Tanda-tanda Awal Penyakit Jantung Pada Pria

Oleh

Penyakit jantung adalah salah satu risiko kesehatan utama pada pria saat ini. Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), lebih dari 1 pada 3 pria dewasa mengidap penyakit jantung, dan lebih dari 48% pria meninggal karena kondisi jantung.

Pria berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Lebih dari 60% pria di Indonesia merokok, yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang muncul sebagai pertanda awal jenis penyakit jantung tertentu.

Penyakit jantung bisa termasuk gagal jantung, penyakit arteri koroner, aritmia, angina, dan berbagai infeksi, ketidakteraturan, dan kelainan lahir yang terkait dengan jantung. Walaupun penyakit jantung tampak merupakan hal serius yang harus memberikan tanda peringatan, Anda mungkin mengalami penyakit jantung tanpa mengetahuinya saat beraktivitas harian.

Tanda awal penyakit jantung

Tanda pertama penyakit jantung sering kali adalah serangan jantung atau kejadian serius lainnya, tapi terdapat beberapa tanda penting yang harus disadari yang dapat membantu mengenali masalah sebelumnya.

Pada tahap awal, gejala mungkin muncul silih berganti dan mungkin hanya sedikit mengganggu. Contohnya, Anda mungkin:

  • Kesulitan mengambil napas setelah berolahraga biasa, misalnya menaiki tangga selama beberapa kali
  • Merasa tidak nyaman atau tertekan pada dada selama 30 menit sampai beberapa jam
  • Nyeri tanpa sebab pada tubuh bagian atas, leher, dan rahang

Penyakit jantung yang melibatkan pembuluh darah sering ditandai dengan:

  • Nyeri dada (angina)
  • Napas pendek
  • Perubahan pada bagian tangan dan kaki, misalnya nyeri, kesemutan, mati rasa, dingin, dan lemas

Hal ini bisa saja merupakan pertanda bahwa pembuluh darah telah menyempit. Penyempitan ini, yang bisa disebabkan oleh penumpukan plak, membuat jantung lebih sulit memompa dan mengedarkan darah penuh oksigen secara efisien ke seluruh tubuh.

Meskipun secara teknis bukan gejala awal, sekelompok faktor risiko juga menandakan penyakit jantung yang segera terjadi. Misalnya, jika Anda menderita diabetes dan terdiagnosis dengan tekanan darah tinggi, risiko penyakit jantung meningkat drastis.

Gejala umum penyakit jantung dan stroke

Gejala serangan jantung yang paling umum pada pria adalah rasa tidak nyaman pada dada yang termasuk rasa tertekan atau nyeri. Nyeri dada dulunya dipercaya merupakan satu-satunya tanda serangan jantung, tapi ada kemungkinan rasa tidak nyaman bukan rasa sakit. Ketidaknyamanan ini mungkin juga terasa pada lengan, punggung, leher, perut atau rahang. Selama serangan jantung, Anda mungkin bernapas pendek, banyak berkeringat, atau merasa mual dan pusing.

Gejala stroke meliputi mati rasa atau lemas pada wajah, lengan, atau kaki, yang sering terjadi pada salah satu sisi tubuh. Gejala lain stroke yaitu:

  • Kebingungan, kesulitan berbicara atau mengerti perkataan
  • Kehilangan keseimbangan atau koordinasi
  • Perubahan penglihatan
  • Sakit kepala luar biasa

Banyak perubahan ini akan muncul mendadak dan tanpa peringatan. Jika Anda mengalami gejala ini, segera hubungi ambulans.

Apa yang harus dilakukan?

Mengetahui gejala serangan jantung atau stroke adalah salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk melindungi kesehatan jantung. Kemampuan Anda untuk pulih dari salah satu penyakit ini tergantung seberapa cepat Anda menerima perawatan. Anda dapat menyelamatkan nyawa Anda sendiri atau orang lain, dengan mencari perhatian medis secepatnya.

Bisa sulit menentukan apakah Anda mengalami gejala serangan jantung. Jika ragu-ragu, cari perhatian medis segera. Buat jadwal pemeriksaan teratur—walaupun Anda berpikir Anda sehat-sehat saja—dan beritahu dokter tentang perubahan kesehatan apapun. Membangun hubungan dengan dokter dengan bantuan mereka menentukan mendasari kesehatan Anda dan akan membantu Anda merasa nyaman dalam mengutarakan masalah apapun yang akan terjadi di hari selanjutnya.

Share now :

Direview tanggal: Desember 27, 2016 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca