Pilek Tidak Kunjung Sembuh, Mungkin 4 Kondisi Ini Jadi Penyebabnya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update November 15, 2019
Bagikan sekarang

Hidung berair dan terus bersin, pasti membuat Anda kewalahan. Anda perlu menyekanya dari tisu atau membersihkannya ke kamar mandi. Meskipun sudah minum obat pilek, tubuh Anda tidak juga pulih. Sebenarnya, apa yang menyebabkan pilek yang Anda alami tidak kunjung sembuh?

Penyebab pilek tidak kunjung sembuh

Pilek memang umum terjadi dan cukup mudah diobati. Anda bisa kembali pulih dengan minum obat pilek yang dibeli di toko, perbanyak minum air putih, dan beristirahat. Bila Anda sudah melakukan hal tersebut, pilek masih juga terjadi, Anda perlu mencurigai masalah kesehatan lain.

Untuk tahu penyebabnya dengan pasti, periksa kesehatan Anda ke dokter dengan mengunjungi dokter spesialis THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Terdapat beberapa masalah kesehatan lain yang mungkin menyebabkan Anda terus pilek, seperti:

1. Alergi

Tahukah Anda jika alergi memunculkan gejala yang sekilas mirip dengan pilek? Ya, ini bisa menjadi penyebab kenapa pilek Anda tidak juga kunjung sembuh.

Gejalanya meliputi hidung berair (atau bisa juga tersumbat), hidung terasa gatal sehingga terus bersin, serta batuk. Meskipun gejalanya hampir sama, pilek dapat disembuhkan sementara alergi tidak.

Orang dengan alergi, akan memiliki penyakit ini sepanjang hidupnya. Itu artinya, jika orang tersebut terpapar alergen (zat penyebab alergi), gejalanya akan terus muncul. Gejalanya tidak akan hilang meski sudah minum obat pilek. Satu-satunya cara meringankan gejala adalah dengan menghindari pemicunya.

Ketimbang makanan, gejala yang mengganggu saluran pernapasan tersebut lebih mengarah pada alergi musiman (rhinitis alergi). Biasanya, pemicunya adalah jamur, debu, tungau, bulu binatang, atau serbuk bunga.

2. Rhinitis non-alergi

Selain alergi musiman, ternyata beberapa orang juga bisa bereaksi dengan beberapa zat iritan yang tidak diketahui. Kondisi ini disebut dengan rhinitis non-alergi dan dapat menyebabkan pilek yang terjadi terus-menerus.

Walaupun begitu, biasanya orang dengan kondisi ini akan bereaksi ketika terpapar asap, parfum, bahan kimia rumah tangga, rokok, atau lateks. Jika tidak diobati, rhinitis non-alergi juga bisa menyebabkan komplikasi, seperti sinus atau asma.

pilek adalah

3. Semprotan hidung

Menggunakan semprotan hidung bisa melegakan pernapasan. Sayangnya, penggunaan jangka panjang bisa menjadi salah satu penyebab pilek yang Anda alami tidak kunjung sembuh.

Semprotan hidung dijual bebas untuk membantu membersihkan hidung yang tersumbat. Namun, semprotan hidung dengan kandungan oxymetazoline dapat menyebabkan ketergantungan. Pada akhirnya, akan memperburuk gejala pilek.

4. Obstruksi hidung dan infeksi sinus kronis

Kondisi ini mengacu pada penyumbatan (obstruksi) di hidung atau rongga hidung yang menghalangi jalannya pernapasan. Penyebabnya beragam, seperti adanya polip (pembesaran membran hidung), dinding hidung yang berbelok ke satu sisi, dan pembesaran turbinate (tulang panjang yang melengkung di hidung).

Infeksi sinus atau sinusitis menimbulkan gejala pilek disertai sakit berdenyut di sekitar mata, dahi, dan hidung. Meskipun gejalanya dapat diringankan dengan pengobatan flu, biasanya proses pemulihan tubuh akan berlangsung lebih lama.

Cara mengobati pilek yang tidak kunjung sembuh

Ada banyak kondisi yang menyebabkan pilek terus-menerus terjadi. Oleh karena itu, pengobatan yang diberikan juga berbeda-beda bergantung penyebabnya.

“Sulit untuk mendiagnosis penyebabnya sendiri. Jadi, Anda membutuhkan pemeriksaan dokter untuk mengetahui pengobatannya,” ujar Tony Reisman, seorang dokter spesialis THT di Cleveland Clinic.

Reisman menambahkan, “Jika gejalanya berlangsung lebih dari satu bulan dan obat yang dijual bebas tidak efektif menyembuhkannya, sudah waktunya Anda periksa ke dokter.”

Setelah melalui pemeriksaan fisik dan mengetahui penyebabnya, dokter akan memberikan pengobatan meliputi pemberian obat antibiotik dan obat antihistamin. Tidak hanya itu, pembedahan untuk mengangkat polip dan memperbaiki struktur hidung yang bermasalah juga mungkin perlu dilakukan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Bagaimana Cara Mengatasi Pusing Saat Pilek?

Pusing adalah gejala yang umum dirasakan saat Anda menderita pilek. Lalu, bagaimana cara mengatasi pusing saat pilek? Simak ulasannya di artikel berikut.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Tips Sehat Desember 27, 2019

8 Tips Mudah Mengatasi Sakit Kepala Saat Pilek

Pilek tidak hanya menyebabkan hidung tersumbat, namun juga muncul gejala lainnya seperti sakit kepala. Lalu, bagaimana mengobati sakit kepala karena pilek?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Shylma Na'imah
Hidup Sehat, Tips Sehat Agustus 10, 2019

5 Kiat Mudah Mengatasi Hidung yang Iritasi Saat Pilek dan Flu

Bukan hanya hidung tersumbat saja muncul saat pilek dan flu. Kalau tiba-tiba hidung mengalami iritasi karena pilek dan flu, bagaimana cara mengatasinya, ya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat Agustus 3, 2019

4 Penyebab Pilek yang Harus Dihindari, Tapi Sering Anda Anggap Remeh

Setiap orang pasti pernah kena pilek minimal 2-3 kali dalam setahun. Namun, tidak semua orang menyadari benar apa yang jadi penyebab pilek mereka.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari

Direkomendasikan untuk Anda

Mengapa Anak Rentan atau Mudah Terkena Sakit Pilek dan Flu?

Mengapa Anak Rentan atau Mudah Terkena Sakit Pilek dan Flu?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Roby Rizki
Tanggal tayang April 16, 2020
Apa Penyebab Hidung Tersumbat dan Bagaimana Mengatasinya?

Apa Penyebab Hidung Tersumbat dan Bagaimana Mengatasinya?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ulfa Rahayu
Tanggal tayang April 15, 2020
Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Rutin Minum Air Putih Bisa Mencegah Risiko Flu

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Winona Katyusha
Tanggal tayang April 11, 2020
Sakit Pilek Dua Minggu, Normal atau Ini Tanda Penyakit Tertentu?

Sakit Pilek Dua Minggu, Normal atau Ini Tanda Penyakit Tertentu?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Februari 4, 2020