Kapan Waktu Terbaik Minum Suplemen Kalsium Saat Puasa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Saat puasa, tubuh tetap memerlukan vitamin dan mineral untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satu mineral yang dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap aktif yaitu kalsium. Selain dari makanan, Anda juga bisa mengonsumsi kalsium tambahan dari suplemen. Lantas, kapan sebaiknya minum suplemen kalsium saat puasa?

Pentingnya memenuhi kebutuhan kalsium saat puasa

Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh. Tubuh membutuhkan kalsium untuk membangun dan menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Kalsium juga dapat menurunkan risiko pengeroposan tulang pada wanita pascamenopause, menurunkan risiko kanker usus besar, dan berperan penting dalam proses pembekuan darah. Selain itu, kalsium juga dapat berfungsi untuk membantu kontraksi otot dan menstabilkan denyut jantung.

Saat puasa, Anda tidak bisa makan kapanpun Anda inginkan. Sehingga kadang mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung kalsium menjadi hal yang terlupakan.

Padahal mengonsumsi kalsium di bulan puasa sama pentingnya dengan hari-hari lainnya. Mencukupi kebutuhan kalsium di bulan puasa dapat membantu Anda tetap aktif beraktivitas dan melakukan serangkaian hal baik lainnya tanpa ada keluhan yang berkaitan dengan masalah tulang.

Untuk itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan kalsium harian agar kesehatan tulang tetap terjaga. Pasalnya lebih dari 90 persen kalsium di dalam tubuh disimpan di dalam tulang dan gigi.

Jika asupan kalsium kurang dari jumlah yang seharusnya, tubuh akan mengambilnya dari tulang dan gigi. Jika Anda membiarkan tubuh terus kekurangan kalsium, lama-lama kekuatan tulang dan gigi akan terus melemah. Akibatnya, gigi dan tulang mudah keropos.

Aturan minum suplemen kalsium saat puasa

Meskipun kalsium dibutuhkan di dalam tubuh, tetapi mengonsumsinya secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan ginjal. Untuk itu Anda perlu memenuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan yang telah ditetapkan. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI, kebutuhan kalsium harian didasarkan pada usia, yaitu:

  • Usia 13 sampai 18 tahun : 1.200 mg
  • Usia 19 sampai 49 tahun : 1.000 hingga 1.100 mg
  • Usia 50 sampai 80 tahun ke atas : 1.000 mg

Jika Anda merasa asupan kalsium dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi belum mencukupi angka tersebut, Anda bisa minum suplemen tambahan. Terlebih bagi Anda yang memiliki osteoporosis dan masalah kesehatan yang membatasi kemampuan tubuh menyerap kalsium seperti radang usus. Suplemen yang mengandung kalsium akan membantu tulang untuk tetap kuat sehingga aktivitas harian di bulan puasa berjalan dengan lancar.

Salah satu suplemen kalsium yang bisa Anda konsumsi saat puasa yaitu CDR. Selain mengandung kalsium, CDR juga mengandung vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Saat puasa, CDR disarankan untuk dikonsumsi satu kali sehari setelah makan, baik setelah makan sahur atau setelah makan besar di jam buka puasa. Namun, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter sebelum meminum suplemen.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca