9 Tips Membantu Anak Yang Menderita Penyakit Jantung Bawaan

Oleh

Membesarkan anak adalah pekerjaan terberat di dunia. Mempunyai anak dengan Congenital Heart Defect (CHD) alias kelainan jantung kongenital dapat membuat hidup lebih menantang. Sebagai orangtua, Anda ingin yang terbaik untuk anak Anda, supaya mereka berkembang menjadi individu yang mampu untuk berpartisipasi dengan masyarakat sepenuhnya, dan juga sehat dan ceria.

Berikut ini 9 tips untuk membantu anak Anda tetap sehat dan baik:

Gigi

Memiliki gigi sehat dan kuat mendorong kita untuk tersenyum. Saat kita tersenyum dan tertawa, kita merasa baik akan diri kita. Kita semua terlihat lebih baik dengan gigi sehat. Menjaga gigi dan mulut tetap sehat itu bukan sekadar masalah penampilan. Bila gigi dan gusi tidak dijaga, saluran darah dapat terinfeksi. Di masyarakat umum, orang-orang dengan CHD lebih berisiko terkena infeksi yang mempengaruhi bagian dalam jantung dan merusak katup tersebut, menyebabkan gagal jantung. Ini disebut endocarditis. Walaupun langka, ini kondisi yang sangat serius, dan bisa mengancam jiwa. Cara terbaik untuk menghidari endocarditis adalah menjaga gigi dan gusi. Mulut dan gigi juga bertugas untuk menjaga dari penyakit. Endocarditis dan infeksi lainnya juga dapat terjadi setelah luka pada kulit, seperti memiliki tato dan tindikan, jadi disarankan untuk menghindarinya.

Menggosok gigi dengan pasta gigi fluoride dua kali sehari, seperti yang disarankan dokter gigi, dan melakukannya sekali sebelum tidur, adalah yang terbaik.

Anak-anak harus diajari untuk meludahkan pasta giginya, bukan menelannya dengan air.

Makanan dan minuman manis memang populer di kalangan anak-anak, dan mungkin sulit untuk menghindarinya. Alternatifnya adalah membatasinya hanya untuk dikonsumsi di waktu makan. Bila minuman manis diminum dengan botol secara perlahan dalam waktu panjang, gigi dan mulut akan dilapisi minuman bergula dan dapat menambah kerusakan. Ini membuat bakteri pada gigi menghasilkan asam yang merusak gigi.

Kerusakan pada gigi susu dapat mempengaruhi gigi dewasa sehingga sangat penting untuk menjaga gigi anak-anak saat mereka beranjak dewasa.

Tetap bahagia dan berteman

Kebahagiaan itu hal subjektif dan personal. Banyak hal yang berbeda yang dapat membuat kita kurang bahagia, misalnya tidak mampu berjalan jarak jauh, tidak mempunyai teman, menganggur, kesakitan, merasa berbeda, dan terisolasi.

Sebaliknya, bisa hidup dengan aktif, merasa percaya diri, memiliki teman dan keluarga di sekitar, merasa positif tentang prospek kerja, dan masa depan yang baik dapat membantu membuat individu tersebut bahagia. Riset menunjukan bahwa beberapa anak dengan CHD dapat merasa kesepian, bahwa mereka berbeda dari kerabatnya dan merasa sangat terisolasi. Kondisi ini lebih buruk lagi pada anak-anak yang sering mengunjungi rumah sakit dan terpaksa sering izin dari sekolah.

Administrasi rumah sakit juga bisa membuat stress dan menakutkan untuk anak-anak dan berdampak pada bagaimana mereka berkembang. Jika hal ini terjadi, mungkin waktunya untuk Anda berbicara dengan ahli jantung atau dokter tentang dukungan psikologis bagi anak Anda.

Memiliki kondisi penyakit seumur hidup dapat membuat kita merasa terbebani, karena orang lain tidak selalu mengerti bagaimana rasanya. Ada beberapa organisasi yang bisa membantu remaja untuk memperbaiki keadaan psikologis mereka, serta berbagi pengalaman dengan orang-orang muda lain yang juga memiliki kondisi seumur hidupnya.

Tetap aktif

Olahraga tidak hanya bisa jadi menyenangkan tapi juga bisa menambah tingkat kebugaran, motor skills, membangun hubungan pertemanan, dan meningkatkan kualitas hidup. Dari olahraga teratur seperti berjalan, menari, mengajak anjing berjalan-jalan, bermain permainan olahraga, atau menerbangkan layangan dengan teman. Para ahli kesehatan mengingatkan bahwa gaya hidup yang tak banyak bergerak dapat berujung masalah kesehatan serius seperti obesitas, malfungsi jantung, masalah sendi,  serta otot dan tulang ‘lemah’. Penting untuk orang dengan CHD untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik karena  ini dapat membantu menjaga kebugaran mereka dan juga meningkatkan kualitas hidup. Buku pedoman menyarankan anak-anak untuk berolahraga selama 60 menit sehari, ini bisa dipisah menjadi 4-5 aktivitas berdurasi 10-15 menit dalam sehari. Anak-anak dengan CHD lebih berkemungkinan untuk merasa lelah dan harus didukung bila mereka ingin istirahat atau melakukannya lebih pelan.

Namun, beberapa aktivitas mungkin tak bisa dilakukan oleh anak-anak yang kecacatan jantungnya belum diobati atau saat baru saja dioperasi. Penting untuk mendiskusikan perihal batasan anak Anda dengan ahli jantung anak.

Jangan lupa untuk memberi tahu sekolah anak Anda, karena anak mungkin perlu istirahat rutin dalam melakukan aktivitas fisik, atau jika ada batasan dalam berpartisipasi dalam olahraga.

Pertumbuhan

Banyak hal yang penting dalam mengasuh anak-anak dan membantu mereka tumbuh, berkembang, dan belajar. Diet sehat dan tidur malam yang baik itu penting. Sama dengan pola makan yang buruk, kurang tidur dapat memiliki efek yang merugikan pada pertumbuhan anak-anak dan kemampuan mereka untuk belajar.

Diet dan makanan

Sudah ada banyak artikel di media yang memberi nasihat tentang bagaimana memiliki pola makan yang sehat. Anak-anak dengan CHD mungkin perlu kalori ekstra saat mereka masih bayi untuk membantu mereka berkembang, tapi setelah itu diet seimbang tetap lebih baik.

Makanan dengan kandungan garam, gula dan lemak yang tinggi, seperti makanan yang siap diproses dan makanan ringan. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, dapat merusak tubuh kita. Hal ini dapat mempengaruhi jantung dan ginjal dan dapat menyebabkan diabetes dan tekanan darah yang meningkat, yang akan meningkatkan risiko stroke dan kerusakan organ utama pada tubuh.

Anak-anak harus makan berbagai makanan sepanjang hari sehingga mereka memiliki dua atau tiga pilihan dari setiap kelompok makanan. Pastikan agar anak mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran dalam sehari. Makanan manis, makanan ringan, dan minuman manis harus dibatasi saat jam makan saja atau jika ada acara-acara khusus.

Makanan yang harus ada:

  • Sereal – roti, kentang, nasi, pasta.
  • Buah dan sayuran – termasuk jus buah, buah kering, dan buah segar.
  • Susu – keju, yogurt dan susu.
  • Daging, ikan dan protein lainnya seperti kacang-kacangan.

Tidur

Jumlah waktu tidur anak-anak bergantung pada usia mereka. Tidur itu penting bagi kesehatan dan kurang tidur membuat konsentrasi sehari-hari menjadi lebih sulit, mempengaruhi suasana hati, dan menyebabkan keinginan untuk memakan junk food.

Tidur yang buruk biasanya disebabkan penggunaan TV dan komputer di kamar tidur, terutama yang digunakan saat malam.

Memahami kondisi jantung mereka

Sebagai orangtu,a Anda harus mengajari dan membimbing anak Anda saat mereka tumbuh. Pada tahapan yang berbeda dalam hidup mereka, mereka akan mulai memahami lebih dalam tentang kondisi jantung mereka. Informasi kecil dapat diberikan kepada mereka ketika mereka masih muda, dan informasi yang lebih kompleks diperkenalkan selagi mereka bertambah dewasa.

Mempunyai buku harian sejak mereka masih kecil dapat membantu mereka menjadi fokus ketika berbicara untuk memahami kondisi mereka, belajar untuk mengambil tanggung jawab kesehatan mereka sendiri, dan beradaptasi dengan perubahan saat mereka beranjak dewasa.

Perubahan saat dewasa

Anak-anak yang sudah tumbuh dewasa akan diharapkan untuk memikul tanggung jawab untuk kebutuhan kesehatan mereka sendiri. Memahami kondisi mereka adalah salah satu langkah agar mereka  mampu melakukan ini. Perubahan lainnya adalah perawatan mereka nantinya akan berada di bawah seorang ahli jantung yang khusus untuk pasien dewasa saja.

Pindah ke layanan dewasa biasanya dimulai saat mereka berusia antara 12 dan 14 tahun. Proses ini biasanya disebut transisi.

Orangtua dan anak-anak biasanya akan menemui ahli jantung untuk orang dewasa yang spesialisasinya adalah penyakit jantung bawaan, namun juga tetap berkonsultasi pada ahli jantung anak-anak yang sudah biasa digunakan. Perawatan gabungan ini berlangsung hingga umur anak 16-18 tahun, ketika mereka sudah benar-benar beranjak dewasa.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca