4 Menu Buka Puasa Sehat dan Lezat dari Berbagai Macam Sayur

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Buka puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu setelah seharian menahan lapar dan haus. Anda mungkin sudah membayangkan makanan apa yang ingin Anda makan saat berbuka. Tak hanya takjil atau makanan manis lainnya, berbuka puasa juga perlu makanan memenuhi asupan gizi, Anda juga harus membuat menu buka puasa sehat. Ada berbagai jenis sayuran yang bisa Anda jadikan menu buka puasa sehat nan lezat, kok! Yuk simak pilihan menu buka puasa sehat dengan sayuran ini.

Menu buka puasa sehat dengan pilihan sayur

1. Cah kangkung

Menu buka puasa sehat yang pertama terbuat dari sayur kangkung yang merupakan salah satu jenis sayuran favorit masyarakat Indonesia. Kangkung mengandung nutrisi penting sehingga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kangkung mengandung vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Dalam secangkir kangkung yang sudah disiangi atau sekitar 56 gram, Anda bisa memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin A harian, serta 51 persen kebutuhan vitamin C harian.

Kandungan kedua vitamin ini baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Dengan Anda mengonsumsi kangkung sebagai menu buka puasa, bisa menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga Anda bisa menjalankan puasa dengan lancar.

Selain itu, kangkung juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, serta fosfor. Tinggi kandungan berbagai mineral ini, membuat sayur kangkung baik untuk mencegah dehidrasi.

Mineral seperti kalium dan natrium berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Karena itu, kangkung bisa mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan. Terlebih lagi saat puasa, Anda mudah mengalami dehidrasi, maka kangkung bisa menjadi pilihan sayur sehat sebagai menu buka puasa di rumah.

Cah kangkung dengan irisan bawang puting dan cabai adalah kreasi sayur kangkung yang cukup mudah untuk di masak. Anda juga bisa menambahkan sumber protein sebagai pelengkap sayur kangkung seperti udang kecil, oncom, atau kacang-kacangan.

2. Brokoli jamur saus tiram

Jika bosan dengan kangkung, Anda bisa membuat menu buka puasa sehat dengan brokoli. Mungkin beberapa orang tidak menyukai brokoli, tapi dibalik bentuknya yang lucu, sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan loh.

Brokoli kaya akan berbagai nutrisi terutama vitamin dan mineral. Brokoli mengandung vitamin C dan K yang tinggi, serta beberapa vitamin lain seperti vitamin A, B1, B3, B5, B6, dan E. Sementara kandungan mineral dalam brokoli termasuk natrium, magnesium, zinc, zat besi, kalsium, dan selenium.

Perpaduan vitamin C dan zinc dalam sayur brokoli adalah pasangan yang pas dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga menjadikan brokoli sebagai menu buka puasa adalah pilihan tepat karena kesehatan sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan dapat mencegah Anda dari penyakit. Jadi puasa bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu, kandungan serat dalam brokoli membantu mencegah dan mengobati sembelit saat puasa.

Salah satu kreasi sayur brokoli yang sehat dan lezat adalah brokoli jamur saus tiram, dengan tambahan irisan paprika. Anda tak hanya mendapat nutrisi penting dari brokoli, tapi juga dari jamur serta paprika yang juga menyehatkan.

3. Capcay

Mau makan sayur yang lebih bervariasi? Jangan cemas, capcay cocok jadi menu buka puasa sehat dan lezat untuk keluarga Anda. Capcay adalah macam-macam dari variasi sayuran, yang biasanya berisi wortel, kembang kol, jagung muda, sawi hijau.

Tentu dari berbagai macam jenis sayuran itu, Anda bisa mendapatkan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Anda juga bisa menambahkan sumber protein dalam capcay seperti udang kecil, jamur, potongan baso, atau potongan ayam sesuai selera Anda.

Sayuran-sayuran tersebut mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh dan menyehatkan.

4. Sayur bayam bening dan jagung

Menurut Pedoman Gizi Seimbang dalam 100 gram sayur bayam yang sudah dimasak, terdapat 25 kalori, 5 gram karbohidrat, dan 1 gram protein. Sayur bayam mengandung berbagai macam banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Beberapa vitamin yang ada dalam bayam adalah vitamin A, C, dan K. Sementara kandungan mineral yang ada dalam bayam termasuk asam folat, zat besi, dan kalsium.

Sayur bayam bisa Anda masak dengan kuah bening dan ditambah potongan jagung.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca