan dan antioksidan saat dikonsumsi, sehingga tepat disebut makanan yang baik untuk otak.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena dapat mengurangi stres oksidatif, atau saat radikal bebas terlalu banyak di dalam tubuh, serta peradangan. Kedua hal tersebut, jika dibiarkan, dapat meningkatkan potensi Anda mengalami penuaan sel otak dan berbagai penyakit neurodegeneratif.

Sementara itu, antioksidan yang terdapat di dalam buah-buahan beri dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk memperkuat memori Anda dan mencegah terjadinya hilang ingatan jangka pendek.

3. Dark chocolate

selai kacang cokelat

Anda mungkin tidak menyangka jika dark chocolate dan bubuk cocoa kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan otak, termasuk flavonoids, kafein, dan antioksidan.

Kandungan flavonoid di dalam cokelat dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat. Bahkan, sebuah review yang ditulis dalam Neuroscience and Biobehavioral Reviews menyatakan bahwa nutrisi ini dapat memperlambat progres perkembangan masalah kesehatan mental yang berkaitan dengan pertambahan usia.

4. Alpukat sebagai makanan untuk otak

Alpukat merupakan salah satu makanan untuk otak yang kaya akan asam lemak yang disebut asam oleat. Buah ini dapat membantu meningkatkan otak Anda dengan menciptakan sebuah selubung di sekitar otak yang dikenal sebagai mielin. Mielin membantu proses informasi pada kecepatan hingga sekitar 300 km/ jam.

Tanpa mielin, tubuh dapat memperlambat kemampuan otak Anda. Tak hanya itu, buah alpukat juga makanan yang baik untuk otak karena kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan aliran darah dan membantu saraf yang membawa informasi menuju ke otak.

Selain kandungan-kandungan tersebut, buah alpukat juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk kesehatan otak, seperti asam folat, vitamin C, dan vitamin E.

5. Bayam sebagai makanan untuk otak

makan bayam meningkatkan asam urat

Bayam adalah makanan untuk otak yang bisa meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Pasalnya, bayam memiliki kandungan folat tinggi dan vitamin K di mana nutrisinya penting bagi otak Anda.

Folat, yang juga dikenal sebagai asam folat, adalah vitamin B yang membantu melindungi saraf Anda dari kerusakan. Hal ini mencegah keterlambatan ketika pesan dikirim ke otak Anda.

Sedangkan vitamin K telah terbukti terkait dalam meningkatkan daya ingat dan aktivitas otak. Hal ini dapat memperlambat proses penurunan kognitif yang didasari oleh faktor usia dan mencegah penyakit Alzheimer.

6. Kopi

minum kopi memicu gigi sensitif

Mungkin sebagian dari Anda tidak tahu bahwa kopi ternyata makanan untuk otak yang baik. Di dalam kopi terdapat kafein dan antioksidan yang dapat membantu fungsi otak Anda bekerja lebih baik.

Kandungan utama kopi, yaitu kafein, memiliki efek positif pada otak termasuk meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus. Kafein akan membantu Anda tetap fokus dengan menghalangi adenosin, zat kimia yang dapat membuat Anda mudah merasa mengantuk.

Tak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan suasana hati Anda, karena kandungan ini dapat meningkatkan jumlah neurotransmiter seperti hormon serotonin pada otak. Kafein bermanfaat pula untuk mempertajam konsentrasi Anda. Oleh sebab itu, kopi bisa dikonsumsi untuk kesehatan otak Anda.

7. Air

kandungan flouride dalam air mineral

Tahukah Anda bahwa 70 persen dari tubuh kita terdiri dari air? Sudah banyak anjuran untuk minum minimal 2 liter air sehari, tapi tidak semua orang melakukannya. Semua fungsi tubuh tergantung pada air agar bisa berfungsi dengan baik. Air pada tubuh berfungsi bak minyak bagi mesin.

Jika Anda tidak air yang cukup untuk mengisi cairan yang hilang, otak Anda yang akan menanggung konsekuensinya. Kurang minum air dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Sebaiknya, pastikan untuk minum banyak air sehingga Anda dapat bekerja dengan pikiran yang jernih dan tetap produktif.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Food linked to better brainpower. Retrieved 21 December 2020, from https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/foods-linked-to-better-brainpower

Your brain on chocolate. Retrieved 21 December 2020, from https://www.health.harvard.edu/blog/your-brain-on-chocolate-2017081612179

Brice, C. F., & Smith, A. P. (2002). Effects of caffeine on mood and performance: a study of realistic consumption. Psychopharmacology164(2), 188–192. https://doi.org/10.1007/s00213-002-1175-2

Crichton, G. E., Elias, M. F., & Alkerwi, A. (2016). Chocolate intake is associated with better cognitive function: The Maine-Syracuse Longitudinal Study. Appetite100, 126–132. https://doi.org/10.1016/j.appet.2016.02.010

Field, D. T., Williams, C. M., & Butler, L. T. (2011). Consumption of cocoa flavanols results in an acute improvement in visual and cognitive functions. Physiology & behavior103(3-4), 255–260. https://doi.org/10.1016/j.physbeh.2011.02.013

Knezevic, B., Komatsuzaki, Y., de Freitas, E., & Lukowiak, K. (2016). A flavanoid component of chocolate quickly reverses an imposed memory deficit. The Journal of experimental biology219(Pt 6), 816–823. https://doi.org/10.1242/jeb.130765

Sokolov, A. N., Pavlova, M. A., Klosterhalfen, S., & Enck, P. (2013). Chocolate and the brain: neurobiological impact of cocoa flavanols on cognition and behaviorNeuroscience and biobehavioral reviews37(10 Pt 2), 2445–2453.

Devassy, J. G., Leng, S., Gabbs, M., Monirujjaman, M., & Aukema, H. M. (2016). Omega-3 Polyunsaturated Fatty Acids and Oxylipins in Neuroinflammation and Management of Alzheimer Disease. Advances in nutrition (Bethesda, Md.)7(5), 905–916. https://doi.org/10.3945/an.116.012187

Cole, G. M., Ma, Q. L., & Frautschy, S. A. (2009). Omega-3 fatty acids and dementia. Prostaglandins, leukotrienes, and essential fatty acids81(2-3), 213–221. https://doi.org/10.1016/j.plefa.2009.05.015

Rathod, R., Kale, A., & Joshi, S. (2016). Novel insights into the effect of vitamin B₁₂ and omega-3 fatty acids on brain function. Journal of biomedical science23, 17. https://doi.org/10.1186/s12929-016-0241-8

Wysoczański, T., Sokoła-Wysoczańska, E., Pękala, J., Lochyński, S., Czyż, K., Bodkowski, R., Herbinger, G., Patkowska-Sokoła, B., & Librowski, T. (2016). Omega-3 Fatty Acids and their Role in Central Nervous System – A Review. Current medicinal chemistry23(8), 816–831. https://doi.org/10.2174/0929867323666160122114439
Morris, M. C., Evans, D. A., Tangney, C. C., Bienias, J. L., & Wilson, R. S. (2005). Fish consumption and cognitive decline with age in a large community study. Archives of neurology62(12), 1849–1853. https://doi.org/10.1001/archneur.62.12.noc50161
Nehlig A. (2016). Effects of coffee/caffeine on brain health and disease: What should I tell my patients?. Practical neurology16(2), 89–95. https://doi.org/10.1136/practneurol-2015-001162
Sokolov, A. N., Pavlova, M. A., Klosterhalfen, S., & Enck, P. (2013). Chocolate and the brain: neurobiological impact of cocoa flavanols on cognition and behavior. Neuroscience and biobehavioral reviews37(10 Pt 2), 2445–2453. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2013.06.013
Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 31/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x