Otot Kaku dan Nyeri? Redakan Dengan 8 Bahan Alami Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Otot bisa terasa kaku dan sakit digerakkan setelah Anda beraktivitas berat. Bisa juga karena Anda kelamaan berdiri. Untuk meredakan otot kaku dan nyeri, Anda bisa mengoleskan salep atau minum obat pereda nyeri yang dijual di apotek. Namun, tetap butuh waktu bagi otot-otot Anda yang kaku untuk lemas kembali. Nah, Anda bisa mempercepat penyembuhan otot kaku dengan berbagai bahan alami. Simak daftarnya berikut ini.

1. Kamomil

Daun dan bunga kamomil khasiatnya sudah dikenal sejak lama. Pasalnya, tanaman ini kaya akan kandungan flavonoid yang mampu melawan peradangan, termasuk pada otot. Anda bisa menyeduh daun dan bunga kamomil kering dan mencampurkannya dalam teh. Supaya efeknya lebih terasa, Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial bunga kamomil langsung di area yang terasa kaku.

2. Minyak daun mint

Sebuah penelitian dalam Indian Journal of Anaesthesia menyebutkan bahwa minyak daun mint ampuh untuk dijadikan agen pereda nyeri dan pelemas otot alami. Untuk melemaskan otot kaku, oleskan minyak esensial daun mint di area yang bermasalah. Saat ini juga sudah banyak minyak gosok dengan kandungan mentol dari daun mint yang bisa Anda manfaatkan.

3. Cabai merah

Siapa sangka cabai merah dan sambal segar kesukaan Anda bisa membantu melemaskan otot-otot yang kaku? Pasalnya, kandungan capsaicin dalam cabai merah bisa menekan produksi zat kimia tertentu dalam saraf otot Anda. Dengan begitu, saraf Anda yang bermasalah tidak akan mengirimkan sinyal rasa sakit yang terlalu parah menuju otak. Otot Anda pun jadi tak begitu nyeri dan kaku lagi.

4. Keju

Kalau Anda sering mengalami otot kaku dan nyeri, bisa jadi Anda kekurangan vitamin D. Selain berjemur di bawah sinar matahari, Anda juga bisa mendapatkan banyak vitamin D dari keju. Mengonsumsi keju ampuh untuk membantu otot jadi lebih kuat dan sehat.

5. Telur

Telur ayam mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan otot untuk memulihkan diri, misalnya vitamin B kompleks, vitamin D, magnesium, dan protein. Jadi, perbanyak konsumsi telur ayam ketika otot Anda sedang terasa kaku dan kram.

6. Bayam

Magnesium adalah salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi otot, saraf, dan tulang. Maka, orang yang kekurangan magnesium bisa mengalami nyeri otot dan badan lemas. Untuk menambah asupan magnesium dan melemaskan otot-otot Anda, pilih makanan seperti bayam dan sayuran hijau lainnya.

7. Blueberry

Buah blueberry adalah salah satu makanan super yang tak bisa Anda lewatkan kalau sedang nyeri otot. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition, buah ajaib ini bisa mempercepat penyembuhan cedera otot karena aktivitas berat. Blueberry juga mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah peradangan pada area otot yang kaku.

8. Minyak serai

Menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, aliran darah tidak lancar bisa menyebabkan otot kaku dan kram. Untuk melancarkan aliran darah di area yang kaku, terutama pada tubuh bagian bawah seperti kaki, Anda bisa mengoleskan minyak serai. Anda juga bisa menambahkan daun serai yang harum pada minuman dan makanan Anda.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca