home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Menjaga Kesehatan Otot untuk Hindari Nyeri dan Pegal

5 Cara Menjaga Kesehatan Otot untuk Hindari Nyeri dan Pegal

Manusia menggunakan otot-otot tubuhnya sejak bangun pagi hingga kembali tidur. Otot tubuh yang sehat dan kuat membuat Anda bisa bergerak bebas dan menikmati berbagai aktivitas. Agar Anda terhindari dari berbagai gangguan otot, seperti nyeri otot, kram otot, otot lemah, berikut beberapa cara menjaga kesehatan otot yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Cara menjaga kesehatan otot yang patut dicoba

Menjaga kesehatan otot tidak melulu harus dengan mengolah tubuh di gym yang memakan banyak biaya. Ada beberapa tips lain untuk menjaga kesehatan otot, seperti berikut:

1. Pertahankan berat badan ideal

Percaya atau tidak, ternyata berat badan berlebih juga tidak baik untuk kesehatan otot Anda. Hal ini disebabkan, berat badan yang berada di atas batas normal dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada otot tubuh. Oleh sebab itu, tubuh menjadi harus bekerja lebih keras.

Hal tersebut juga menyebabkan otot tubuh menjadi lebih mudah lelah dan cepat tegang. Dampaknya, Anda akan merasa tidak nyaman pada otot saat sedang beraktivitas.

Untuk menjaga kesehatan otot, Anda perlu menjaga berat badan tetap ideal. Caranya, cobalah untuk menjalani pola makan bergizi seimbang serta membatasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Selain itu, untuk menghindari salah satu penyebab dari nyeri otot ini, Anda juga perlu rutin berolahraga minimal selama 30 menit dalam sehari. Anda bisa melakukan setidaknya sebanyak lima kali dalam seminggu. Tujuannya, untuk membakar kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Saat berat badan berada pada angka normal, Anda telah berusaha agar otot tidak mudah merasa nyeri dan mencegah berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Mencukupi kebutuhan air

cara diet air putih

Kekurangan asupan air dapat berimbas pada gangguan penyerapan nutrisi oleh otot. Otot tubuh Anda akhirnya tidak dapat menyerap kalium dan magnesium yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

Kekurangan asupan air, khususnya setelah berolahraga, akan membuat tubuh Anda cepat lelah dan menimbulkan kram otot. Bahkan, dehidrasi juga bisa memicu lemah otot dan hilangnya koordinasi tubuh.

Maka itu, untuk menjaga kesehatan otot, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda adalah dengan mengonsumsi setidaknya dua liter air atau setara dengan delapan gelas air mineral.

Dengan memerhatikan asupan cairan tubuh, Anda telah berupaya untuk menjaga kesehatan otot sekaligus kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Mempraktikkan postur tubuh yang benar

posisi duduk

Salah satu penyebab nyeri otot adalah kebiasaan melakukan postur tubuh yang salah, baik saat sedang berdiri, duduk, maupun berbaring. Jika Anda ingin mengatasi rasa sakit tanpa menggunakan obat nyeri otot, cobalah untuk membiasakan diri melakukan postur tubuh yang baik.

Salah satu cara menjaga kesehatan otot yang paling sederhana bisa diawali dengan membetulkan postur duduk. Bila Anda terbiasa duduk membungkuk, maka sudah saatnya menghentikan kebiasaan buruk ini. Pasalnya, postur tubuh yang salah akan memberikan beban tambahan pada tulang dan otot sehingga keduanya perlu bekerja lebih keras.

Saat berada dalam posisi duduk, cobalah untuk duduk dengan tegak sambil merilekskan pundak. Selama mengendarai mobil, gunakan sandaran jok untuk menopang punggung Anda. Ketika berdiri, jangan membungkuk dan bertumpu pada lutut. Biasakan diri Anda untuk berdiri tegak dengan pundak yang rileks.

4. Rutin berolahraga

olahraga saat puasa

Menurut University of Michigan, jika ingin menjaga kesehatan otot, rutin berolahraga dapat menjadi salah satu pilihan untuk Anda. Semua jenis gerakan dalam olahraga memang dapat melatih otot, tapi ada jenis latihan tertentu yang bisa diterapkan dan lebih efektif untuk menjaga kesehatan otot.

Sebagai contoh, latihan aerobik seperti jogging, berenang, dan badminton cukup efektif untuk meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan jantung, serta membakar lemak.

Cara menjaga kesehatan otot lainnya adalah dengan melakukan latihan ketahanan. Selain meningkatkan kekuatan, latihan ini juga dapat menambah massa otot tubuh dan memperkuat otot jantung. Anda dapat memulainya dengan latihan angkat beban secara bertahap.

Pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan setiap sebelum dan sesudah berolahraga. Kebiasaan mengabaikan pemanasan dan pendinginan juga bisa menyebabkan cedera otot, salah satu penyebab dari nyeri dan sakit pada otot.

Lakukan setiap gerakannya dengan benar, karena tanpa pemanasan dan pendinginan yang dilakukan dengan benar, risiko Anda mengalami nyeri otot atau myalgia pun menjadi lebih besar.

5. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan otot

fungsi protein dan makanan berprotein

Makanan yang baik dan sehat untuk otot tidak harus kaya protein, tapi juga mengandung karbohidrat dan lemak dalam jumlah seimbang. Jika Anda termasuk aktif berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan ini untuk menggantikan kalori yang hilang.

Contoh makanan yang kaya akan nutrisi dan bisa Anda coba adalah telur, salmon, tuna, dada ayam, daging merah, kacang, dan polong-polongan, serta keju. Anda dapat mengonsumsi bubuk protein bila perlu, tapi sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan tubuh Anda.

Untuk menjaga kesehatan otot, perhatikan pula asupan vitamin di dalam tubuh, seperti vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium pada tubuh, sehingga baik untuk kesehatan otot dan tulang. Pasalnya, kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan nyeri otot.

Sebenarnya, Anda tak perlu terburu-buru melakukan berbagai tips di atas. Pastinya, Anda dapat menerapkan beragam cara untuk menjaga kesehatan otot di atas dengan menjadikannya bagian dari aktivitas dan rutinitas harian.

Perlahan tapi pasti, praktekkan gaya hidup sehat yang tidak hanya akan memberikan manfaat bagi kesehatan otot Anda, tapi juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthy Muscles Matter. Retrieved 10 September 2020, from https://www.niams.nih.gov/health-topics/kids/healthy-muscles

Healthy Hydration. Retrieved 10 September 2020, from https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/6675/healthy-hydration/

Maintaning a Healthy Weight. Retrieved 10 September 2020, from https://www.nia.nih.gov/health/maintaining-healthy-weight

Healthy Muscles. Retrieved 10 September 2020, from https://www.uofmhealth.org/health-library/zx3735


Artikel terkait


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 20/10/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x