Membesarkan Anak Dengan Cacat Jantung Bawaan

Oleh

Harapan bagi anak-anak penderita cacat jantung bawaan kini lebih baik dibandingkan dahulu. Kemajuan dalam pengujian serta pengobatan memberikan peluang pada sebagian besar anak-anak ini untuk bertahan hidup hingga dewasa. Mereka dapat hidup aktif dan lebih produktif.

Biasanya, anak-anak ini hanya perlu sesekali diperiksa oleh seorang kardiolog (spesialis jantung) seiring mereka tumbuh dewasa.

Anak-anak yang memiliki cacat jantung kompleks membutuhkan perawatan jangka panjang dari spesialis yang berpengalaman. Ini akan membantu mereka tetap sehat dan mempertahankan kualitas hidup yang baik.

Perawatan medis berkelanjutan

Perawatan medis berkelanjutan sangat penting bagi kesehatan anak. Perawatan ini termasuk:

  • Memeriksakan anak pada spesialis jantung anak sesuai arahan
  • Temui dokter anak atau dokter keluarga untuk pemeriksaan rutin
  • Minum obat sesuai resep

Anak-anak yang memiliki cacat jantung berat mengalami sedikit peningkatan endokarditis infektif (IE). IE adalah infeksi serius pada lapisan dalam ruang dan katup jantung.

Dokter anak atau dokter gigi akan memberikan antibiotik pada anak sebelum prosedur medis terhadap gigi (seperti operasi atau pemeriksaan gigi) yang memungkinkan bakteri masuk ke dalam darah. Dokter anak akan memberitahu Anda apakah anak membutuhkan antibiotik sebelum prosedur tersebut.

Untuk mengurangi risiko IE, sikat gigi anak dengan lembut setiap hari. Seiring anak Anda tumbuh dewasa, pastikan ia menyikat giginya setiap hari dan mengunjungi dokter gigi secara teratur. Bicarakan dengan dokter anak dan dokter gigi tentang cara menjaga mulut dan gigi anak tetap sehat.

Seiring anak-anak yang memiliki cacat jantung tumbuh dewasa dan menjadi remaja, mereka harus mengetahui bahwa jantung mereka berbeda dengan jantung orang normal. Mereka juga harus mengetahui jenis cacat jantung yang mereka miliki, bagaimana perawatannya, serta jenis perawatan yang dibutuhkan. Mereka harus mampu mengenali tanda-tanda dan gejala serta cara mengatasinya.

Bekerjasama dengan penyedia layanan kesehatan anak untuk mengkompilasi catatan medis serta informasi yang mencakup semua aspek cacat jantung anak, termasuk:

Asuransi jiwa

Tinjau rencana asuransi kesehatan Anda saat ini sehingga Anda dapat memahami cakupan Anda. Penting untuk menjaga asuransi kesehatan saat ini. Jika Anda berencana untuk beralih pekerjaan, cari tahu apakah terdapat asuransi kesehatan yang mencakup perawatan untuk cacat jantung bawaan pada anak Anda.

ASI dan nutrisi

Beberapa bayi dan anak-anak yang memiliki kelainan jantung bawaan tidak dapat tumbuh dan berkembang secepat anak-anak lain. Apabila jantung anak harus memompa lebih keras dari biasanya akibat cacat jantung, ia akan cepat lelah ketika sedang minum ASI. Akibatnya, anak tidak memperoleh gizi yang cukup.

Pola konsumsi ASI yang buruk dapat menyebabkan pertumbuhan anak berjalan lamban dan lebih kurus dibandingkan anak-anak lain. Anak ujga berkembang lebih lambat, misalnya belum bisa duduk atau berjalan ketimbang anak lain. Setelah menjalani perawatan dan operasi, pertumbuhan dan perkembangan biasanya akan mengalami peningkatan.

Untuk membantu bayi Anda mendapatkan gizi cukup, tanyakan pada dokter mengenai jadwal menyusui yang baik bagi bayi Anda. Selain itu, tanyakan apakah bayi Anda memerlukan suplemen tambahan. Pastikan anak Anda mengonsumsi makanan bergizi dan seiring pertumbuhannya. Ini akan membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat membantu anak memperkuat otot dan menjaganya tetap sehat. Tanyakan kepada dokter anak jenis aktivitas fisik yang cocok serta durasi terbaik untuk anak Anda. Beberapa anak dan remaja yang memiliki kelainan jantung kongestif perlu membatasi durasi atau jenis kegiatan yang mereka lakukan.

Ingatlah untuk meminta catatan dokter yang berisi batasan pada aktivitas fisik anak. kemungkinan sekolah dan kelompok lainnya memerlukan informasi ini.

Masalah emosional

Anak-anak dan remaja yang memiliki penyakit serius biasanya memiliki masalah emosional. Misalnya, mereka merasa terisolasi ketika mereka harus berada di rumah.

Beberapa mungkin merasa sedih atau frustrasi dengan tubuh dan ketidakmampuan mereka untuk menjadi anak “normal”. Kadang, saudaranya pun cemburu pada anak yang mendapatkan banyak perhatian akibat masalah medis.

Jika Anda khawatir tentang kesehatan emosional anak, bicarakan hal ini kepada dokter.

Masa peralihan perawatan

Peralihan dari perawatan anak ke perawatan dewasa merupakan langkah penting dalam pengobatan. Bicara dengan tim perawat kesehatan remaja tentang penyusunan rencana untuk membantu peralihan perawatan anak ke perawatan dewasa. Mulai rencanakan segera setelah anak mampu dan bersedia ambil bagian dalam proses ini.

Rencana peralihan ini memiliki banyak keuntungan. Ini akan membantu anak remaja Anda:

  • Membiasakan diri berbicara dengan penyedia layanan kesehatan.
  • Belajar tentang sistem perawatan kesehatan orang dewasa.
  • Memahami pentingnya memiliki asuransi kesehatan dan belajar apa saja yang mencakup asuransi.
  • Bertanggung jawab atas perawatan medisnya sendiri.

Rencana peralihan juga dapat membantu anak berpikir tentang isu-isu penting lainnya, seperti pendidikan masa depan dan pekerjaan, kontrol kelahiran dan perencanaan kehamilan, serta membuat pilihan gizi yang sehat, aktivitas fisik, dan juga gaya hidup lainnya.

Silakan konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah.

Yang juga perlu Anda baca