Kenapa Kita Jadi Tidak Berselera Makan Saat Sedang Flu?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Makan adalah waktu yang menyenangkan, ‘kan? Apalagi ketika Anda dimanjakan oleh makanan favorit yang menggoyang lidah. Energi dalam tubuh juga jadi terisi kembali. Sayangnya saat kena flu, Anda jadi malas makan. Padahal Anda perlu makan agar cepat sembuh. Kenapa ya, kita jadi tidak nafsu makan saat flu? Lantas, adakah cara untuk mengatasinya?

Penyebab kenapa Anda tidak nafsu makan saat flu

Kenikmatan saat makan memang bisa Anda dapatkan saat tubuh sehat. Jadi, wajar jika Anda jadi tidak semangat saat makan saat sedang sakit, termasuk sakit flu. Nah, perlu Anda ketahui bahwa menurunnya nafsu makan merupakan gejala flu. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Menurunnya nafsu makan menandakan bahwa keinginan Anda untuk makan tidak sama seperti biasanya. Kondisi ini membuat Anda tidak ingin makan, berat badan menurun, atau juga tidak merasa lapar.

Berbagai gejala flu dari yang ringan sampai parah yang muncul bisa memengaruhi keinginan Anda untuk makan, seperti:

  • Hidung tersumbat
  • Demam disertai tubuh menggigil
  • Batuk dan sakit tenggorokan
  • Pencernaan bermasalah

Tenggorokan sakit dan batuk membuat Anda tidak nyaman untuk menelan makanan. Ditambah dengan gejala mual, muntah, dan diare, Anda jadi semakin malas untuk makan. Hidung tersumbat saat flu dapat mengurangi kemampuan hidung untuk membaui harumnya makanan. Tentunya, makanan jadi kurang sedap, bukan?

Semua gejala tersebut membuat tubuh Anda jadi kelelahan. Akibatnya, Anda memilih untuk tidur sepanjang hari dan tidak nafsu makan.

Tips agar tetap selera makan meski sedang flu

terserang flu

Meski makan tidak senikmat biasanya, Anda tetap perlu mengisi tubuh dengan makanan. Selain meningkatkan energi tubuh, makanan yang sehat bisa membuat Anda lebih cepat sembuh.

Jangan khawatir, ikuti beberapa tipsnya berikut ini supaya Anda tetap bisa makan dengan baik.

1. Pilih makanan yang membuat Anda cepat sembuh

Meningkatkan kembali nafsu makan yang menurun berarti mempercepat proses penyembuhan Anda dari flu. Itu artinya Anda harus makan makanan sehat bergizi.

Beberapa nutrisi makanan yang paling baik dikonsumsi saat flu yaitu protein, vitamin B6, vitamin B12, selenium, dan zink. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari kacang-kacangan, gandum, telur, ikan, sayuran hijau, dan buah jeruk.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati wedang jahe, teh jahe, atau teh lemon supaya tenggorokan dan hidung mampet cepat pulih.

2. Makan saat masih hangat

Hidung mampet dan tenggorokan yang tidak nyaman memang mengganggu Anda untuk menikmati makanan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengakalinya supaya lebih mudah dimakan. Anda bisa mengolahnya menjadi sup hangat. Makanan yang hangat membantu melegakan hidung mampet dan tenggorokan yang sakit.

Supaya lebih nikmat, tambahan rempah-rempah juga bisa meningkatkan  aroma makanan. Namun, hindari makanan pedas supaya perut Anda yang bermasalah tidak semakin bertambah buruk.

3. Minta bantuan orang lain

Sakit membuat tubuh Anda lemah sehingga Anda butuh bantuan orang lain. Jika Anda tinggal sendiri, minta ibu atau saudara Anda untuk membantu Anda menyiapkan makanan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 1, 2018 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca